RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata Pelajaran : Produktif Teknik
Komputer Jaringan
Kelas / Semester : X
/ 1
Pertemua ke- : --
Alokasi Waktu : 18 X 45
Menit
Kompetensi :
Mendiagnosis permasalahan pengoperasian
PC & periferal
Sub
Kompetensi : Mengidentifikasi masalah melalui gejala yang
muncul
Indikator :
1.
Peserta diklat mampu mengidentifikasi
gejala kesalahan atau kerusakan pada saat pengoperasian PC.
2.
Peserta diklat mampu mengidentifikasi
jenis-jenis pesan atau peringatan
kesalahan yang terjadi pada saat booting atau PC digunakan.
I
. Tujuan Pembelajaran
|
1.
Peserta
diklat mampu mengidentifikasi masalah melalui gejala yang muncul pada
pengoperasian PC dan peripheral.
2.
Peserta
diklat mampu memilah permasalahan yang terjadi pada pengoperasian PC
berdasarkan kelompoknya.
3.
Peserta
diklat mampu mengisolasi permasalahan yang timbul saat pengoperasian PC stand
alone dan peripheralnya
|
II
. Materi Ajar
|
Mengidentifikasi
masalah melalui gejala
|
1. Pengenalan Pesan/Peringatan
Kesalahan Saat Booting pada PC Melalui POST
Prosedur POST (Power on Self-Test)
POST dilakukan sesaat setelah
komputer dihidupkan dan mulai booting,
proses ini dilakukan oleh BIOS.
Adapun urutan prosedur POST adalah
sebagai berikut :
a) Test Power Supply ditandai
dengan lampu power hidup dan kipas
pendingin power supply berputar.
b) Secara otomatis dilakukan reset
terhadap kerja
c) Pengecekkan terhadap BIOS dan
isinya.
d) Pengecekkan terhadap CMOS
e) Melakukan pengecekkan CPU, timer
(pewaktuan), kendali memori
akses langsung, memory bus dan
memory module.
f) Memori sebesar 16 KB harus
tersedia dan dapat dibaca/ditulis
untuk keperluan ROM BIOS dan
menyimpan kode POST.
g) Pengecekkan I/O controller dan
bus controller.
Pesan/Peringatan Kesalahan POST
(Power on Self-Test)
Langkah-langkah mengenal dan
mengidentifikasi
Pesan/Peringatan Kesalahan melalui
POST (Power on Self-
Test)
Untuk mengenal dan mengidentifikasi
pesan/peringatan kesalahan
melalui POST para peserta diklat
harus memperaktekkan dan
mengamati PC dari saat booting
hingga selesai proses POST yang
dilakukan oleh BIOS dan membaca
buku manual setiap komponen PC,
terutama motherboard. Dari situ
akan diketahui banyak komponen,
kegunaan, spesifikasi dan BIOS yang
digunakan, termasuk setting pada
BIOS nya.
|
III. Metode Pembelajaran
|
Informasi,
praktek, tutorial, kerja kelompok
|
.
Langkah-langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan
Awal ;
B.
Kegiatan
Inti ;
C.
Kegiatan
akhir ;
|
1. Salam pembuka.
2. Memberikan pertanyaan permasalahan
yang sering muncul pada PC
1. Siswa memilih peralatan/ komponen
PC secara teliti.
2. Siswa menjelaskan diagram blok
komputer dan fungsi masing-masing
3. Mengidentifikasi jenisjenis pesan/peringatan
kesalahan pada pengoperasian PC §
4. Menguraikan fungsi spesifik dari tiap-tiap komponen
pada PC
1. Siswa membuat dafatar permasalahan
yang muncul pada PC
2. Guru memberikan penguatan kembali
tentang identifikasi masalah yang muncul
3. Guru memberikan penilaian
|
V . Alat / Bahan / Sumber Belajar
|
Buku
Konsep hardware PC, Mainboard, Processor, Memori, Harddisk, PSU, Keyboard,
Mouse dan Pheripheral PC
|
VI.
