RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
X / 1
Pertemuan Ke :
51 - 57
Alokasi :
14 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks
Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan macam-macam
matriks
A.
Indikator
1.
Dua Matriks atau lebih ditentukan
penjumlahan dan pengurangannya
2.
Dua Matriks atau lebih ditentukan
hasil kalinya
B.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat mengoperasikan penjumlahan dan pengurangan matriks
2.
Siswa dapat mengoperasikan hasil kali skalar dengan matriks
3.
Siswa dapat mengoperasikan hasil kali matriks dengan matriks
C.
Materi
Pelajaran
1.
Penjumlahan dan Pengurangan matriks
2.
Perkalian skalar dengan matriks dan perkalian matriks dengan matriks
3.
Kesamaan dua matriks yang mengandung operasi matriks
D.
Metode
Pengajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Penugasan
4.
Penemuan
E.
Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan
awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang
operasi matriks
2.
Kegiatan
Inti : Menerangkan penjumlahan, pengurangan,
perkalian dan kesamaan dua mtriks
3.
Kagitan
Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan
dan memberikan PR
F.
Sumber
Belajar
1.
Modul tentang Matriks
2.
Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
G.
Penilaian
1.
Kuis
2.
Tes
lisan
3.
Tes
tulis
4.
Pengamatan
dan penugasan
Mengetahui, Jakarta,
15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru
Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono,
S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
X / 1
Pertemuan Ke :
58 - 63
Alokasi :
12 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep matriks
Kompetensi Dasar : Menentukan determinan dan
invers matriks
A.
Indikator
1.
Matriks ditentukan determinannya
2.
Matriks ditentukan inversnya
B.
Tujuan
Pembelajaran
5.
Siswa dapat menentukan determinan matriks
6.
Siswa dapat menentukan invers matriks
7.
Siswa dapat menentukan penyelesaian sistem persamaan linier dua variabel
dengan menggunakan matriks
C.
Materi
Pelajaran
1.
Determinan dan invers matriks berordo dua
2.
Determinan dan invers matriks berordo tiga
3.
Penggunaan determinan dan invers matriks pada penyelesaian sistem persamaan
linier dua variabel
D.
Metode
Pengajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Penugasan
4.
Penemuan
E.
Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan
awal : Membahas PR dan memberikan pengantar
tentang determinan dan invers matriks
2.
Kegiatan
Inti : Menerangkan determinan, invers matriks dan
penyelesaian persamaan dengan matriks
3.
Kagitan
Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan
dan memberikan PR
F.
Sumber
Belajar
1.
Modul tentang Matriks
2.
Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
G.
Penilaian
1.
Kuis
2.
Tes
lisan
3.
Tes
tulis
4.
Pengamatan
dan penugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli
2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru
Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono,
S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
X / 2
Pertemuan Ke :
64 - 67
Alokasi :
8 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Menyelesaikan masalah program linier
Kompetensi Dasar : Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem
pertidaksamaan linier
A.
Indikator
5.
Pertidaksamaan linier ditentukan daerah penyelesaiannya
6.
Sistem pertidaksamaan linier dengan 2 variabel ditentukan
daerah penyelesaiannya
B.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan linier
2.
Siswa dapat menentukan daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan
linier dua variabel
C.
Materi
Pelajaran
1.
Grafik daerah penyelesaian pertidaksamaan linier
2.
Grafik daerah himpunan penyelesaian sistem pertidaksamaan linier dua
variabel
D.
Metode
Pengajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Penugasan
4.
Penemuan
E.
Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan
awal : Membahas PR dan memberikan pengantar
tentang pertidaksamaan linier
2.
Kegiatan
Inti : Menerangkan cara membuat grafik penyelesaian
sistem pertidaksamaan linier 2 variabel
3.
Kagitan
Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan
dan memberikan PR
F.
Sumber
Belajar
1.
Modul tentang Program Linier
2.
Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
G.
Penilaian
1.
Kuis
2.
Tes
lisan
3.
Tes
tulis
4.
