https://ylx-4.com/fullpage.php?section=General&pub=234891&ga=a

KUMPULAN SKRIPSI ILMU KOMPUTER MENENTUKAN NILAI TES ESAI ONLINE MENGGUNAKAN ALGORITMA LATENT SEMANTIC ANALYSIS (LSA) DENGAN PEMBOBOTAN TERM FREQUENCY/



MENENTUKAN NILAI TES ESAI ONLINE MENGGUNAKAN
ALGORITMA LATENT SEMANTIC ANALYSIS (LSA)
DENGAN PEMBOBOTAN TERM FREQUENCY/
INVERSE DOCUMENT FREQUENCY

BAB 1
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah
Dewasa ini, untuk mengukur pemahaman seseorang terhadap suatu materi yang diberikan sebelumnya, berbagai tes untuk mengukur pemahaman tersebut telah banyak digunakan. Tes yang disajikan pun beranekaragam. Ada tes yang bersifat objektif dan subjektif. Tes yang bersifat objektif merupakan bentuk tes yang mengandung kemungkinan jawaban atau respons yang harus dipilih oleh peserta tes, contohnya tes benar salah (True-False Test), tes pilihan berganda (Multiple Choice Test) dan tes mencocokkan (Matching Test). Sedangkan tes subjektif merupakan bentuk tes yang biasanya berbentuk uraian/esai. Tes bentuk esai adalah butir soal yang mengandung pertanyaan atau tugas yang jawaban atau pengerjaan soal tersebut harus dilakukan dengan cara mengkspresikan pikiran peserta tes [11]. Salah satu contoh Tes
subjektif tersebut adalah tes esai (Essay Test). Karena sifatnya yang subjektif, untuk melakukan penilaian terhadap tes esai tergolong sulit. Disamping tidak adanya patokan yang jelas mengenai jawaban tes yang benar, penilaian tes esai juga sangat dipengaruhi oleh suasana hati dan tingkat pengetahuan si penilai. Oleh karena itu, hasil penilaian yang akan diperoleh dari dua orang penilai kemungkinan besar akan berbeda. Berlatarbelakang hal tersebut, saat ini mulai bermunculan beberapa sistem yang membantu penilai untuk menilai jawaban esai tersebut dengan berbagai metode dan algoritma. Algoritma yang umum dipakai dalam penilaian jawaban esai adalah Latent Semantic Analysis (LSA). Algoritma ini akan mengklasifikasi beberapa istilah (term) yang dikandung oleh tiap jawaban tes esai dan menghitung kemiripan dengan jawaban tes esai yang sebenarnya. Sedangkan untuk pembobotan tiap term jawaban aslinya menggunakan sistem pembobotan Term Frequency/ Inverse document Frequency (TF/IDF). Kegunaan dari pembobotan ini adalah untuk memberikan nilai bobot kepada masing-masing term dalam jawaban, sehingga diperoleh patokan yang jelas mengenai prioritas term dalam jawaban.
Mencermati hal-hal di atas, maka penulis merasa perlu membuat suatu system penilaian esai menggunakan sistem pembobotan TF/IDF dan Algoritma LSA.
1.2 Rumusan Masalah
Sesuai dengan latar belakang di atas, rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana menentukan nilai beberapa tes esai secara online menggunakan\ algoritma LSA dengan pembobotan TF/IDF serta mengimplementasikannya ke system berbasis Web.
1.3 Batasan Masalah
Ruang lingkup penelitian ini dibatasi pada:
1. Penelitian ini difokuskan pada analisis dan implementasi pembobotan TF/IDF dan algoritma LSA untuk penyelesaian penilaian tes esai, bukan pada perancangan tes esainya.
2. Program ditujukan untuk membantu user. User disini adalah mahasiswa dan dosen.
3. Esai yang dinilai oleh sistem ini merupakan esai mata kuliah berbahasa Indonesia berbasis string bukan berbasis gambar maupun notasi matematika.
4. Sistem ini dapat dijalankan secara online berbasis Local Area Network (LAN) dalam suatu ruangan atau bangunan maupun berbasis Wide Area Network (WAN) dengan cara meng-upload ke webhosting.
