PERAN
PENDIDIKAN SEBAGAI
MODAL
UTAMA MEMBANGUN KARAKTER BANGSA
Pendahuluan
Bangsa Indonesia adalah
bangsa yang besar karena didukung oleh sejumlah fakta positif yaitu posisi
geopolitik yang sangat strategis, kekayaan alam dan keanekaragaman hayati,
kemajemukan sosial budaya, dan jumlah penduduk yang besar. Oleh karena itu, bangsa
Indonesia memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi bangsa yang maju,
adil, makmur, berdaulat, dan bermartabat. Namun demikian, untuk mewujudkan itu
semua, kita masih menghadapi berbagai masalah nasional yang kompleks, yang
tidak kunjung selesai. Misalnya aspek politik, di mana masalahnya mencakup
kerancuan sistem ketatanegaraan dan pemerintahan, kelembagaan Negara yang tidak
efektif, sistem kepartaian yang tidak mendukung, dan berkembangnya pragmatism
politik. Lalu aspek ekonomi, masalahnya meliputi paradigm ekonomi yang tidak
konsisten, struktur ekonomi dualistis, kebijakan fiskal yang belum mandiri,
sistem keuangan dan perbankan yang tidak memihak, dan kebijakan perdagangan dan
industri yang liberal. Dan aspek sosial budaya, masalah yang terjadi saat ini
adalah memudarnya rasa dan ikatan kebangsaan, disorientasi nilai keagamaan,
memudarnya kohesi dan integrasi sosial, dan melemahnya mentalitas positif (PP Muhammadiyah,
2009: 10-22).
Dari sejumlah fakta positif
atas modal besar yang dimiliki bangsa Indonesia, jumlah penduduk yang besar
menjadi modal yang paling penting karena kemajuan dan kemunduran suatu bangsa
sangat bergantung pada faktor manusianya (SDM). Masalah-masalah politik,
ekonomi, dan sosial budaya juga dapat diselesaikan dengan SDM. Namun untuk
menyelesaikan masalah-masalah tersebut dan menghadapi berbagai persaingan
peradaban yang tinggi untuk menjadi Indonesia yang lebih maju diperlukan
revitalisasi dan penguatan karakter SDM yang kuat. Salah satu aspek yang dapat
dilakukan untuk mempersiapkan karakter SDM yang kuat adalah melalui pendidikan.
Pendidikan merupakan upaya yang terencana dalam proses
pembimbingan dan pembelajaran bagi individu agar berkembang dan tumbuh menjadi
manusia yang mandiri, bertanggungjawab, kreatif, berilmu, sehat, dan berakhlak
mulia baik dilihat dari aspek jasmani maupun ruhani. Manusia yang berakhlak mulia, yang memiliki moralitas
tinggi sangat dituntut untuk dibentuk atau dibangun. Bangsa Indonesia tidak
hanya sekedar memancarkan kemilau pentingnya pendidikan, melainkan bagaimana
bangsa Indonesia mampu merealisasikan konsep pendidikan dengan cara pembinaan,
pelatihan dan pemberdayaan SDM Indonesia secara berkelanjutan dan merata. Ini
sejalan dengan Undang-undang
No. 20 tahun 2003 tentang Sisdiknas yang
mengatakan bahwa tujuan pendidikan adalah“… agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri,
dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”.
Melihat kondisi sekarang
dan akan datang, ketersediaan SDM yang berkarakter merupakan kebutuhan yang
amat vital. Ini dilakukan untuk mempersiapkan tantangan global dan daya saing
bangsa. Memang tidak mudah untuk menghasilkan SDM yang tertuang dalam UU tersebut.
Persoalannya adalah hingga saat ini SDM Indonesia masih belum mencerminkan
cita-cita pendidikan yang diharapkan. Misalnya untuk kasus-kasus aktual, masih
banyak ditemukan siswa yang menyontek di kala sedang menghadapi ujian, bersikap
malas, tawuran antar sesama siswa, melakukan pergaulan bebas, terlibat narkoba,
dan lain-lain. Di sisi lain, ditemukan guru, pendidik yang senantiasa
memberikan contoh-contoh baik ke siswanya, juga tidak kalah mentalnya. Misalnya
guru tidak jarang melakukan kecurangan-kecurangan dalam sertifikasi dan dalam
ujian nasional (UN). Kondisi ini terus terang sangat memilukan dan
mengkhawatirkan bagi bangsa Indonesia yang telah merdeka sejak tahun 1945.
