PERANAN STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN
PENJUALAN PRODUK JASA ASURANSI PADA PT. SUN LIFE FINANCIAL INDONESIA
BAB I
PENDAHULUAN
A. ALASAN PEMILIHAN JUDUL
Kebutuhan akan jasa
asuransi kini makin dirasakan,baik oleh perorangan maupun dunia usaha di
Indonesia. Asuransi merupakan sarana finansial dalam tata kehidupan rumah
tangga, baik dalam menghadapi resiko yang mendasar seperti resiko kematian,
atau dalam menghadapi resiko atas harta benda yang dimiliki. Demikian pula
dunia usaha dalam menjalankan kegiatannya menghadapi berbagai resiko yang
mungkin dapat mengganggu kesinambungan usahanya.
Dengan mulai
membaiknya iklim dan minat masyarakat dalam bidang asuransi mengakibatkan
tingkat persaingan di dunia asuransi menjadi semakin ketat. Strategi pemasaran
merupakan salah satu senjata bagi perusahaan untuk menghadapi persaingan pasar.
Pada dasarnya strategi pemasaran adalah mencari kecocokan antara kemampuan
internal perusahaan dengan peluang eksternal yang ada di pasar. Mencari
kecocokan ini merupakan tanggung jawab dari bagian pemasaran untuk menerapkan
strategi pemasaran yang sesuai dengan produk yang dihasilkan dan sesuai dengan
dengan segmen pasar yang ingin dituju oleh produk yang diluncurkan.
Mengenali
karakteristik pasar dan struktur pasar sangatlah menguntungkan bagi perusahaan
untuk dapat tetap bersaing dan survive
(kelangsungan hidup perusahaan). Kelemahan dan keunggulan perusahaan hendaknya
dianalisis sehingga menjadi sebuah titik tolak yang kuat buat perusahaan dalam
mengambil keputusan yang efektif dan efisien serta untuk memperkuat posisinya
dari para pesaing yang ada.
Tujuan utama dari
sebuah perusahaan ialah pencapaian profit
(laba) dan hal ini dapat juga sebagai tolak ukur dalam sukses atau tidaknya
sebuah perusahaan dalam pencapaian tujuannya. Selain itu efektifitas dan
efisiensi dalam menjalankan operasional perusahaan juga memegang peranan
penting. Efesiensi yang dimaksud adalah strategi pemasaran yang dilakukan
dengan perhitungan dan pertimbangan yang tepat sehingga tidak ada pemborosan
biaya baik itu dalam operaional maupun dalam biaya promosi maupun iklan dan
efektifitas yang dimaksud ialah pemilihan stategi pemasaran yang tepat dan
sesuai dengan pasar yang dilayani oleh perusahaan sehingga sasaran yang
ditetapkan dapat tercapai.
PT. SUN LIFE FINANCIAL INDONESIA
sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang asuransi jiwa bagi
masyarakat juga harus menghadapi persaingan yang cukup ketat dengan perusahaan
asuransi lainnya. Agar PT. SLFI dapat bertahan dan berkembang dengan baik maka
PT.SLFI harus dapat menciptakan kemampuan bersaing baik dalam hal jenis produk,
harga maupun segmen yang dituju sehingga dapat menghasilkan produk yang mampu
bersaing dan memenangkan persaingan.
Dari uraian di
atas, penulis tertarik untuk mengetahui bagaimanakah strategi pemasaran yang
dijalankan oleh PT. SUN LIFE FINANSIAL INDONESIA dalam menghadapi persaingan di
dunia asuransi. Oleh karena itu penulis memilih judul skripsi,”PERANAN
STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN PRODUK JASA ASURANSI PADA
PT. SUN LIFE FINANCIAL INDONESIA”.
B. PERUMUSAN MASALAH
Adapun permasalahan yang akan di
bahas penulis dalam skripsi ini adalah:
a. Apakah strategi pemasaran yang diterapkan oleh PT.SUN LIFE FINANCIAL INDONESIA sudah efektif sehingga mampu
bersaing di pasar.
b. Apakah target penjualan pada PT.SUN
LIFE FINANCIAL INDONESIA dapat terealisasi? (data selama dua tahun yaitu
2002-2003).
C. HIPOTESIS
Hipotesis adalah jawaban sementara
terhadap suatu masalah yang harus diuji kebenarannya.
Hipotesis yang dikemukan oleh penulis ialah strategi pemasaran yang
dimiliki oleh PT.SUN LIFE FINANCIAL
INDONESIA masih belum efektif dan masih lemah. Hal ini akan dibuktikan
melalui uraian deskriptif dari: pasar, bauran pemasaran dan persaingan yang ada.
D. TUJUAN DAN MANFAAT PENELITIAN
Tujuan penelitian pada PT. SUN LIFE FINANCIAL INDONESIA ialah
- Mencari perbandingan antara teori dan praktek khususnya tentang peranan strategi pemasaran dalam usaha meningkatkan penjualan produk jasa asuransi di PT. SUN LIFE FINANCIAL INDONESIA.
- Untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang ada pada perusahaan khususnya pada strategi pemasaran yang diterapkan pada PT. SUN LIFE FINANCIAL INDONESIA.
Sedangkan manfaat penelitian ini ialah:
1.
Sebagai bahan masukan bagi
perusahaan dalam melaksanakan kegiatannya yang berhubungan dengan strategi
pemasaran.
2.
sebagai bahan untuk menambah
pengetahuan di bidang asuransi khususnya tentang peranan strategi pemasaran.