5. Pembuatan program akan menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan
DBMS MySQL.
1.4 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk membuat sistem yang mampu melakukan penilaian beberapa tes esai dengan pembobotan TF/IDF dan algoritma LSA.
1.5 Manfaat Penelitian
Sebagai alternatif solusi penilaian esai kepada user secara konsisten tanpa mengikutsertakan subjektivitas penilai, seperti suasana hati dan tingkat pengetahuan.
1.6 Metodologi Penelitian
Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah:
1. Studi Literatur
Tahap ini dilakukan dengan mencari, menggali dan mempelajari informasi yang berhubungan dengan skripsi ini. Informasi didapat melalui buku-buku referensi atau sumber-sumber yang berkaitan dengan skripsi ini, baik dari text book maupun internet.
2. Analisis dan Perancangan Sistem Pada tahap ini dilakukan analisis terhadap masalah, proses, cara kerja, dan solusi dalam sistem pakar. Selain itu, dilakukan perancangan terhadap data, interface, dan sistem secara keseluruhan.
3. Implementasi Program (Coding)
Pada tahap ini dilakukan pengkodean program perangkat lunak penyelesaian Tes
Esai dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP.
4. Pengujian
Selain pengujian pada sintaksis pemrograman, pengujian juga dilakukan untuk memastikan nilai yang jawaban yang diberikan mendapatkan nilai yang sesuai. Selain itu, pengujian juga dilakukan terhadap kemungkinan kecurangan terhadap Msistem, seperti menjawab esai dengan kata kunci yang ditulis berulang-ulang untuk memperoleh nilai yang tinggi. Kemudian pengujian juga dilakukan pada sistem
jaringan tes esai untuk memastikan sistemnya berjalan dengan baik dan tidak mengalami gangguan saat implementasi.
5. Pembuatan Laporan
Pembuatan laporan skripsi bertujuan untuk dijadikan sebagai dokumentasi hasil penelitian dalam bentuk skripsi.
1.7 Sistematika Penulisan
Sistematika penulisan dari skripsi ini terdiri dari beberapa bagian utama sebagai
berikut :
BAB 1 : PENDAHULUAN
Bab ini akan menjelaskan mengenai latar belakang pemilihan judul skripsi “Menentukan Nilai Tes Esai Online Menggunakan Algoritma Latent Semantic
Analysis (LSA) dengan Pembobotan Term Frequency/Inverse Document Frequency (TF/IDF)”, perumusan masalah, pembatasan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, metodologi, dan sistematika penulisan.
BAB 2 : TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini akan membahas teori-teori yang berkaitan dengan tes esai, dan algoritma LSA dan TF/IDF serta informasi tambahan yang berhubungan dengan aplikasi ini.

BAB 3 : ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab ini terdiri dari analisis kebutuhan perangkat lunak dan perancangan aplikasi tes esai online.
BAB 4 : IMPLEMENTASI PROGRAM
Bab ini membahas tentang cara kerja dari perangkat lunak dan mengulas analisis hasil pengujian terhadap aplikasi tes esai, apakah menemukan kesalahan atau tidak.
BAB 5 : KESIMPULAN DAN SARAN
Bab terakhir ini akan memuat kesimpulan isi dari keseluruhan uraian bab-bab sebelumnya dan saran-saran dari hasil yang diperoleh yang diharapkan dapat bermanfaat dalam pengembangan selanjutnya.

loading...

0 Response to "KUMPULAN SKRIPSI ILMU KOMPUTER MENENTUKAN NILAI TES ESAI ONLINE MENGGUNAKAN ALGORITMA LATENT SEMANTIC ANALYSIS (LSA) DENGAN PEMBOBOTAN TERM FREQUENCY/"

Post a Comment