RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Hukum-hukum Gaya dan Gerak
Kelas / Semester : X / I
Pertemuan / Waktu : Ke-5 / 2 × 45
menit
A. Kompetensi Dasar
2.2
Menghitung Gerak Lurus
B. Indikator
«
Mendefinisikan pengertian gerak lurus
«
Membedakan jarak dan perpindahan
«
Membedakan kecepatan rata-rata dan kecepatan
sesaat
C. Materi Essensial
« Perpindahan
(Halaman 25)
« Kelajuan
dan Kecepatan (Halaman 26)
D. Media Belajar
« Buku
FISIKA 1 SMK Kelas X (Sutejo, S.Pd)
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1.
Pendahuluan (5 menit)
«
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang
diharapkan.
«
Menagih tugas pada pertemuan sebelumnya.
2.
Kegiatan Inti (80 menit)
« Memahami
konsep jarak dan perindahan
« Memahami
perbedaan kelajuan dan kecepatan
« Mempelajari
Contoh Soal 2.3
3.
Penutup (5 menit)
« Memberikan
motivasi untuk mengulang pelajaran di rumah
4.
Pekerjaan Rumah
«
Soal Latihan 2.2 (Halaman 33)
Soal Uji Kompetensi
1.
Koordinat titik A, B, C, D, dan E adalah (-8,0), (-2,0)
(2,0), (7,0) dan (9,0). Tentukan jarak yang ditempuh dari titik B ke titik C
melalui lintasan BABC dan lintasan langsung BC!
2.
Untuk soal No. 1. Tentukan perpindahan dari C ke A dan
dari D ke E!
3.
Tentukan panjang jalan yang ditempuh oleh sebuah titik
setelah bergerak selama 6 detik dengan kecepatan tetap 10 cm/s!
4.
Sebuah benda bergerak selama t detik yang memenuhi
persamaan 2t2 - 4t = 16. Jika panjang lintasan yang
ditempuh sejauh 5 m, tentukan berapa kecepatannya!
5.
Gerak sebuah benda dinyatakan dalam persamaan 15x2 - 45x + 150 = 0. Jika nilai x
terkecil dianggap x1 dan x dalam meter. Tentukan:
a).
Perpindahan benda tersebut!
b).
Kecepatan rata-rata dalam selang waktu t1 = 3 detik dan t2 =
5 detik!
Kunci Jawaban
1.
Penyelesaian:
«
Jarak B Ã C, melalui lintasan
BABC = lintasan BA + lintasan AB +
lintasan BC
=
[(-8) – (-2)] + [(-2) – (-8)] + [2 – (-2)]
=
6 + 6 + 4
=
14 satuan
«
Jarak B Ã C, melalui lintasan BC = [2-(-2)]
=
4 satuan
Jadi
jarak B ke C melalui lintasan BABC adalah 14 satuan dan melalui lintasan BC
adalah 4 satuan
2.
Penyelesaian:
«
Perpindahan C Ã A = A – C
= (-8)
– 2
= -10
satuan
«
Perpindahan D Ã E = E – D
= 9 –
7
= 2
satuan
Jadi
perpindahan dari C ke A adalah 10 satuan ke kiri dan perindahan D ke E adalah 2
satuan ke kanan
3.
Diketahui:
t = 6 s
v = 10 cm/s
Ditanyakan: s ...?
|
Jawab
|
Jadi panjang jalan yang ditempuh adalah 60
cm
4.
Diketahui:
t Ã
s = 5 m
Ditanyakan: v ...?
Jawab
|
Dari persamaan tersebut didapat
waktu yang mungkin adalah 4 detik
Sehingga
kecepatannya adalah:
Jadi kecepatan benda tersebut
adalah 1,25 m/s
|
5.
Diketahui:
t1 = 15 detik
t2 = 30 detik
Ditanyakan: a) Δx
b)
|
Penyelesaian:
|
a) Δx = x2
– x1
= 10 – 5
= 5 m
Jadi jarak benda tersebut adalah 5 m
|
b)
Jadi kecepatan benda tersebut
adalah 2,5 m/s
|
Bandung, Juli 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
H. E. Haetami, M.Ag Agun Gunawan, STP.
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : FISIKA
Materi Pokok : Hukum-hukum Gaya dan Gerak
Kelas / Semester : X / I
Pertemuan / Waktu : Ke-6 / 2 × 45
menit
A. Kompetensi Dasar
2.1 Menghitung
Gerak Lurus
B. Indikator
«
Menganalisis karakteristik gerak lurus beraturan
(GLB)
«
Menganalisis gerak lurus berubah beraturan
(GLBB)
«
Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan
konstan
C. Materi Essensial
« Gerak
Lurus Beraturan (Halaman 27)
« Gerak
Lurus Berubah Beraturan (Halaman 29)
D. Media Belajar
« Buku
FISIKA 1 SMK Kelas X (Sutejo, S.Pd)
E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1.
