https://ylx-4.com/fullpage.php?section=General&pub=234891&ga=a

KUMPULAN MAKALAH BAHASA INDONESIA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT

MAKALAH
MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT
Di ajukan untuk memenuhi tugas yang di ajukan oleh dosen mata pelajaran ict

BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang masalah
Media merupakan alat yang mudah untuk membantu kita dalam menyelesaikan pekerjan,karena setiap orang ingin semua pekerjaannya dapat diselesaikan dengan mudah,cepat dan sempurna.
Sebelum menjelaskan masalah ICT, alangkah baiknya kita tahu apa itu media. Media berasal dari Latin dan merupakan jamak dari kata “Medium” yang berarti “pengantar atau pelantara”.
Kit lay bourne mengatakan bahwa di dalam mencari sebuah permasalahan yang jalan keluarnya ingin dibantu dipecahkan oleh media,para pengguna media tidak harus membawa semua cerita berita,tetapi hanya cukup membawa satu berita saja. Dari ungkapan tersebut kita dapat menghubungkannya dengan cara pembelajaran yang masih menggunakan komunikasi dimana siswa yang belajarnya masih mengguaan komunikasi didalam penyampaiannya masih ada yang menyimpang dalam segi pemahamnnya. Masalahnya siswa yang belajarnya secara komunikasi terlalu banyak menerima ilmu yang verbalisme,sehingga anak terkadang pusing dalam penerimaannya karena tidak semua siswa siap menerima ilmu yang banyak,beda dengan belajar menggunakam media yang fleksible dan singkat sehingga memudahkan siswa untuk menerima dan memudahkan pemahamannya.
Media yang secara harfiahnya dapat di fungsikan sebagai sumber belajar yang didalamnya terdapat benda,ataupun segala sesuatu yang memungkinkan anak didik menerima pengetahuan yang berguna bagi pembelajaran anak didik,khususnya media pembelajaran yang menggunakan ict yang khususnya anak ingin lebih maju dan mempunyai kreatifitas yang tinggi dalam belajar yang dapat memuaskan mengembangkan potensi belajar dalam dirinya dan kehidupannya,misalnya dapat diambil dari contoh “menggunakan power point saat presentasi” . itu adalah salah satu contoh perkembangan anak didik dalam proses pemuasan belajrnya.
Arief  S. Sadiman mengatakan bahwa media adalah alat fisik yang menyajikan pesan dan benda yang dapat merangsak anak untuk belajar,karena media dapat mencari apaun yang anak-anak butuhkan di katakan seperti itu karena seorang anak yang masih haus akan ilmu dia pasti akan mencari hal-hal yang baru dan ingin segala tahu.
Menurut Soeparno ( 1987:8 ) menyebutkan ada beberapa alasan memilih media dalam proses belajar mengajar, yakni :
a. ada berbagai macam media yang mempunyai kemungkinan dapat kita pakai di dalam proses belajar mengajar,
b. ada media yang mempunyai kecocokan untuk menyampaikan informasi tertentu
c. ada perbedaan karakteristik setiap media
d. ada perbedaan pemakai media tersebut
e. ada perbedaan situasi dan kondisi tempat media dipergunakan.
                       