Pengamatan
dan penugasan
Mengetahui, Jakarta,
15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru
Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono,
S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
X / 2
Pertemuan Ke :
68 - 70
Alokasi :
6 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Menyelesaikan masalah program linier
Kompetensi Dasar : Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem
pertidaksamaan linier
A.
Indikator
1.
Soal ceritera ( kalimat verbal ) diterjemahkan kedalam
kalimat matematika
2.
Kalimat matematika ditentukan daerah penyelesaiannya
B.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat mengubah soal cerita ( kalimat verbal ) menjadi kalimat
matematika
2.
Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian dari kalimat matematika
C.
Materi
Pelajaran
1.
Model Matematika
D.
Metode
Pengajaran
1.
Ceramah
5.
Diskusi
6.
Penugasan
7.
Penemuan
E.
Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan
awal : Membahas PR dan memberikan pengantar
tentang model matematika
2.
Kegiatan
Inti : Menerangkan cara mengubah kalimat verbal
menjadi kalimat matematika
3.
Kagitan
Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan
dan memberikan PR
F.
Sumber
Belajar
1.
Modul tentang Program Linier
2.
Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
G.
Penilaian
1. Kuis
2. Tes
lisan
3. Tes
tulis
4.
Pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta,
15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru
Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono,
S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
X / 2
Pertemuan Ke :
71 - 73
Alokasi :
6 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Menyelesaikan masalah program linier
Kompetensi Dasar : Membuat grafik himpunan penyelesaian sistem
pertidaksamaan linier
A.
Indikator
1.
Soal ceritera ( kalimat verbal ) diterjemahkan kedalam
kalimat matematika
4.
Kalimat matematika ditentukan daerah penyelesaiannya
B.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat mengubah soal cerita ( kalimat verbal ) menjadi kalimat
matematika
2.
Siswa dapat menentukan daerah penyelesaian dari kalimat matematika
C.
Materi
Pelajaran
1.
Model Matematika
D.
Metode
Pengajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Penugasan
4.
Penemuan
E.
Langkah
Pembelajaran
5.
Kegiatan
awal : Membahas PR dan memberikan pengantar
tentang model matematika
6.
Kegiatan
Inti : Menerangkan cara mengubah kalimat verbal
menjadi kalimat matematika
7.
Kagitan
Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan
dan memberikan PR
F.
Sumber
Belajar
1.
Modul tentang Program Linier
2.
Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
G.
Penilaian
1. Kuis
2. Tes
lisan
3. Tes
tulis
4.
Pengamatan dan penugasan
Mengetahui, Jakarta,
15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta Guru
Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono,
S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/ Semester : X / 2
Pertemuan Ke : 74 - 77
Alokasi : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi :Menyelesaikan masalah program linier
Kompetensi Dasar : Menentukan nilai
optimum dari sistem pertidaksamaan linier
A. Indikator
1.
Fungsi obyektif ditentukan dari soal
2. Nilai optimum
ditentukan berdasar fungsi obyektif
B. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat dapat
menetukan nilai obyektip dari soal cerita
2. Siswa dapat
menentukan nilai optimum, baik maksimum atau minimum
C. Materi Pelajaran
1. Fungsi
objektif
2. Nilai optimum
D. Metode Pengajaran
1. Ceramah
2. Diskusi
3. Penugasan
4. Penemuan
E. Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan awal : Membahas PR dan memberikan pengantar
tentang model matematika
2. Kegiatan Inti : Menerangkan cara mencari nilai maksimum dan
minimum
3. Kagitan Akhir : Membimbing siswa dalam mengerjakan latihan
dan memberikan PR
F. Sumber Belajar
1. Modul Matematik SMK
2. Referensi lain yang
relevan
G. Penilaian
1. Kuis
2. tes lisan
3. tes tulis
4. pengamatan danpenugasan
Mengetahui, Jakarta, 15 Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 3 Jakarta
Guru Bidang Studi Matematika
Drs. Dedi Dwitagama, MM Parjono,
S.Pd
NIP/NRK: 131765462 / 132471
loading...
0 Response to "CONTOH RPP MATEMATIKA KELAS 10.11,12 LENGKAP TERBARU 2013"
Post a Comment