RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama sekolah :SMPN 2 labuapi
Alamat sekolah :Jl. Kh . Ahmad Dahlan
Janjang sekolah :SMP
Kelas/semester :VIII/1
Mata pelajaran : :Bahasa
Inggris
Standar
kopetensi :memahami makna dalam
percakapan trasaksional dan
Interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan
Lingkungan sekitar
Kompetensi dasar : Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get thing
Done) dan interpesonal (bersosialisasi)
sederhana dengan
Mengguanakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan
Berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar yang
Melibatkan tindak tutur : mengungkapkan
simpati, memberi perintah
Dan cara menawarkan sesuatu.
Jenis teks :transaksional/interpersonal
Tema :get well soon !
Aspek skill :speaking and writing
Alokasi waktu :4 x 40 menit
I. tujuan pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat :
a.
Menjelaskan bagaimana cara mengungkapkan simpati
b.
Menjelaskan bagaimana cara memberi perintah
c.
Menjelaskan bagaimana cara menawarkan sesuatu
d.
Menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, dan
lancar dalam kehidupan sehari- hari
indikator : melafalkan ungkapan simpati, memberi perintah dalam
menawarkan sesuatu.
karakter siswa yang diharapkan :
trustworthiness
respect
diligent
2. materi
pembelajaran
Percakapan
singkat memuat ungkapan-ungkapan memberi perintah dan menawarkan sesuatu
3. metode
pembelajaran : three- phrase
technique
4.
langkah-langkah kegiatan
a. Kegiatan pendahuluan
Apresiasi :
·
Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan
terkait materi dan tema”get well soon”
Motivasi :
Menjelaskan pentingnya materi yang akan
dipelajari berikut kompetensi yang harus
Dikuasai siswa
b. Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
·
Bermain peran melakukan percakapan yang
disediakan guru
·
Bermain peran melakukan percakapan berdasarkan
situasi/gambar yang disediakan (get well soon)
·
games
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
·
Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah dan bertindak tanpa rasa takut
·
berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan
prestasi belajar
Konfirmasi
:
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru :
·
sesi Tanya jawab guna mengetahui seberapa paham
siswa memahami materi yang telah guru tersebut ajarakan
c. Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
·
memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran
5. sumber
belajar
a. buku teks yang relevan
b. script percakapan
6. penilaian
a. match the problem with the picture
suitable with the themes
b. pedoman penilaian
·
untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 1
·
jumlah skor maksimal 10 x 1 = 10
·
nilai maksimal = 10
·
nilai siswa : 10
Labuapi,…Desember
2011
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran Mahasiswa PPL
AGUS BUDIONO, S.Pd TIYAS
EDIATI
NIP.199661127 199003 1 009 NIM.10812.0535
Kepala Sekolah
Drs. ABIDIN, M.Pd
NIP. 19541231 199303 1 027
loading...
0 Response to "CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS 3 BERKARAKTER "
Post a Comment