Memang masalah ini tidak dapat digeneralisir, namun setidaknya ini fakta yang
tidak boleh diabaikan karena kita tidak menginginkan anak bangsa kita kelak
menjadi manusia yang tidak bermoral sebagaimana saat ini sering kita melihat
tayangan TV yang mempertontonkan berita-berita seperti pencurian, perampokan,
pemerkosaan, korupsi, dan penculikan, yang dilakukan tidak hanya oleh
orang-orang dewasa, tapi juga oleh anak-anak usia belasan.
Mencermati hal ini, saya
mencoba memberikan beberapa gagasan untuk penguatan mutu karakter SDM sehingga
mampu membentuk pribadi yang kuat dan tangguh. Pembahasan ini akan mengacu pada
peran pendidikan, terutama pendidik sebagai kunci keberhasilan implementasi
pendidikan karakter di sekolah dan lingkungan baik keluarga maupun masyarakat.
Kenapa
Pendidikan?
Pendidikan merupakan hal
terpenting untuk membentuk kepribadian. Pendidikan itu tidak selalu berasal
dari pendidikan formal seperti sekolah atau perguruan tinggi. Pendidikan
informal dan non formal pun memiliki peran yang sama untuk membentuk kepribadian,
terutama anak atau peserta didik. Dalam UU Sisdiknas No. 20 tahun 2003 kita
dapat melihat ketiga perbedaan model lembaga pendidikan tersebut. Dikatakan
bahwa Pendidikan formal adalah jalur
pendidikan yang terstruktur dan berjenjang yang terdiri atas pendidikan dasar,
pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Sementara pendidikan nonformal
adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan
secara terstruktur dan berjenjang. Satuan
pendidikan nonformal terdiri atas lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok
belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, dan majelis taklim, serta satuan
pendidikan yang sejenis. Sedangkan pendidikan informal adalah jalur pendidikan
keluarga dan lingkungan. Kegiatan
pendidikan informal dilakukan oleh keluarga dan lingkungan dalam bentuk
kegiatan belajar secara mandiri.
Memperhatikanketiga jenis pendidikan di atas, ada kecenderungan bahwa pendidikan formal,
pendidikan informal dan pendidikan non formal yang selama ini berjalan terpisah
satu dengan yang lainnya. Mereka tidak saling mendukung untuk peningkatan
pembentukan kepribadian peserta didik. Setiap lembaga pendidikan tersebut
berjalan masing-masing sehingga yang terjadi sekarang adalah pembentukan
pribadi peserta didik menjadi parsial, misalnya anak bersikap baik di rumah,
namun ketika keluar rumah atau berada di sekolah ia melakukan perkelahian
antarpelajar, memiliki ’ketertarikan’ bergaul dengan WTS atau melakukan
perampokan. Sikap-sikap seperti ini merupakan bagian dari penyimpangan
moralitas dan prilaku sosial pelajar (Suyanto dan Hisyam, 2000: 194).
Oleh karena itu, ke depan dalam rangka
membangun dan melakukan penguatan peserta didik perlu menyinergiskan ketiga
komponen lembaga pendidikan. Upaya yang dapat dilakukan salah satunya adalah
pendidik dan orangtua berkumpul bersama mencoba memahami gejala-gejala anak
pada fase negatif, yang meliputi keinginan untuk menyendiri, kurang kemauan
untuk bekerja, mengalami kejenuhan, ada rasa kegelisahan, ada pertentangan
sosial, ada kepekaan emosional, kurang percaya diri, mulai timbul minat pada lawan
jenis, adanya perasaan malu yang berlebihan, dan kesukaan berkhayal (Mappiare
dalam Suyanto dan Hisyam, 2000: 186-87). Dengan mempelajari gejala-gejala
negatif yang dimiliki anak remaja pada umumnya, orangtua dan pendidik akan
dapat menyadari dan melakukan upaya perbaikan perlakuan sikap terhadap anak
dalam proses pendidikan formal, non formal dan informal.
