BAB.1 PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sistem jaringan jalan dalam kampus Universitas Jember (UNEJ) terdiri dari
jaringan jalan kendaraan dan tempat parkir, jaringan jalan bagi pejalan kaki (pedestrian way) dan karakteristik areal
parkir. Sistem jaringan jalan kampus UNEJ memberikan kemudahan aksesibilitas
bagi jalan-jalan di eksternal kampus (Jalan Jawa, Jalan Mastrip, dan Jalan
Kalimantan) yang ditunjukkan dengan adanya akses utama dan beberapa akses
sekunder (ekonomi, UMC, SAC, FKG, dan FK). Menurut Black (1981), aksesibilitas
adalah ukuran kenyamanan atau kemudahan mengenai cara lokasi tata guna lahan
berinteraksi satu sama lain dan mudah atau susahnya lokasi tersebut dicapai
melalui sistem jaringan transportasi. Kemudahan aksesibilitas masuk dari luar
UNEJ dari satu sisi menguntungkan dan di sisi lain menimbulkan dampak negatif.
Kemudahan aksesibilitas masuk dari luar menuju kampus UNEJ mempunyai
dampak negatif terhadap lingkungan kampus antara lain: (i) keamanan dan
kenyamanan kampus berkurang, (ii) timbulnya polusi udara maupun suara akibat
keluar masukknya kendaraan orang-orang di luar civitas akademika kampus, (iii)
kapasitas jalan pada jalan-jalan eksternal kampus menurun, dan (iv) main entrance sebagai identitas kampus
UNEJ kurang terlihat. Untuk itu dalam
Master Plan UNEJ 2005-2015 disebutkan terdapat tiga alternatif dalam pola
pengembangan sirkulasi, yaitu: (i) sistem sirkulasi dengan kondisi eksisting,
(ii) sistem sirkulasi dengan tiga akses pintu masuk (satu pintu utama-Jl. Kalimantan dan dua pintu pendukung-Jl.
Jawa dan Jl. Mastrip), dan (iii) sistem
sirkulasi dengan satu akses pintu utama (Jl. Kalimantan).
Hidayah (2006) melakukan
analisis decision support system
aksesibilitas kampus UNEJ dari tiga pola sirkulasi yang disebutkan Master Plan
UNEJ. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa alternatif ke dua (tiga akses
masuk) merupakan pilihan masyarakat kampus dan data sangat mendukung pilihan
tersebut. Hal ini ditunjukkan
dari nilai inconsistensi ratio kurang
dari 0,1 (semua data dapat diterima). Pertimbangan yang paling penting dalam
penentuan aksesibilitas adalah lingkungan (46,6%), kemudian diikuti sosial (29,6%) dan yang terakhir
ekonomi (23,4%). Untuk prioritas ekonomi menunjukkan besar pilihan responden
antara waktu tempuh perjalanan terhadap tingkat kecelakaan adalah berimbang,
sedangkan untuk prioritas lingkungan (43,5%). Sementara untuk prioritas sosial
pertimbangan keamanan lebih diutamakan oleh responden (56%). Namun demikian,
pilihan ini kurang mewakili aspirasi masyarakat luar kampus mengingat
keterbatasan jumlah responden dari luar kampus yang digunakan sebagai sampel.
Bertolak dari gambaran di
atas, penelitian ini bermaksud melakukan analisis secara teknis terhadap pola
sirkulasi di kampus UNEJ yang telah digariskan dalam Master Plan UNEJ 2005-2015.
Analisis teknis yang dilakukan adalah dengan melakukan pembebanan lalu lintas
terhadap jaringan jalan di lingkungan kampus UNEJ untuk setiap pola sirkulasi
tersebut.
1.2 Rumusan Masalah
- Bagaimana
kinerja sistem sirkulasi jaringan jalan pada kondisi eksiting?
- Bagaimana
kinerja sistem sirkulasi jaringan jalan dengan tiga akses pintu masuk
(pintu utama Jl. Kalimantan
dan dua pintu pendukung Jl. Jawa dan Jl. Mastrip)?