E. METODOLOGI PENELITIAN
1.
Data yang Diperlukan
Dalam penulisan skripsi ini penulis mengadakan
penelitian guna mendapatkan data dan informasi yang akan digunakan sebagai
bahan analisis, dalam hal ini yang diperlukan adalah sebagai berikut:
a.
Data Primer
Yakni merupakan data yang diperoleh dengan cara
mendatangi langsung obyek penelitian, dimana data yang diperoleh hasilnya
actual dan dapat dipertanggungjawabkan.
b. Data sekunder
Yakni merupakan data yang diperoleh dari bahan-bahan
bacaan, yaitu leteratur, catatan kuliah dan lain-lain yang berhubungan dengan
hal tersebut serta sejarah ringkas perusahaan, Struktur organisasi dan Uraian
tugas.
2. Metode Penelitian
untuk mendapatkan
data yang diperlukan dalam penyelesaian skripsi ini, penulis melakukan dua (2)
bentuk penelitian yaitu:
a. Penelitian Kepustakaan (Library Research)
Untuk menguatkan
ide/gagasan dalam menganalisis dan mengevaluasi hasil penelitian lapangan, maka
diperlukan landasan seperti teori-teori atau pendapat para ahli yang bersumber
dari buku-buku bacaan, bahan kuliah, majalah-majalah ilmiah dan sumber-sumber
lainnya yang dianggap penting dan ada hubungannya dengan tulisan ini.
b. Penelitian Lapangan (Field Research)
Yaitu suatu metode pengumpulan data dengan peninjauan
langsung kepada objek penelitian dilapangan dalam hal ini PT. SUN LIFE FINANCIAL INDONESIA. Hal ini dilakukan untuk
memperoleh data yang relevan dengan tujuan penelitian secara nyata, tepat dan
akurat.
3. Tehnik Pengumpulan Data
Dalam hal ini penulis mengumpulkan data dengan
menggunakan beberapa cara yaitu:
a.
Observasi
Yaitu mendapatkan data dari objek penelitian dengan cara
mendatangi langsung ke objek penelitian dalam hal ini PT. SUN LIFE FINANCIAL INDONESIA guna melihat secara dekat
bagaimana peranan strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan produk jasa
asuransi.
b. Wawancara (Interview)
Selama observasi dilakukan, penulis juga melakukan
wawancara dan komunikasi dengan staff, karyawan maupun jajaran pimpinan
perusahaan itu sendiri untuk mendapatkan input-input ataupun masukan-masukan
yang berhubungan dan berguna dalam bidang yang akan diteliti sebagai bahan
penulisan skripsi ini.
4. Metode Analisis
Dalam menganalisis data-data yang telah ada. Penulis
menggunakan dua metode analisis yaitu:
1. Metode Analisis Deskriptif
Dengan merumuskan dan menafsirkan data yang diperoleh,
menyusun dan mengklasifikasikan serta menganalisis, dan menginterprestasikannya
sehingga memberikan gambaran yang jelas mengenai keadaan perusahaan.
2. Metode Analisis Deduktif
Yaitu suatu metode ilmiah dimana fakta-fakta yang
diperoleh dianalisis dengan menguraikan teori-teori yang berlaku. Selanjutnya
dicoba untuk menarik kesimpulan untuk membuktikan hipotesa yang dapat digunakan
untuk membuat saran-saran yang berguna bagi masalah-masalah yang dihadapi oleh PT. SUN LIFE FINANCIAL INDONESIA.
4. SISTEMATIKA PEMBAHASAN
Secara garis besar skripsi ini akan dibagi dalam lima
(5) bab dan setiap bab dibagi atas beberapa sub bab dengan kebutuhan pembahasan
dan uraiannya sebagai berikut.
BAB I : PENDAHULUAN
Dalam bab pendahuluan
ini penulis mengemukakan secara ringkas latar belakang pemilihan judul,
permasalahan, hipotesis, tujuan dan manfaat penelitian, metodologi penelitian
dan sistematika pembahasan.
BAB II : URAIAN TEORITIS
Di dalam bab ini
penulis mencoba membuat uraian teoritis yang menunjang mengenai pengertian
pasar dan pemasaran, strategi pemasaran, startegi bersaing, bauran pemasaran,
dan pengertian asuransi serta manfaat asuransi.
BAB III : GAMBARAN UMUM TENTANG PT. SUN LIFE FINANCIAL
INDONESIA.
Pada bab ini penulis
mencoba menjelaskan tentang : sejarah ringkas perusahaan, struktur organisasi
dan uraian tugas, perkembangan penjualan, jenis-jenis produk yang dipasarkan,
situasi persaingan dan strategi pemasaran.
BAB IV : ANALISIS DAN EVALUASI
Pada bab ini penulis mencoba memberikan analisis dan evaluasi
terhadap kegiatan yang dilakukan perusahaan dengan membandingkannya antara
teori dan hasil penelitian dari perusahaan.
BAB V : KESIMPULAN DAN SARAN
Pada bab ini penulis mencoba menarik kesimpulan atas hasil
penelitian dengan memberikan sumbangsih berupa saran-saran yang mungkin
bermanfaat bagi perusahaan maupun civitas akademika Universitas Sumatera Utara.
NB : BAGI SOBAT YANG INGIN VERSI LENGKAPNYA SILAHKAN REQUEST
DI KOLOM KOMENTAR ..
loading...
0 Response to "CONTOH SKRIPSI EKONOMI MENEJEMEN TERBARU 2013 "
Post a Comment