Ciri
Karakter SDM
SDM merupakan aset paling
penting untuk membangun bangsa yang lebih baik dan maju. Namun untuk mencapai
itu, SDM yang kita miliki harus berkarakter. SDM yang berkarakter kuat
dicirikan oleh kapasitas mental yang berbeda dengan orang lain seperti
keterpercayaan, ketulusan, kejujuran, keberanian, ketegasan, ketegaran, kekuatan
dalam memegang prinsip, dan sifat-sifat unik lainnya yang melekat dalam
dirinya.
Secara lebih rinci, saya
kutip beberapa konsep tentang manusia Indonesia yang berkarakter dan senantiasa
melekat dengan kepribadian bangsa. Ciri-ciri karakter SDM yang kuat meliputi
(1) religious, yaitu memiliki sikap hidup dan kepribadian yang taat beribadah,
jujur, terpercaya, dermawan, saling tolong menolong, dan toleran; (2) moderat,
yaitu memiliki sikap hidup yang tidak radikal dan tercermin dalam kepribadian
yang tengahan antara individu dan sosial, berorientasi materi dan ruhani serta
mampu hidup dan kerjasama dalam kemajemukan; (3) cerdas, yaitu memiliki sikap
hidup dan kepribadian yang rasional, cinta ilmu, terbuka, dan berpikiran maju;
dan (4) mandiri, yaitu memiliki sikap hidup dan kepribadian merdeka, disiplin
tinggi, hemat, menghargai waktu, ulet, wirausaha, kerja keras, dan memiliki
cinta kebangsaan yang tinggi tanpa kehilangan orientasi nilai-nilai kemanusiaan
universal dan hubungan antarperadaban bangsa-bangsa (PP Muhammadiyah, 2009: 43-44).
Pendidikan
Karakter
Berbicara pembentukan
kepribadian tidak lepas dengan bagaimana kita membentuk karakter SDM.
Pembentukan karakter SDM menjadi vital dan tidak ada pilihan lagi untuk
mewujudkan Indonesia baru, yaitu Indonesia yang dapat menghadapi tantangan regional
dan global (Muchlas dalam Sairin, 2001: 211). Tantangan regional dan global
yang dimaksud adalah bagaimana generasi muda kita tidak sekedar memiliki
kemampuan kognitif saja, tapi aspek afektif dan moralitas juga tersentuh. Untuk
itu, pendidikan karakter diperlukan untuk mencapai manusia yang memiliki
integritas nilai-nilai moral sehingga anak menjadi hormat sesama, jujur dan
peduli dengan lingkungan.
Lickona (1992) menjelaskan
beberapa alasan perlunya Pendidikan karakter, di antaranya: (1) Banyaknya generasi muda saling melukai karena lemahnya
kesadaran pada nilai-nilai moral, (2) Memberikan nilai-nilai moral pada
generasi muda merupakan salah satu fungsi peradaban yang paling utama, (3) Peran
sekolah sebagai pendidik karakter menjadi semakin penting ketika banyak
anak-anak memperoleh sedikit pengajaran moral dari orangtua, masyarakat, atau
lembaga keagamaan, (4) masih adanya nilai-nilai moral yang secara universal
masih diterima seperti perhatian, kepercayaan, rasa hormat, dan tanggungjawab,
(5) Demokrasi memiliki kebutuhan khusus untuk pendidikan moral karena demokrasi
merupakan peraturan dari, untuk dan oleh masyarakat, (6) Tidak ada sesuatu
sebagai pendidikan bebas nilai. Sekolah mengajarkan pendidikan bebas nilai.
Sekolah mengajarkan nilai-nilai setiap hari melalui desain ataupun tanpa
desain, (7) Komitmen pada pendidikan karakter penting manakala kita mau dan
terus menjadi guru yang baik, dan (7) Pendidikan karakter yang efektif membuat
sekolah lebih beradab, peduli pada masyarakat, dan mengacu pada performansi
akademik yang meningkat.
