PENGARUH
MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN KARTU PRA BAYAR IM3
(
Study Kasus pada Mahasiswa STAIN Surakarta )
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Manusia
mempunyai banyak kebutuhan yang harus dipenuhi, baik kebutuhan yang bersifat
biogenetik seperti rasa lapar dan haus maupun kebutuhan yang bersifat
psikogenetik, yaitu kebutuhan akan pengakuan, penghargaan dan rasa kepemilikan.
Kebutuhan adalah keadaan merasa tidak memliki kepuasan dasar dan bersifat
naluriah sedangkan keinginan adalah hasrat akan pemuas tertentu dari kebutuhan
tersebut, sehingga keinginan merupakan kebutuhan buatan yaitu kebutuhan yang
dibentuk oleh lingkungan hidupnya. Keinginan terhadap suatu produk yang
didukung dengan kemampuan serta kesediaan membelinya akan menciptakan
permintaan.
Strategi
pemasaran untuk menciptakan permintaan melalui Loyalitas konsumen dipengaruhi
oleh barang atau jasa yang dibutuhkan konsumen, harga barang atau jasa, upaya mendistribusikan barang atau jasa dari
produsen kepada konsumen dan kegiatan memperkenalkan kepada konsumen (promosi ).
Jelasnya bahwa kegiatan memasarkan suatu produk dipengaruhi oleh interaksi dari
keempat hal tersebut diatas, dalam buku teks bahasa inggris hal tersebut
dinyatakan dengan istilah marketing mix, marketing mix merupakan
campuran (mix) yakni interaksi dari empat hal tersebut, yaitu produk (product),
harga (price), promosi (promotion)
dan distribusi (place). Masing-masing
variabel tersebut berinteraksi satu sama lain guna menciptakan suatu permintaan
terhadap barang atau jasa yang ditawarkan memberikan manfaat, diterima baik
oleh konsumen yang pada ujungnya pelanggan akan menjadi loyal (Sutisna, 2003: 41)
Loyalitas
adalah suatu komitmen yang mendalam untuk membeli kembali atau berlangganan
suatu produk atau jasa secara konsisten dimasa yang akan datang. Sehingga dapat
menyebabkan pengulangan pembelian merek yang sama walaupun ada pengaruh situasi
dan berbagai usaha pemasaran yang berpotensi untuk menyebabkan tindakan
perpindahan merek, perusahaan untuk mendapatkan loyalitas atau kesetiaan
konsumen perlu strategi pemasaran yang tepat dan komplek. Konsumen akan menjadi
loyal pada merek-merek yang berkualitas dan menawarkannya dengan harga yang
wajar selain itu para penjual juga beranggapan bahwa konsumen akan menjadi
loyal pada suatu produk jika produk tersebut mudah didapatkan saat dibutuhkan,
dan yang tidak kalah penting loyalitas terbentuk melalui promosi yang
ditawarkan perusahaan dengan mengkomunikasikan kebaikan-kebaikan produknya
(Sutisna, 2003: 40)
Kartu
prabayar IM3 merupakan salah satu produk dari PT Indosat Tbk yang bergerak
melayani pelanggan di bidang jasa telekomunikasi, produk ini sudah sangat
dikenal oleh masyarakat Indonesia, mempunyai pelanggan yang banyak dan cukup
diperhitungkan oleh para pesaingnya. kita ketahui bersama persaingan diantara
produk sejenis akhir-akhir ini sangat ketat, baik dalam produk, harga,
distribusi, promosi dan lain sebagainya, hal ini menuntut
perusahaan untuk lebih kreatif dalam menarik perhatian konsumen.
Salah
satu upaya yang dilakukan dalam menghadapi persaingan ini PT Indosat Tbk dengan
produk IM3 memberikan kualitas pelayanan yang terbaik kepada konsumen, kualitas
pelayanan tersebut terdiri dari kualitas produk, harga, distribusi dan promosi.
Hal ini dilakukan semata-mata bertujuan untuk mendapatkan kepuasan yang
diinginkan konsumen, sehingga konsumen itu menjadi loyal dalam menggunakan
produk yang dihasilkan.
