RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP )
SMP / MTs : SMP NEGERI 3 MOJOLABAN
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : VIII / Gasal
Standar Kompetensi :
3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal sangat
sederhana untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar : 3.2. Melakukan interaksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi informasi,
mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan.
Indikator : 1. Menggunakan tindak tutur yang menyatakan
ungkapan meminta dan memberi informasi
2.
Menggunakan tindak tutur yang menyatakan ungkapan terima kasih.
3. Menggunakan tindak tutur yang menyatakan
ungkapan memintamaaf.
4. Menggunakan tindak tutur yang menyatakan
ungkapan kesantunan.
Jenis teks :
Teks transaksional dan interpersonal
Aspek / Skill :
Berbicara
Alokasi Waktu :
8 x 40 menit
I. Tujuan Pembelajaran
Pada akhir
pembelajaran siswa dapat :
1.
Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan meminta
maaf.
2.
Mengidentifikasi makna dan fungsi ungkapan yang
menyatakan kesantunan.
3.
Merespon ungkapan meminta maaf.
4.
Merespon ungkapan yang menyatakan kesantunan
5.
Menggunakan ungkapan meminta maaf.
6.
Menggunakan ungkapan yang menyatakan kesantunan.
II. Materi Pembelajaran
1. Ungkapan meminta maaf
Contoh : A: I’m sorry.
B: It’s OK.
2.
Ungkapan yang menyatakan kesantunan
Contoh : A: Please, …….
B:
All right, thanks.
3.
Kosa kata
Verbs : borrow, give, come, point, show, take, help.
Nouns : Things outside the classroom and at home.
III. Metode / Tehnik : TPR dan PPP
-
Total Physical Response (untuk pengenalan kosa kata
baru)
-
Presentation, Practice and Production (untuk
pembelajaran ungkapan transaksional dan interpersonal).
IV. Langkah – langkah Kegiatan
1. Kegiatan awal
a.
Greetings, checking for the roll
b.
Pre – test, review.
2. Kegiatan Inti
a.
Siswa menebak arti kata kerja (borrow, give, come,
point, show, take , help).
b.
Siswa menemukan makna kosa kata (nouns around the
classroom and the home) dengan cara melaksanakan perintah guru dalam bahasa Inggris dengan
bantuan real objects / gambar.
Contoh :
Point at the book! Then put the book on the chair!
c.
Siswa mendengarkan contoh dialog tentang ungkapan
meminta maaf
d.
Siswa menjawab pertanyaan guru tentang ungkapan meminta
maaf
e.
Siswa merespon pertanyaan guru tentang ungkapan
menyatakan kesantunan
f.
Siswa menirukan ungkapan kesantunan.
3.
Kegitan Akhir
a. Guru
menanyakan kesan siswa untuk memberikan feed-back berupa kesulitan apa yang
dihadapi,kesan terhadap pelajaran yang baru saja dijalani.
b. Membuat
rangkuman
c. Memberikan
post-test, penugasan di rumah berbicara dengan teman tentang ungkapan terima
kasih dan ungkapan kesantunan.
V. Sumber Belajar
1.
Contoh dialog / ungkapan-ungkapan
2.
Buku teks yang digunakan yang telah disahkan oleh pihak
yang berwenang (nama judul, pengarang, penerbit, tahun).
VI. Penilaian
1. Tehnik :
Teks lisan
2. Bentuk :
Penugasan
3. Instrumen :
Terlampir
WORKSHEET
Complete
the dialogs below!
1. Teacher :
Why were you late yesterday, Andy?
Andy :
…………... My bike was broken.
2. Dany :
Can you help me, Joe?
Joe :
………….. I have to do my work.
3. David :
Hold the books for me, please.
Bob :
…………
4. Father :
Get me the coffee, ……...
Rina :
O.K., Dad.
Father : ………………
Rina :
Your welcome.
5. Lisa :
Good morning, Mrs. Ratna. I’m hungry.
Mrs. Ratna : Good morning, Lisa.What do you want to eat?
Lisa :
………………..
Mrs. Ratna : Of course. …………..
Lisa :
………………….
a.
Thank you
b.
Sit down and wait for a minute, please.
c.
Can I have a bowl of meatball soup, please?
Find the meaning of these words!
-
borrow - give
-
help - take
-
show
4.
Pedoman Penilaian
a. Tiap nomor dengan jawaban
benar skor : 4
b. Skor maksimal : 5
x 4 = 20
c. Nilai maksimal :
10
d. Rumus Nilai : 20
: 2 = 10
loading...
0 Response to "CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS 3 SMP BERKARAKTER 2013 "
Post a Comment