- Bagaimana
kinerja sistem sirkulasi jaringan jalan dengan satu akses pintu utama (Jl.
Kalimantan)?
- Bagaimana
kondisi kinerja lalu lintas pada tahun 2010 dan 2015?
1.3 Tujuan Penelitian
Banyaknya akses jalan dari lingkungan kampus ke jalan eksternal kampus
akan menurunkan kapasitas jalan eksternal kampus. Selain itu, banyaknya akses jalan menuju kampus
akan menurunkan tingkat keamanan dan kenyamanan. Untuk meningkatkan
keamanan di lingkungan kampus dan memberikan informasi kepada masyarakat serta
kenyamanan bagi civitas akademika Universitas Jember dalam beraktivitas maka
pengaturan akses masuk perlu dilakukan. Adapun tujuan umum dari penelitian ini
adalah untuk mendapatkan sistem pengaturan lalu lintas yang sesuai pada
jaringan jalan di lingkungan Universitas Jember sebagai dampak pengaturan akses
jalan masuk dengan analisis pembebanan lalu lintas. Adapun tujuan khusus dari
penelitian ini adalah sebagai berikut:
- Mengetahui
kinerja sistem sirkulasi jaringan jalan pada kondisi eksiting (eks).
- Mengetahui
kinerja sistem sirkulasi jaringan jalan dengan tiga akses pintu masuk (alternatif
2 = pintu utama Jl. Kalimantan dan dua pintu pendukung Jl. Jawa dan Jl. Mastrip).
- Mengetahui
Kinerja sistem sirkulasi jaringan jalan dengan satu akses pintu utama (alternatif
3 = Jl. Kalimantan).
- Mengetahui
kinerja sistem sirkulasi jaringan jalan di lingkungan Universitas Jember
pada tahun 2010 dan 2015.
1.4 Manfaat Penelitian
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi mengenai
aksesibilitas yang paling sesuai bagi pengaturan pintu masuk menuju Universitas
Jember melalui studi simulasi yang dilakukan terhadap kondisi eksisting yang
ada maupun simulasi yang lain, memberikan manfaat bagi pengguna jalan, baik
jalan eksternal maupun jalan internal kampus Universitas Jember, baik
mahasiswa, civitas akademika, maupun masyarakat. Hal yang terpenting yang dapat
diambil dari hasil penelitian ini adalah kontribusi yang positif dari
penelitian ini yaitu untuk menentukan pola sirkulasi pengaturan lalu lintas
pada sistem jaringan jalan di lingkungan kampus Universitas Jember.
1.5 Batasan Masalah Penelitian
1. Penelitian ini hanya melihat alternatif pada
Master Plan dengan tiga alternatif:
a. Sistem sirkulasi dengan kondisi
eksisting (eks).
b. Sistem sirkulasi dengan tiga akses pintu
masuk (alt 2 = Pintu utama – Jl. Kalimantan dan dua pintu pendukung – Jl. Jawa dan Mastrip).
c. Sistem sirkulasi dengan satu akses pintu
masuk utama (alt 3 = Jl. Kalimantan).
2.
Penelitian ini hanya mempertimbangkan waktu dan jarak.
3.
Penelitian ini menggunakan data tahun 2007.
4. Penelitian ini hanya mengkaji jalan-jalan internal di lingkungan
Universitas Jember, dan 6 pintu
masuk kampus yang tercantum dalam Master Plan Universitas Jember 2005-2015. Sedangkan
untuk jalan-jalan tembusan (ilegal) yang tidak tercantum dalam Master Plan
Universitas Jember tidak dikaji .
5. Penelitian
ini hanya meninjau dari segi teknis, untuk pengaruh sosial yang ditimbulkan
dari pola sirkulasi dari masing-masing alternatif telah dikaji pada penelitian
sebelumnya.
NB : JIKA SOBAT INGIN VERSI LENGKAPNYA SILAHKAN KOMENTAR DI BAWAH.
loading...
0 Response to "FREE DOWNLOAD SKRIPSI TEKNIK SIPIL SISTEM SIRKULASI JARINGAN JALAN PADA KONDISI EKSITING "
Post a Comment