Kemampuan
produk untuk memberikan kepuasan pada pemakainya akan menguatkan kedudukan atau
posisi produk dalam benak konsumen, sehingga memungkinkan konsumen menjadikan
pilihan pertama bilamana akan terjadi pembelian diwaktu yang akan datang.
kualitas produk yang ditawarkan dan dari kartu prabayar IM3 diantaranya dengan
memberikan fitur dan layanan yang tersedia di dalam kartu yaitu mulai dari sms,
i-ring, transfer pulsa, IM3-access, GPRS, MMS, slir, Confirence Call dan
lain-lain.
Harga
suatu produk dapat menunjukkan dan mempengaruhi bagaimana konsumen itu loyal,
jika suatu produk ditawarkan dengan harga yang wajar dan mampu mempengaruhi
konsumen agar melakukan pembelian secara konsisten bukan tidak mungkin konsumen
akan menjadi loyal.
Kualitas
pelayanan dalam harga yang diberikan melalui produk IM3 yaitu dengan memberikan
nominal pengisian pulsa dari lima ribu rupiah hingga jutaan rupiah, hal ini
dimaksudkan memberikan banyak pilihan kepada konsumen agar harga nominal pulsa
isi ulang IM3 terjangkau oleh semua lapisan. Kartu perdana IM3 dijual dengan
harga relatif murah menyediakan vocer sms dengan nominal limaribu, limabelas
ribu dan paket sms untuk pelayanan yang 100% sms.
Peran
distribusi juga sangat besar dalam menjadikan konsumen itu loyal, seorang
pemasar harus selalu siap menyediakan produk kepada konsumen, selalu
menyediakan produk di outlet outlet hal ini dilakukan agar konsumen tidak lari
ke merek lain.
Distribusi
dari kartu IM3 ini selalu ditingkatkan, diperluas dan menjangkau keberbagai
wilayah hingga ke pedesaan untuk menunjang kelancaran distribusi produk IM3, PT
Indosat Tbk menambahkan tower atau antena untuk memberikan kemudahan sinyal
sehingga ditribusi kartu IM3 itu dapat lebih lancar.
Promosi
juga berperan penting dalam menjadikan konsumen itu loyal, dalam melakukan
promosi produk hendaknya ditampilkan sesering mungkin di media, promosi yang
menarik berkesan dan mudah dipahami. Untuk mendapatkan perhatian dan tanggapan
dari calon konsumen kartu IM3 melakukan promosi di berbagai media, memilih
bintang film, artis penyanyi sebagai bintang iklannya, hal ini bertujuan untuk
menerik perhatian dan menaruh minat kepada calon konsumen untuk memakainya.
Penelitian
ini sengaja dilakukan dengan mengambil sampel pada mahasiswa STAIN Surakarta,
karena mahasiswa merupakan orang yang selalu tanggap dengan teknologi serta
orang yang relatif banyak membawa ponsel. Sekarang ponsel tidak hanya sebagai
alat komunikasi tetapi sekarang digunakan sebagai gaya. Untuk itu fitur yang
lengkap pada suatu kartu pasti akan mendapat respon baik dari konsumen dalam
penelitian ini adalah mahasiswa STAIN Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk
dapat menjelaskan dan mengetahui bahwa strategi marketing mix yang
dilakukan oleh PT Indosat Tbk benar-benar dapat menjadikan konsumen itu loyal
dalam memakai produk kartu IM3 serta mengetahui seberapa besar pengaruhnya
terhadap loyalitas konsumen.
Berdasarkan
paparan tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul
“Pengaruh Marketing Mix Terhadap Loyalitas Konsumen Kartu Pra Bayar IM3”(
Studi Kasus Pada Mahasiswa Stain Surakarta )
B.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah diatas maka identifikasi masalah dari penelitian ini
adalah sebagai berikut
1.
Kegiatan memasarkan suatu produk dipengaruhi oleh
interaksi empat hal yang biasa disebut marketing mix yaitu produk,
harga, distribusi dan promosi.