Alasan-alasan
di atas menunjukkan bahwa pendidikan karakter sangat perlu ditanamkan sedini
mungkin untuk mengantisipasi persoalan di masa depan yang semakin kompleks
seperti semakin rendahnya perhatian dan kepedulian anak terhadap lingkungan
sekitar, tidak memiliki tanggungjawab, rendahnya kepercayaan diri, dan
lain-lain. Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa yang dimaksud dengan
pendidikan karakter, Lickona dalam Elkind danSweet (2004) menggagas pandangan bahwa pendidikan karakter adalah
upaya terencana untuk membantu orang untuk memahami, peduli, dan bertindak atas
nilai-nilai etika/ moral. Pendidikan karakter ini mengajarkan kebiasaan
berpikir dan berbuat yang membantu orang hidup dan bekerja bersama-sama sebagai
keluarga, teman, tetangga, masyarakat, dan bangsa.
Pandangan ini
mengilustrasikan bahwa proses pendidikan yang ada di pendidikan formal, non
formal dan informal harus mengajarkan peserta didik atau anak untuk saling
peduli dan membantu dengan penuh keakraban tanpa diskriminasi karena didasarkan
dengan nilai-nilai moral dan persahabatan. Di sini nampak bahwa peran pendidik
dan tokoh panutan sangat membantu membentuk karakter peserta didik atau anak.
Implementasi
Pendidikan Karakter
Upaya untuk
mengimplementasikan pendidikan karakter adalah melalui Pendekatan Holistik,
yaitu mengintegrasikan perkembangan karakter ke dalam setiap aspek kehidupan
sekolah. Berikut ini ciri-ciri pendekatan holistik (Elkind dan Sweet, 2005).
1.
Segala
sesuatu di sekolah diatur berdasarkan perkembangan hubungan antara siswa, guru,
dan masyarakat
2.
Sekolah
merupakan masyarakat peserta didik yang peduli di mana ada ikatan yang jelas
yang menghubungkan siswa, guru, dan sekolah
3.
Pembelajaran
emosional dan sosial setara dengan pembelajaran akademik
4.
Kerjasama
dan kolaborasi di antara siswa menjadi hal yang lebih utama dibandingkan
persaingan
5.
Nilai-nilai
seperti keadilan, rasa hormat, dan kejujuran menjadi bagian pembelajaran
sehari-hari baik di dalam maupun di luar kelas
6.
Siswa-siswa
diberikan banyak kesempatan untuk mempraktekkan prilaku moralnya melalui
kegiatan-kegiatan seperti pembelajaran memberikan pelayanan
7.
Disiplin
dan pengelolaan kelas menjadi fokus dalam memecahkan masalah dibandingkan
hadiah dan hukuman
8.
Model
pembelajaran yang berpusat pada guru harus ditinggalkan dan beralih ke kelas
demokrasi di mana guru dan siswa berkumpul untuk membangun kesatuan, norma, dan
memecahkan masalah
Sementara
itu peran lembaga pendidikan atau sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan
karakter mencakup (1) mengumpulkan guru, orangtua dan siswa bersama-sama
mengidentifikasi dan mendefinisikan unsur-unsur karakter yang mereka ingin
tekankan, (2) memberikan pelatihan bagi guru tentang bagaimana mengintegrasikan
pendidikan karakter ke dalam kehidupan dan budaya sekolah, (3) menjalin
kerjasama dengan orangtua dan masyarakat agar siswa dapat mendengar bahwa
prilaku karakter itu penting untuk keberhasilan di sekolah dan di kehidupannya,
dan (4) memberikan kesempatan kepada kepala sekolah, guru, orangtua dan
masyarakat untuk menjadi model prilaku sosial dan moral (US Department of Education).