Penilaian
:
|
|
Uji
Kompetensi
|
Materi
|
1. Uji Kompetemsi Kognitif
2. Uji Pengetahuan Konsep
3. Uji Pemahaman Konsep
|
1. Soal-soal Pilihan Ganda
2. Soal-soal Essai Penjelasan Bebas
3. Menyimpulkan rencana kebutuhan dan spesifikasi PC.
|
Latihan
|
Tugas 1
1)
Hidupkan
PC, amati dan catatlah proses POST yang terjadi. Cocokkan hasil pengamatan
anda dengan teori yang ada.
2)
Hidupkan
PC, tekan tombol untuk menuju menu setup (umumnya tombol Del). Amati dan catat semua data yang ada
didalamnya. Cocokkan hasil pengamatan anda dengan buku manual reference dan
kondisi hardware yang terpasang.
3)
Buka
buku manual reference dan casing PC. Amati dan cocokkan spesifikasi, tata
letak komponen, dan setting yang ada.
|
Lembar Kerja 1
1) Alat dan Bahan :
a)
PC
1 unit
b)
Buku
manual reference dan CD driver untuk komponen PC yang sesuai
c)
Tool
set
2) Kesehatan dan Keselamatan Kerja
a)
Gunakan
peralatan sesuai dengan fungsinya
b)
Cek
semua hubungan instalasi sebelum memulai praktek
c)
Bertanya
dan mintalah guru untuk membantu mengecek jika ada yang meragukan.
d)
Bekerjalah
sesuai dengan cara kerja atau petunjuk yang telah ditentukan
Langkah Kerja
Dalam melaksanakan praktek, jika
ada yang tidak jelas atau meragukan tanyakan kepada guru pembimbing, terutama
pada saat melaksanakan langkah ke 7.
a) Siapkan alat dan bahan.
b) Memeriksa semua hubungan
instalasi PC.
c) Menghidupkan PC.
d) Mengamati setiap proses selama
booting pada PC.
e) Memahami proses POST pada PC.
f) Memahami cara kerja POST pada
PC.
g) Dengan berhati-hati coba
lepaskan secara bergantian komponen RAM, card VGA dan prosessor. Sebaiknya
kabel data dan power supply ke hardisk dilepas selama melakukan proses ini.
Booting ulang komputer, amati, cata dan fahami gejalagejala
yang ditimbulkan.
h) Buatlah Laporan tentang
gejala-gejala yang ditimbulkan dari semua langkah yang sudah dipraktekkan.
i) Laporkan Hasil pekerjaan anda
kepada guru pembimbing (pengajar)
j) Jika semua telah selesai
kembalikan semua hubungan instalasi seperti semula dan cek ulang. Jika sudah
benar kembalikan semua alat dan bahan ke tempat semula.
|
Tes
Formatif
1) Sebutkan dan jelaskan langkan-langkah POST!
2)
Gejala masalah
apa yang terjadi pada PC jika beep yang ditimbulkan berubunyi 1 beep panjang
dan 8 beep pendek? Menurut anda apa penyebabnya?
3)
Bagaimana menurut anda PC yang sudah
lolos POST, apakah berarti baik?
Kunci Jawaban Formatif
1)
Langkah POST yaitu seperti
ditunjukkan oleh prosedur test
POST pada sub c.
Prosedur POST (Power on Self-Test)
2)
1 beep panjang 8 beep pendek terjadi
pada AMI BIOS dan gejala yang ditimbulkan adalah tes tampilan gambar gagal.
Kemungkinan penyebabnya adalah
a)
pemasangan VGA card kurang baik
b)
slot ekspansi (tambahan) tempat card
VGA terpasang mengalami masalah
c)
memori VGA card rusak
d)
VGA card rusak
e)
Motherboard rusak
f)
Monitor bermasalah
3)
PC yang sudah lolos POST secara
hardware dan instalasinya sudah baik dan benar, tetapi masih perlu diuji
kinerjanya untuk mengetahui kemampuan komputer tersebut.
|
Mengetahui Guru
Mata Pelajaran,
Kepala Sekolah ___
loading...
0 Response to "CONTOH RPP SMK KELAS 1 JURUSAN TKJ LENGKAP "
Post a Comment