RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
X / 1
Pertemuan Ke :
19 - 23
Alokasi :
10 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep aproksimasi kesalahan
Kompetensi Dasar : Menerapkan konsep kesalahan pengukuran
A.
Indikator
1.
Hasil membilang dan mengukur dibedakan berdasar pengertiannya
2.
Hasil pengukuran ditentukan salah mutlak dan salah relatifnya
3.
Persentase kesalahan dihitung berdasar hasil pengukurannya
4.
Toleransi pengukuran dihitung berdasarkan hasil pengukurannya
B.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat mengukur dan membilang sesuai pengertiannya
2.
Siswa dapat menentukan kesalahan mutlak dan kesalahan relatif dalam suatu
pengukuran
3.
Siswa dapat menghitung pertsentase kesalahan dalam pengukuran dan
toleransinya
C.
Materi
Pelajaran
1.
Konsep Pengukuran
2.
Kesalahan dalam pengukuran dan persentase kesalahannya
3.
Toleransi dalam pengukuran
D.
Metode
Pengajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Penugasan
4.
Penemuan
E.
Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan
awal : Membahas PR dan memberikan pengantar tentang
mengukur dan membilang
2.
Kegiatan
Inti : Menerangkan Konsep Pengukuran dan kesalahan
dalam pengukuran
3.
Kagitan
Akhir : Memberikan PR
F.
Sumber
Belajar
1.
Modul Bilangan Riil
2.
Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
G.
Penilaian
: Kuis, tes lisan, tes tulis, pengamatan dan penugasan
Mengetahui Jakarta, Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 5 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. OBOH MISBAH, MM Drs.
Dadang Nurdiansyah
NIP/NRK : 47004166/132147
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas / Semester :
X / 1
Pertemuan Ke :
24 - 27
Alokasi :
8 x 45 Menit
Standar Kompetensi : Memecahkan masalah berkaitan dengan konsep aproksimasi kesalahan
Kompetensi Dasar : Menerapkan konsep operasi hasil pengukuran
A.
Indikator
1.
Jumlah dan selisih hasil pengukuran dihitung untuk menentukan hasil
maksimum dan hasil minimumnya
2.
Hasil kali pengukuran dihitung untuk menentukan hasil maksimum dan hasil
minimumnya
B.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Siswa dapat menghitung atau menentukan jumlah maksimum dan minimum karena
kesalahan pengukuran
2.
Siswa dapat menghitung atau menentukan selisih maksimum dan minimum karena
kesalahan pengukuran
3.
Siswa dapat menghitung atau menentukan hasil kali maksimum dan minimum
karena kesalahan pengukuran
4.
Siswa dapat menerapkan konsep aproksimasi kesalahan pengukuran pada bidang
keahlian
C.
Materi
Pelajaran
1.
Jumlah maksimum dan minimum pada hasil pengukuran
2.
Selisih maksimum dan minimum pada hasil pengukuran
3.
Hasil kali maksimum dan minimum pada hasil pengukuran
D.
Metode
Pengajaran
1.
Ceramah
2.
Diskusi
3.
Penugasan
4.
Penemuan
E.
Langkah
Pembelajaran
1.
Kegiatan
awal : Membahas PR dan memberikan penjelasan kembali
tentang salah mutlak
2.
Kegiatan
Inti : Menerangkan Jumlah, selisih dan hasil kali
dari beberapa hasil pengukuran
3.
Kagitan
Akhir : Memberikan PR
F.
Sumber
Belajar
1.
Modul Aproksimasi Kesalahan
2.
Buku Matematika SMK dan Referensi lain yang relevan
G.
Penilaian
: Kuis, tes lisan, tes tulis, pengamatan dan penugasan
Mengetahui Jakarta, Juli 2007
Kepala Sekolah Negeri 5 Jakarta Guru
Bidang Studi
Drs. OBOH MISBAH, MM Drs.
Dadang Nurdiansyah
loading...
0 Response to "CONTOH RPP MATEMATIKA KELAS SMA, SMK KELAS 1 TERBARU"
Post a Comment