Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran
Mata Pelajaran :B. Inggris
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar
Kompetensi
1. Memahami makna dalam
percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks kehidupan
sehari-hari.
2. Mengungkapkan makna dalam
teks percakapan transaksional resmi secara akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan
mengakses ilmu pengetahuan populer.
Kompetensi Dasar
1. Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi)resmi dan tak resmi secara akurat, lancar,
dan berterima menggunakan
ragam bahasa lisan yang melibatkan
tindak tutur:berkenalan, bertemu dan berpisah.
2.
Mengungkapkan makna dalam
percakapan transaksional (to get things
done) dan interpersonal (bersosialisasi)
resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara akurat, lancar dan
berterima yang melibatkan tindak tutur:
berkenalan,
bertemu dan berpisah.
Indikator
1. Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: berkenalan,
bertemu dan berpisah.
2. Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan
interpersonal/transaksional: berkenalan, bertemu dan berpisah.
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat
merespon dengan benar terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
·
Siswa dapat melakukan berbagai
tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/transaksional: : berkenalan,
bertemu dan berpisah.
- Materi Pokok
Percakapan/dialog dan pernyataan
yang memuat ungkapan–ungkapan berikut
Berkenalan,
bertemu/berpisah
mis
A: Hello,Soraya
B:How do you do Sir
A: Hi lizzy. How
areyou?
B: excellent
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Siswa menganalisa ungkapan
pembuka pada teks monolog berbentuk recount sebelumnya
·
Kegiatan Inti (70’)
§
Siswa membaca penjelasan pada
buku teks bahwa greetings dapat digunakan sebagai salah satu cara
ungkapan pembuka untuk teks monolog berbentuk recount
§
Siswa membaca ungkapan-ungkapan
yang digunakan untuk berkenalan, bertemu dan berpisah.
§ Siswa melafalkan
ungkapan-ungkapan untuk berkenalan, bertemu dan berpisah.
§ Siswa
mendengarkan percakapan interpersonal/transaksional yang berisikan ungkapan
untuk berkenalan, bertemu dan berpisah.melalui tape secara klasikal.
§
Siswa melengkapi dialog
tersebut
§
Siswa mempraktekkan dialog
tersebut
§
Siswa memberikan response
terhadap situasi yang diberikan secara lisan
·
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa mendapat feedback dari
guru dan mereview ungkapan yang digunakan untuk berkenalan, bertemu dan
berpisah.
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 1 (hal 5-7)
·
Kaset/CD
·
Tape
·
Script dari Look Ahead 1
- Penilaian
·
Teknik: Performance Assessment (responding)
·
Bentuk: Pertanyaan lisan &
dialog
Mengetahui …………………,….
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIP.
Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
Mata
Pelajaran :B. Inggris
Kelas/Semester : X/1
Pertemuan ke : 3
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar Kompetensi
1. Memahami makna dalam
percakapan transaksional/ interpersonal resmi dalam konteks kehidupan sehari-hari.
2. Mengungkapkan makna dalam
teks percakapan transaksional resmi secara akurat, lancar, dan berterima dalam
konteks kehidupan sehari-hari dan
mengakses ilmu pengetahuan populer
Kompetensi Dasar
1. Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi)resmi dan tak resmi secara akurat, lancar,
dan berterima menggunakan
ragam bahasa lisan yang melibatkan
tindak tutur:mengungkapkan perasaan bahagia
2. Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi dalam ragam lisan secara
akurat, lancar dan berterima yang melibatkan tindak tutur:mengungkapkan
perasaan bahagia
Indikator
1. Merespon dengan benar terhadap tindak tutur: mengungkapkan
perasaan bahagia
2. Melakukan berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/
transaksional: mengungkapkan perasaan bahagia
- Tujuan Pembelajaran
·
Siswa
dapat merespon dengan benar terhadap tindak tutur: mengungkapkan
perasaan bahagia
·
Siswa dapat melakukan berbagai tindak tutur
dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: mengungkapkan perasaan
bahagia
- Materi Pokok
Percakapan/dialog
dan pernyataan yang memuat
ungkapan–ungkapan berikut:
Mengungkapkan perasaan bahagia
mis. Oh, I’m so happy
Great!
- Metode Pembelajaran/Teknik: Three-phase technique
- Langkah-langkah Kegiatan
- Kegiatan Awal (10’)
§
Tanya jawab dengan siswa
mengenai perasaan siswa terhadap pengalaman yang dialaminya (cth. pergi
darmawisata)
·
Kegiatan Inti (70’)
§
Siswa membaca penjelasan pada
buku teks mengenai ungkapan untuk menyatakan perasaan bahagia
dan sebaliknya
§
Siswa mendengarkan percakapan
interpersonal/transaksional yang berisikan ungkapan untuk.
menyatakan perasaan bahagia dan sebaliknya melalui tape
secara klasikal.
§ Siswa menjawab pertanyaan tentang dialog tersebut.
§ Siswa membuat dialog singkat yang
menggunakan ungkapan untuk. menyatakan perasaan bahagia berdasarkan
situasi yang diberikan
§
Beberapa siswa mempraktekkan
dialog tersebut di depan kelas
§
Siswa lain mendengarkan
§ Siswa
merespon suatu stiuasi dengan ungkapan menyatakan perasaan bahagia dan
sebaliknya.
§
Siswa membaca pengalaman
seseorang dan mendiskusikan perasaan penulis tersebut.
§ Siswa menjawab pertanyaan mengenai teks
tersebut.
·
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa mendapat feedback dari
guru dan mereview ungkapan yang digunakan untuk menyatakan perasaan bahagia
dan sebaliknya
- Sumber/Bahan/Alat
·
Buku Look Ahead 1 (hal.8-10)
·
Kaset/CD
·
Script dari Look Ahead 1
- Penilaian
·
Teknik: Performance Assesment
·
Bentuk:
Responding pada pertanyaan lisan, dialog
Mengetahui …………………,….
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
______________________ __________________
NIP. NIPloading...
0 Response to "CONTOH RPP BAHASA INGGRIS SMA KELAS 1 SEMESTER 1 LENGKAP"
Post a Comment