Pendahuluan (5 menit)
«
Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang
diharapkan.
«
Menagih tugas pada pertemuan sebelumnya.
2.
Kegiatan Inti (80 menit)
« Memahami
karakteristik GLB melalaui persmaan dan grafik
« Memahami
karakteristik GLBB melalui persamaan dan grafik
« Mempelajari
Contoh Soal 2.4
3.
Penutup (5 menit)
« Memberikan
motivasi untuk mengulang pelajaran di rumah
4.
Pekerjaan Rumah
«
Soal Latihan 2.2 (Halaman 33)
Soal Uji Kompetensi
1.
Tentukan panjang jalan yang ditempuh oleh sebuah titik
setelah bergerak selama 6 detik dengan kecepatan tetap 10 cm/s!
2.
Sebuah benda bergerak lurus berubah beraturan. Setelah
10 detik, panjang lintasan yang ditempuh adalah 230 m dan kecepatannya 105
dm/s. Tentukan kecepatan awal dan percepatannya!
3.
Dua titik materi A dan B bergerak dengan kecepatan
tetap sepanjang garis LM yang memiliki panjang 4,8 m. Diketahui kecepatan A 6
cm/s dan berangkat 10 detik lebih dulu dari B yang berkecepatan 8 cm/s.
a).
Tentukan dimana B menyusul A
b).
Jika B sampai di M lalu kembali dengan kecepatan tetap,
tentukan dimana B bertemu A setelah kembali dari M.
4.
Sebuah mobil mula-mula bergerak dengan kecepatan 10
m/s. Kemudian mobil itu tiba-tiba direm sampai berhenti setelah 2 detik.
Tentukan:
a).
Perlambatan mobil tersebut!
b).
Jarak yang ditempuh mobil tersebut sampai berhenti!
5.
Dara pergi dari Tasik menuju Jakarta menggunakan Kereta
Api Express yang memiliki gerak lurus berubah beraturan dipercepat pada 40
km/jam2 tanpa kecepatan awal. Pada saat yang sama Gustavo pergi dari
Bandung menuju Jakarta menggunakan Kereta Api Argo Willis yang memiliki gerak
lurus berubah beraturan dipercepat pada 20 km/jam2 dengan kecepatan
awal 50 km/jam. Jika rute Tasik – Bandung – Jakarta merupakan lintasan lurus
dan jarak dari Tasik ke Bandung adalah 100 km. Tentukan kapan dan dimana mereka
bertemu!
Kunci Jawaban
1.
Diketahui: t =
6 detik
v = 10 dm/s
Ditanyakan:
S ...?
Jawab
Jadi panjang jalan yang ditempuh adalah 10 dm
2.
Diketahui:
t = 10 s
S = 230 m
vt = 105 dm/s = 10,5 m/s
Ditanyakan:
a) kecepatan
awal (v0) ... ?
Jawab
|
b). Percepatan (a) ... ?
Jawab
|
Jadi kecepatan awal benda tersebut adalah 35,5 m/s dan percepatannya -2,5 m/s2 (mengalami perlambatan)
3.
Diketahui: LM =
4,8 m
vA = 6 cm/s
tB = tA – 10
vB
= 8 cm/s
a). Ditanyakan: Posisi B
menyusul A ... ?
Jawab
Titik materi A: Titik
Materi B:
B menyusul A pada saat SA
= SB, maka:
Jadi B menyusul A pada jarak 240 cm dari titik L
b). Ditanyakan:
Posisi B bertemu A ... ?
Jawab
|
B
mencapai M selama:
Pada waktu 60 s, A mencapai:
Dengan demikian maka tA’ = tB’
= t
Titik materi A: Titik
Materi B:
B menyusul A
pada saat SA = SB, maka:
Jadi mereka bertemu pada jarak 445,8 cm dari titik L
|
4.
Diketahui:
v0 = 10 m/s
vt = 0
t = 2 s
a)
Ditanyakan: a
... ?
Jawab
Jadi perlambatannya adalah 5 m/s2
|
b)
Ditanyakan: ... ?
Jawab
Jadi jarak yang ditempuh saat mobil tersebut berhenti
adalah 10 m
|
5.
Diketahui: aD = 40 km/jam2
v0D = 0
S0D = 0
aG = 20
km/jam2
v0G = 50 km/jam
S0G = 100 km
Ditanyakan:
S dan t ...?
Penyelesaian:
Analisis Dara:
Analisis Gustavo:
|
Syarat
bertemu: SD = SG, maka:
Waktu yang dipakai adalah t1
(nilai positif), maka:
Jadi mereka bertemu pada jarak 200 km dari Tasik setelah
mencapai 10 jam
|
Bandung, Juli 2010
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Drs.
H. E. Haetami, M.Ag Agun Gunawan, STP.
loading...
0 Response to "KUMPULAN RPP FISIKA , KIMIA LENGKAP SMK 2013 BERKARAKTER"
Post a Comment