BAB II
PEMBAHASAN
A. Komputer sebagai media pembelajaran
Aplikasi komputer memungkinkan anak untuk belajar secara individual dan pemakai komputer dapat berinteraksi langsung dengan sumber informasi yang mana orang yang berinteraksi langsung dengan komputer dapat memperoleh pengetahuan dan informasi yang diinginkan. Berbagai bentuk interaksi tersebut telah di sediakan dengan adanya medium komputer,dan medium komputer ini sudah banyak dilakukan oleh lembaga pendidikan jarak jauh yang ada di beberapa negara di luar.
Selain sumber pembelajaran,komputer juga mempunya kelebihan,salah satu kelebihan yang adadalam komputer yaitu dapat menguntungkan anak didik dal proses belajar,memungkinkan nak didik mencari pengetahuan sesuai dengan kecepatan anak memahami pelajaran,dan anak dapat mengontrol terhadap aktivitas belajarnya.
Kelebihan komputer yang lainnya yang dapat membantu siswa belajar yaitu dapat menyanyakan kembali informasi belajar yang tertinggal yang d berikan oleh belajar dengan menggunakan kembali, komputer juga dapat membantu anak didik dalam pemahaman pengetahuan yang lambat,dan dapat memacu anak didik yang berpengetahuan cepat. Selain membantu dalam prosen belajar kom[uter juga di rancang untuk memberikan saran kepada anak didik yang ingin belajar pelajran tertentu.
Tentunya dari kelebihan pasti ada kekurangan,komputer tidak hanya dirancang untuk membantu siswa dalam belajar,tetapi dari keuntungan belajar yang di hasilkan ada kekurangan tersendiri dari komputer tersebut,salah satu kekurangan beljar menggunakan kompouter adalah tingginya pengadaan dan pengembangan program komputer,perawatan komputer yang didalamnya mencakup perangkat keras (hardware),dan perangkat lunak (software) memerlukan biaya yang relatif tinggi. Selain itu merancang dan memproduksi program komputer untuk pembelajaran itu tidak mudah,karena itu merupakan pekerjaan yang intensif yang memerlukan waktu yang banyak dan keahlian yang khusus.
B. Penggunaan jaringan komputer untuk pembelajaran
Teknologi jaringan komputer/internet memberikan keuntungan kepada kita selaku pemakai internet untuk bisa berkomunikasi langsung dengan orang lain yang sudah kita kenal,maupun yang akan kita kenal. Hal tersebut bisa kita lakukan di warnet yang sudah tersambung dengan internetnya atau pun dengan cara yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan modem.
Selain bisa berkomunikasi secara langsung dengan teman atau keluarga,dalam hal segi pemdidikan internet juga bisa dilakukan intuk proses pembelajaran,dimana seorang guru dapat memebrikan pengethuan atau ilmu nya lewat internet,dan siswa nya pun dapat berinteraksi langsung dengan gurunya lewat internet juga, jadi misalkan meskip[un guru itu ijin tidak bisa masuk bukan berarti guru tersebut tidak bisa memberikan pembelajran tetapi pe,belajarn itu dapat di ubah berinteraksi melalui internet bukan secara langsung atau juga bisa melalui email.
C. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa
Media pembelajaran ICT sangat erat kaitannya dengan kreatifitas karena dengan kreatifitasnya si anak didik,mereka merancang sendiri model tampilan yang mereka inginkan,karena kreatifitas merupakan kemampuan anak dalam mengaktualkan dirinya dalam pergaulan maupun dalam pembelajaran di sekolahnya. Adapun ciri-ciri anak yang mempunyai kreativitas tinggi menurut Asep H. Hermawan ( 1997 : 50 ) :
    1. selalu ingin mengetahui sesuatu yang benar
    2. selalu ingin mengubah sesuatu yang telah ada
    3. mencoba hal-hal yang baru








BAB III
KESIMPULAN
Perkembangan teknologi dan informasi dalam era globalisasi membawa pengaruh perubahan yang signifikan dalam membentuk watak dan kepribadian seseorang, baik pengaruh positif maupun negatif. Pengaruh yang positif tentu membawa manfaat bagi kemaslahatan umat, namun tidak semuanya membawa pengaruh positif akan tetapi akibat negatif sering kali muncul dan mempengaruhi akhaq generasi muda. Dunia pendidikan mempunyai tantangan yang sangat berat karena dituntut untuk dapat melahirkan manusia-manusia yang tidak hanya mampu menguasai tekhnologi dan informasi agar dapat bersaing di dunia internasional akan tetapi juga menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, berbudi pekerti yang luhur sebagaimana tercantum dalam Undang-undang Sistim Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003.
               
     
Daftar pustaka
Rahardjo ,Budi ,2002,Memahami Teknologi Informasi ,Jakarta ,PT.Gramedia
www.google .com
www.mutiplay .com ,”Pembelajaran Berbasis ICT “.


loading...

0 Response to "KUMPULAN MAKALAH BAHASA INDONESIA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT "

Post a Comment