SKRIPSI
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP
KEPUASAN KONSUMEN
(STUDI KASUS PT. NAV KARAOKE KELUARGA
MANYAR KERTOARJO SURABAYA)
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1.
Latar Belakang
Dewasa ini hiburan banyak dicari oleh
masyarakat baik para pekerja maupun para pelajar, dengan tujuan untuk
menghilangkan kepenatan, ketegangan, kejenuhan, dan rasa capek karena kegiatan
rutinitas yang dilakukan setiap harinya. Dalam mengatasi hal tersebut, orang
dapat mencari tempat hiburan yang menyenangkan hati seperti : taman hiburan,
tempat wisata, bioskop, tempat karaoke, dan masih banyak tempat hiburan
lainnya. Karena hiburan merupakan salah satu kebutuhan yang tidak dapat
dipisahkan dari kehidupan manusia yang disebabkan adanya pola dan gaya hidup
masyarakat yang semakin meningkat seiring dengan semakin berkembangnya
perekonomian Indonesia
Akhir-akhir ini semakin banyak berdirinya
tempat-tempat hiburan khususnya karaoke yang menawarkan berbagai macam
pelayanan dan fasilitas lengkap dengan teknologi modern untuk memanjakan
konsumen disertai dengan penawaran paket harga yang bervariatif dan kompetitif.
Dalam membeli suatu produk atau jasa, seorang konsumen mungkin mendeteksi
adanya suatu kekurangan. Konsumen tidak menginginkan produk atau jasa, yang
tidak memenuhi standar mutu. Apa yang menentukan konsumen akan puas, atau tidak
puas tehadap suatu pembelian baik itu produk maupun jasa. Kepuasan konsumen
adalah fungsi seberapa dekat harapan konsumen atas suatu produk atau jasa
dengan mutu yang dirasakan. Konsumen akan merasa tidak puas jika suatu produk
atau jasa tidak sesuai harapan, konsumen akan merasa puas jika suatu produk
atau jasa sesuai harapan, dan konsumen akan merasa sangat puas jika suatu
produk atau jasa melebihi harapan.
Derajat kepentingan kepuasan pasca
pembelian menunjukkan bahwa penjual harus mengajukan klaim produk atau jasa
yang benar-benar menggambarkan mutu produk atau jasa yang sebenarnya. Suatu
perusahaan dapat dan mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan tingkat
ketidakpuasan pasca pembelian dengan memberikan kepuasan yang lebih tinggi baik
dari produk atau jasa maupun pelayanan yang diberikan.
Untuk mendapatkan kepuasan yang
lebih tinggi pada saat konsumen melakukan pembelian terhadap produk mapun jasa,
maka hal ini biasanya terkait dengan faktor-faktor pelayanan yang mempengaruhi
kepuasan konsumen pasca pembelian produk maupun jasa tersebut. Faktor-faktor
pelayanan tersebut yaitu, yaitu seperti: area parkir, ruang tunggu, cukupnya
jumlah karyawan yang melayani konsumen dan juga keandalan karyawan dalam
menangani keluhan dan masalah konsumen apabila konsumen mengalami kesulitan.
Dalam kesempatan ini, dimanfaatkan
oleh suatu perusahaan yang bergerak dibidang jasa hiburan, yaitu PT. NAV
Karaoke keluarga yang menyediakan pelayanan kepada konsumen, seperti :
penyediaan ruangan yang bersih dan nyaman, dimana di dalamnya terdapat
penyajian lagu-lagu untuk berolah vokal, penyajian berbagai menu makanan dan
minuman, serta dapat juga digunakan sebagai tempat acara pertemuan atau rapat,
atau dapat juga digunakan untuk sekedar bersantai bersama keluarga dengan
berbagai fasilitas yang menunjang seperti peralatan komputer dan sound system
yang canggih, area parkir yang luas dan aman, toilet yang bersih, serta ruang
tunggu yang nyaman, dan di dukung kesopanan dan keramahan karyawan dalam
melayani konsumen apabia konsumen tersebut mengalami kesulitan sehingga akan
memenuhi tuntutan kepuasan konsumen.