Mengacu
pada konsep pendekatan holistik dan dilanjutkan dengan upaya yang dilakukan
lembaga pendidikan, kita perlu meyakini bahwa proses pendidikan karakter
tersebut harus dilakukan secara berkelanjutan (continually) sehingga nilai-nilai moral yang telah tertanam dalam
pribadi anak tidak hanya sampai pada tingkatan pendidikan tertentu atau hanya
muncul di lingkungan keluarga atau masyarakat saja. Selain itu praktik-praktik
moral yang dibawa anak tidak terkesan bersifat formalitas, namun benar-benar
tertanam dalam jiwa anak.
Bagaimana Peran Pendidik dalam
Membentuk Karakter SDM?
Pendidik
itu bisa guru, orangtua atau siapa saja, yang penting ia memiliki kepentingan
untuk membentuk pribadi peserta didik atau anak. Peran pendidik pada intinya
adalah sebagai masyarakat yang belajar dan bermoral. Lickona, Schaps, dan Lewis
(2007) serta Azra (2006) menguraikan beberapa pemikiran tentang peran pendidik,
di antaranya:
1.
Pendidik
perlu terlibat dalam proses pembelajaran, diskusi, dan mengambil inisiatif
sebagai upaya membangun pendidikan karakter
- Pendidik bertanggungjawab untuk menjadi model yang memiliki nilai-nilai moral dan memanfaatkan kesempatan untuk mempengaruhi siswa-siswanya. Artinya pendidik di lingkungan sekolah hendaklah mampu menjadi “uswah hasanah” yang hidup bagi setiap peserta didik. Mereka juga harus terbuka dan siap untuk mendiskusikan dengan peserta didik tentang berbagai nilai-nilai yang baik tersebut.
3.
Pendidik
perlu memberikan pemahaman bahwa karakter siswa tumbuh melalui kerjasama dan
berpartisipasi dalam mengambil keputusan
4.
Pendidik
perlu melakukan refleksi atas masalah moral berupa pertanyaan-pertanyaan rutin
untuk memastikan bahwa siswa-siswanya mengalami perkembangan karakter.
- Pendidik perlu menjelaskan atau mengklarifikasikan kepada peserta didik secara terus menerus tentang berbagai nilai yang baik dan yang buruk.
Hal-hal lain yang pendidik dapat lakukan dalam implementasi
pendidikan karakter (Djalil dan Megawangi, 2006) adalah: (1) pendidik perlu
menerapkan metode pembelajaran yang melibatkan partisipatif aktif siswa, (2) pendidik
perlu menciptakan lingkungan belajar yang kondusif, (3) pendidik perlu memberikan
pendidikan karakter secara eksplisit, sistematis, dan berkesinambungan dengan
melibatkan aspek knowing the good, lovingthe good, and acting the good, dan (4) pendidik perlu memperhatikan keunikan
siswa masing-masing dalam menggunakan metode pembelajaran, yaitu menerapkan
kurikulum yang melibatkan 9 aspek kecerdasan manusia. Agustian (2007)
menambahkan bahwa pendidik perlu melatih dan membentuk karakter anak melalui
pengulangan-pengulangan sehingga terjadi internalisasi karakter, misalnya
mengajak siswanya melakukan shalat secara konsisten.
Berdasarkan penjelasan di atas, saya mencoba mengkategorikan
peran pendidik di setiap jenis lembaga pendidikan dalam membentuk karakter
siswa. Dalam pendidikan formal dan non formal, pendidik (1) harus terlibat
dalam proses pembelajaran, yaitu melakukan interaksi dengan siswa dalam
mendiskusikan materi pembelajaran, (2) harus menjadi contoh tauladan kepada
siswanya dalam berprilaku dan bercakap, (3) harus mampu mendorong siswa aktif
dalam pembelajaran melalui penggunaan metode pembelajaran yang variatif, (4) harus
mampu mendorong dan membuat perubahan sehingga kepribadian, kemampuan dan
keinginan guru dapat menciptakan hubungan yang saling menghormati dan
bersahabat dengan siswanya, (5) harus mampu membantu dan mengembangkan emosi
dan kepekaan sosial siswa agar siswa menjadi lebih bertakwa, menghargai ciptaan
lain, mengembangkan keindahan dan belajar soft
skills yang berguna bagi kehidupan siswa selanjutnya, dan (6) harus
menunjukkan rasa kecintaan kepada siswa sehingga guru dalam membimbing siswa
yang sulit tidak mudah putus asa.