2.
Perusahaan menghadapi persaingan di pasar perlu
strategi pemasaran perusahaan yang tepat, upaya ini dilakukan dengan maksud
untuk mencari informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku
konsumen dalam pembelian suatu produk.
3.
Konsumen bisa dikatakan loyal pada suatu produk bila mana konsumen tersebut
mempunyai komitmen untuk membeli kembali atau berlangganan suatu produk atau
jasa sehingga dapat menyebabkan pengulangan pembelian di lain kesempatan.
Konsumen mungkin juga tidak loyal dengan produk yang ditawarkan dengan melihat
produk lain yang sejenis.
4.
Untuk mendapatkan kepuasan atau loyalitas konsumen
memang bukan perkara mudah, hal yang bisa dilakukan adalah dengan menerapkan
strategi dari marketing mix itu dengan hati-hati.
C.
Batasan Masalah
1.
Subjek penelitian disini adalah Mahasiswa STAIN
Surakarta yang menggunakan atau pernah menggunakan kartu prabayar IM3, hal ini
diketahui dengan melakukan wawancara secara langsung terhadap calon responden
sebelum melakukan penelitian
2.
Variabel yang akan diteliti hanya terbatas pada produk,
harga, distribusi dan promosi. serta loyalitas konsumen kartu prabayar IM3
D.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
uraian latar belakang masalah yang dikemukakan di atas maka pokok permasalahan
yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah :
1.
Apakah terdapat pengaruh signifikan antara produk
terhadap loyalitas konsumen kartu prabayar IM3.
2.
Apakah terdapat pengaruh signifikan antara harga
terhadap loyalitas konsumen kartu prabayar IM3.
3.
Apakah terdapat pengaruh signifikan antara distribusi
terhadap loyalitas konsumen kartu prabayar IM3
4.
Apakah terdapat pengaruh signifikan antara promosi
terhadap loyalitas konsumen kartu prabayar IM3.
E.
Tujuan Penelitian
Tujuan
penelitian ini adalah Untuk menguji pengaruh produk, harga, distribusi dan promosi
terhadap loyalitas konsumen kartu prabayar IM3
F.
Manfaat Penelitian
1.
Bagi Akademisi
Hasil penelitian ini di harapkan dapat menambah referensi
bagi penelitian berikutnya.
2.
Bagi Praktisi
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi yang
positif untuk memahami karakteristik pembeli kepada perusahaan yang diteliti
sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam rangka menentukan strategi perusahaan
terhadap pembentukan layanan konsumen yang berkualitas sehingga pada akirnya
akan terbentuk loyalitas konsumen terhadap produk IM3.
G.
Jadwal Rencana Penelitian
H.
Sistematika Penulisan Penelitian
BAB I : Pendahuluan
Bab ini berisi latar belakang
masalah, identifikasi masalah, batasan masalah, rumusan masalah, tujuan
penelitian, manfaat penelitian.
BAB II : Landasan Teori
Dalam bab ini akan diuraikan
beberapa teori yang dapat digunakan sebagai kerangka pemikiran teori atau
landasan penelitian dan hipotesis.
BAB III : Metodologi Penelitian
Bab ini menjelaskan tentang
populasi, sampel, dan sampling, data dan sumber data, metode pengumpulan data,
teknik pengukuran variabel, teknik analisis data.
BAB IV : Analisis dan Pembahasan
Bab ini membahas profil objek
penelitian, pengujian, dan hasil analisa data, pembuktian hipotesis, pembahasan
hasil dan jawaban dalam penelitian ini.
BAB V : Penutup
Bab ini berisi kesimpulan yang
dapat diambildari penelitian ini, keterbatasan penelitian dan saran-saran yang
ditujukan untuk penelitian berikutnya.
BAGI SOBAT YANG INGIN VERSI LENGKAPNYA SILAHKAN REQUEST DI KOLOM
KOMENTAR..
loading...
0 Response to "KUMPULAN SKRIPSI EKONOMI MENEJEMEN PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP LOYALITAS "
Post a Comment