Menurut manajemen PT. NAV Karaoke
Keluarga, kepuasan konsumen dapat dilihat dari adanya tingkat penurunan jumlah
konsumen yang datang yaitu melalui kartu komentar customer yang disediakan oleh
pihak NAV dapat dilihat pada tabel dibawah ini:
Hal ini bisa disebabkan karena
pelayanan yang kurang maksimal sehingga mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen.
Oleh karena itu manajemen PT. NAV Karaoke Keluarga perlu melakukan evaluasi
faktor-faktor pelayanan yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen, agar
manajemen PT. NAV Karaoke Keluarga dapat memperbaiki tingkat pelayanan kepada
konsumen sehingga konsumen merasakan kepuasan.
Pada
penulisan ini penelitian di khususkan pada PT. NAV Karaoke Keluarga Manyar
Kertoajo Surabaya.
Berdasarkan uraian diatas, maka
perlu diadakan kajian tentang pengaruh faktor-faktor pelayanan seperti: Bukti langsung (tangible), keandalan (reliability),
daya tanggap (responsiveness),
jaminan (assurance) serta empati (emphaty) dalam memenuhi kepuasan
konsumen. Oleh karena itu, agar tercapai tingkat kepuasan konsumen yang
diharapkan PT. NAV Karaoke Keluarga, maka perlu dilakukan penelitian tentang : ”Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap
Kepuasan Konsumen PT. NAV Karaoke Keluarga Manyar Kertoarjo Surabaya ”.
Sebagai salah satu
perusahaan pelayanan konsumen dalam bidang hiburan atau entertainment, karaoke
dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi para konsumen
pengguna jasa. Berkaitan dengan hal tersebut pihak karaoke akan melakukan suatu
upaya peningkatan kualitas pelayanan melalui penggunaan karyawan yang memiliki
dedikasi dan kompetensi yang tinggi
mengingat sumber daya manusia merupakan salah satu faktor yang sangat penting
dalam perusahaan jasa pelayanan.
Dengan demikian akan
timbul persaingan yang semakin ketat, baik dalam hal mutu pelayanan hiburan
maupun keunggulan produk yang diberikan, misalnya dengan memberikan berbagai
kemudahan dalam melakukan pemesanan ruangan serta segala fasilitas yang
diberikan untuk konsumen sehingga dapat memberikan rasa puas dan nyaman untuk
berkaraoke. Maka hal utama yang diprioritaskan oleh pihak karaoke tersebut maka
kepuasan pelanggan atau konsumen agar dapat bertahan, dapat bersaing dan
menguasai pangsa pasar. Selaku pimpinan
sebuah perusahaan harus mengetahui hal yang di anggap penting oleh para
konsumen dan berusaha untuk menghasilkan kinerja (performance) sebaik mungkin sehingga dapat memuaskan pelanggan.
1.2.
Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang
diatas, maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1.
Apakah
variabel kualitas pelayanan bukti langsung (tangible),
keandalan (reliabilty), daya tanggap (responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empaty) berpengaruh signifikan terhadap
kepuasan konsumen pada PT. NAV Karaoke Keluarga Manyar Kertoarjo Surabaya ?
1.3.
Tujuan Penelitian
Adapun
tujuan yang ingin dicapai oleh penulis sehubungan dengan masalah yang telah
dirumuskan diatas, penelitian ini bertujuan :
1.
Untuk mengetahui pengaruh secara simultan
variabel bukti langsung (tangible),
keandalan (reliability), daya tanggap
(responsiveness), jaminan (assurance) dan empati (empaty) berpengaruh terhadap kepuasan
konsumen pada PT. NAV Karaoke Keluarga Manyar Kertoarjo Surabaya.
2.
Untuk
mengetahui pengaruh secara parsial variabel bukti langsung (tangible), keandalan (reliability),
daya tanggap (responsiveness),jaminan
(assurance), dan empati (empaty) berpengaruh terhadap kepuasan konsumen pada PT. NAV Karaoke Keluarga Manyar
Kertoarjo Surabaya.
1.4. Manfaat penelitian
Dengan penelitian ini, maka
penelitian ini diharapkan akan bermanfaat untuk :
3.
Membantu
memberikan penjelasan dan informasi bagi perusahaan untuk mengetahui tingkat
pelayanan yang berhubungan bukti langsung (tangible),
keandalan (reliability), daya tanggap
(responsive), jaminan (assurance) dan empati (empaty) dalam memenuhi tuntutan
kepuasan konsumen.