Sementara dalam pendidikan informal seperti keluarga dan
lingkungan, pendidik atau orangtua/tokoh masyarakat (1) harus menunjukkan
nilai-nilai moralitas bagi anak-anaknya, (2) harus memiliki kedekatan emosional
kepada anak dengan menunjukkan rasa kasih sayang, (3) harus memberikan
lingkungan atau suasana yang kondusif bagi pengembangan karakter anak, dan (4)
perlu mengajak anak-anaknya untuk senantiasa mendekatkan diri kepada Allah,
misalnya dengan beribadah secara rutin.
Berangkat dengan upaya-upaya yang pendidik lakukan
sebagaimana disebut di atas, diharapkan akan tumbuh dan berkembang karakter
kepribadian yang memiliki kemampuan unggul di antaranya: (1) karakter mandiri
dan unggul, (2) komitmen pada kemandirian dan kebebasan, (3) konflik bukan
potensi laten, melainkan situasi monumental dan lokal, (4) signifikansi
Bhinneka Tunggal Ika, dan (5) mencegah agar stratifikasi sosial identik dengan
perbedaan etnik dan agama (Jalal dan Supriadi, 2001: 49-50).
Penutup
Sebagai penutup, saya simpulkan bahwa pembentukan karakter
SDM yang kuat sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan global yang lebih
berat. Karakter SDM dalam dibentuk melalui proses pendidikan formal, non
formal, dan informal yang ketiganya harus bersinergis. Untuk menyinergiskan,
peran pendidik dalam pendidikan karakter menjadi sangat vital sehingga anak
didik atau SDM Indonesia menjadi manusia yang religius, moderat, cerdas, dan
mandiri sesuai dengan cita-cita dan tujuan pendidikan nasional serta watak bangsa
Indonesia.
Daftar Pustaka
Agustian,
Ary Ginanjar. Membangun Sumber Daya
Manusia dengan Kesinergisan antara Kecerdasan Spiritual, Emosional, dan
Intelektual. Pidato Ilmiah Penganugerahan Gelar Kehormatan Doctor Honoris
Causa di Bidang Pendidikan Karakter, UNY 2007.
Azra,
Azyumardi. Agama, Budaya, dan Pendidikan
Karakter Bangsa. 2006
Djalil,
Sofyan A. dan Megawangi, Ratna. Peningkatan
Mutu Pendidikan di Aceh melalui Implementasi Model Pendidikan Holistik Berbasis
Karakter. Makalah Orasi Ilmiah pada Rapat Senat Terbuka dalam Rangka Dies
Natalis ke 45 Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, 2 September 2006.
Elkind,
David H. dan Sweet, Freddy. How to Do Character Education. Artikel yang diterbitkan pada bulan
September/Oktober 2004.
Jalal, Fasli dan Supriadi, Dedi. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta:
Adicita Karya Nusa, 2001.
Lickona, Thomas, Educating
for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New
York: Bantam Books, 1992.
Lickona,
Tom; Schaps, Eric, dan Lewis, Catherine. Eleven
Principles of Effective Character Education. Character Education
Partnership, 2007.
Pimpinan
Pusat Muhammadiyah. Revitalisasi Visi dan
Karakter Bangsa. Yogyakarta: PP Muhammadiyah, 2009.
Suyanto dan Hisyam, Djihad. Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium
III: Refleksi dan Reformasi. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2000.
Suyatno; Sumedi, Pudjo, dan Riadi,
Sugeng (Editor). Pengembangan
Profesionalisme Guru: 70 Tahun Abdul Malik Fadjar. Jakarta: UHAMKA Press,
2009.
U.
S. Department of Education. Office of
Safe and Drug-Free Schools. 400 Maryland Avenue, S.W. Washington, DC.
loading...
0 Response to "CONTOH MAKALAH INDONESIA PERAN PENDIDIKAN SEBAGAI MODAL UTAMA MEMBANGUN KARAKTER BANGSA"
Post a Comment