4.
Sebagai
bahan pertimbangan bagi manajemen PT. NAV Karaoke Keluarga dalam meningkatkan
jumlah pengunjung dengan memperhatikan jumlah kualitas pelayanan pada konsumen.
5.
Dengan
diketahuinya faktor-faktoryang mempengaruhi kualitas pelayanan terhadap
kepuasan konsumen, dapat dipakai sebagai dasar bagi manajemen PT. NAV Karaoke
Keluarga dalam menentukan strategi dan kebijakan pada masa yang akan datang.
6.
Sebagai
bahan referensi dan informasi bagi peneliti selanjutnya.
1.5.
Sistematika
Penulisan Skripsi
Dalam sistematika
penulisan skripsi dibagi 5 bab dan masing-masing bab mempunyai kaitan satu
dengan yang lainnya, adalah sebagai berikut:
BAB I :
PENDAHULUAN
Bab ini menguraikan mengenai gambaran
umum skripsi ini, berupa latar belakang masalah, perumusan masalah, tujuan
penelitian, serta manfaat penelitian dan sistematika penulis skripsi.
BAB II : TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini menjelaskan
tentang landasan teori yang berhubungan dan relevan dengan permasalahan yang
telah diidentifikasikan diatas. Dari
bab ini pula kemudian digunakan sebagai dasar untuk menganalisa dan
menyelesaikan permasalahan yang ada.
BAB III : METODE PENELITIAN
Bab ini berisi tentang batasan penelitian, rancangan penelitian yang membahas
mengenai metode penelitian di pakai untuk menganalisa data yang ada sehingga
dapat menjawab permasalaha yang telah di tentukan,
jenis dan sumber data, metode dan teknik analisa keterbatasa penelitian.
BAB IV : ANALISA DAN PEMBAHASAN
Dalam bab ini berisikan deskritif hasil penelitian tentang gambar umum
perusahaan, analisis hasil penelitian, pengujian hipotesis dan pembahasan.
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisikan tentang kesimpulan dari analisa terhadap hasil penelitian
serta saran yang dapat diberikan sebagai suatu bahan pertimbangan perusahaan
yang bersangkutan secara tidak langsung.
DAFTAR PUSTAKA
Basu swastha dan Hani handoko, manajemen
pemasaran (analisa prilaku konsumen), edisi pertama, BPFE
Yogyakarta,2000.
Budi
Purwadi, riset pemasaran implementasi dalam bauran pemasaran, Jakarta:
grasindo, 2000.
Lupiyoadi Rambat, manajemen pemasaran jasa,
Jakarta: salemba empat,2001.
Murti Sumarni, Manjemen Pemasaran, Edisi
Revisi, (Yogyakarta: Liberty, 2002).
Philip Khotler, manajemen pemasaran,
diterjemahkan oleh Hendra Teguh dan Ronny A.Rusli, Edisi revisi jilid I,
Jakarta: prenhallindo, 1997.
Philip Khotler , marketing manajemen an asian
perspective, diterjemahkan oleh Handoyo Prasetyo dan Hanim, edisi
pertama, Yogyakarta: Andi, 2000.
Philip Khotler, manajemen pemasaran jilid I,
alih bahasa oleh Hendra Teguh, Ronny A.Rusli, dan Benyamin Molan, edisi
millennium, Jakarta: prenhallindo,2002.
Sugiyono, metode penelitian bisnis, Bandung:
Rosdakarya, 1998.
Supranto, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, (Jakarata : Rineke
Cipta, 2001), hal. 232).
Tjiptono Fandy,
manajemen jasa, Yogyakarta: Andi, 2001.
Tjiptono Fandy,
manajemen jasa, Yogyakarta: Andi, 2002.
Tjiptono Fandy,
manajemen jasa, Yogyakarta: Andi, 2004.
Tjiptono Fandy, perspektif manajemen dan
pemasaran kontemporal, Yogyakarta: Andi,2000.
Tjiptono Fandy, prinsip-prinsip total quality
service, Yogyakarta: Andi, 1997.
Tjiptono Fandy, strategi pemasaran, Yogyakarta:
Andi, 1997.
loading...
0 Response to "CONTOH SKRIPSI MANAJEMEN PEMASARAN LENGKAP 2014 "
Post a Comment