https://ylx-4.com/fullpage.php?section=General&pub=234891&ga=a

KUMPULAN CONTOH MAKALAH KOMUNIKASI PERAN KOMUNIKASI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR



PERAN KOMUNIKASI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR


PENDAHULUAN

Latar Belakang
Masyarakat pesisir memiliki kehidupan yang khas, dihadapkan langsung  pada kondisi ekosistem yang keras, dan sumber kehidupan yang bergantung pada pemanfaatan sumber daya pesisir dan laut (selanjutnya disingkat SDP).  Masyarakat pesisir terutama nelayan kecil, masih terbelit oleh persoalan kemiskinan dan keterbelakangan.  Terdapat persoalan tertentu terkait dengan aspek ekologis, sosial, dan ekonomi, sehingga masyarakat pesisir masih tertinggal (Hanson 1984).    Rendahnya taraf hidup masyarakat pesisir dan akses yang terbatas akan aset dan sumber-sumber pembiayaan bagi nelayan kecil merupakan persoalan utama yang dijumpai di kawasan pesisir.  Nelayanpun sangat rentan terhadap tekanan pemilik modal. 
Kegiatan pembangunan di kawasan pesisir tidak terlepas dari daya dukung lingkungan, keberlangsungan sumber daya alam dan dilakukan secara terpadu oleh berbagai pihak terkait dengan menekankan peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.  Ketersediaan sumber daya alam di daratan seperti hutan, bahan tambang, dan mineral serta lahan pertanian produktif semakin menipis sedangkan kebutuhan penduduk terus bertambah sejalan dengan jumlah penduduk Indonesia yang terus meningkat dan diprediksikan akan mencapai 267 juta jiwa pada tahun 2015.  Kebutuhan penduduk tersebut tidak akan mampu dipenuhi seluruhnya oleh sumber daya alam di daratan (Dahuri 2000) mengingat luas daratan Indonesia hanya sepertiga dari luas Indonesia keseluruhan, yaitu 1.926.337 km2.  Sektor perikanan dan kelautan sangat potensial untuk dikembangkan, mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang memiliki 17.506 buah pulau, dengan garis pantai sepanjang 81.000 km, dan luas laut sekitar 3,1 juta km2.  Selain itu, Indonesia juga memiliki hak pengelolaan sumber daya alam hayati dan nonhayati di perairan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia (ZEEI), yaitu perairan yang berada 12 hingga 200 mil dari garis pantai titik-titik terluar kepulauan Indonesia, yang luasnya 2.7 juta km2 berdasarkan United Convention on the Law of the Seas. 
Kegiatan sektor perikanan dan kelautan, memiliki dua bidang usaha (Amanah dan Yulianto 2002) yaitu perikanan darat dan perikanan tangkap.  Hasil penelitian tentang pendekatan penyuluhan pada masyarakat pesisir (Amanah et al.. 2004) memperlihatkan bahwa setiap komunitas memiliki keunikan dan berbeda dalam hal nilai, orientasi, dan kebutuhan pengembangan diri, kelompok, komunitas, serta daya dukung lingkungan fisik.  Dalam hal ini komunikasi pembangunan dapat menjadi wahana transformasi situasi masyarakat dari sekarang ke kondisi yang lebih baik. 
Kabupaten Buleleng memiliki panjang pantai sekitar 144 km dan ada enam dari sembilan kecamatannya yang berbatasan langsung dengan pantai utara. Kecamatan Buleleng dan Grokgak sangat berprospek untuk berkembang menjadi kawasan perikanan dan wisata bahari.  Sampai saat ini masyarakat pesisir di kedua kecamatan tersebut bergantung pada pemanfaatan sumber daya pesisir dan laut, baik untuk usaha perikanan, maupun untuk usaha jasa wisata.  Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah bahwa proses-proses komunikasi pembangunan belum berlangsung simultan, dan nelayan masih dihadapkan pada persoalan klasik seperti hasil tangkapan yang bervariasi, keterbatasan akses pada sumber-sumber permodalan, pasar, dan program penyuluhan yang belum berjalan sesuai harapan.  Telaahan tentang permasalahan yang dihadapi nelayan, penyebab masalah, alternatif penyelesaian masalah, diperlukan untuk mendesain rancangan strategi komunikasi pembangunan yang relevan.  Tanpa strategi komunikasi pembangunan yang jitu, masyarakat pesisir akan makin tertinggal.  Terdapat beberapa program andalan pemerintah dalam konteks komunikasi pembangunan, namun belum memberikan dampak nyata terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat pesisir.  Oleh karenanya, penyajian pada makalah ini berfokus pada kondisi masyarakat pesisir dan peran komunikasi pembangunan dalam  pemberdayaan komunitas, kasus Kabupaten Buleleng.

Tujuan
                Tujuan makalah ini adalah (1) mendeskripsikan kondisi dan permasalahan yang dihadapi masyarakat pesisir, khususnya komunitas nelayan; dan (2)  menganalisis peran dan strategi alternatif komunikasi pembangunan dalam pemberdayaan masyarakat pesisir. 

Kegunaan
                Bagi pengambil kebijakan di bidang pengembangan masyarakat pesisir, diharapkan makalah ini dapat berkontribusi sebagai referensi dalam mengembangkan masyarakat pesisir melalui pendekatan dan strategi komunikasi yang efektif. 

PERUMUSAN MASALAH
Masalah merupakan faktor yang dapat menyebabkan tidak tercapainya tujuan.  Dalam konteks masyarakat pesisir di lokasi kajian, ada kesenjangan antara kondisi saat ini dan kondisi ideal yang diharapkan (Gambar 1).  Secara konseptual, komunikasi pembangunan berperan menjembatani kondisi saat ini menuju kondisi yang diharapkan terrwujud di tingkat komunitas pesisir.



Gambar 1  Kesenjangan kondisi yang dihadapi masyarakat pesisir

Kondisi nelayan di Kabupaten Buleleng dicirikan oleh tipologi nelayan kecil, dan armada penangkapan ikan oleh mayoritas nelayan di Kecamatan Buleleng dan Grokgak adalah perahu bermotor  tempel.  Nelayan di Kecamatan  Buleleng lebih banyak menggunakan pancing ulur dan tonda untuk menangkap ikan, sedangkan seser dan pancing ulur lebih banyak digunakan oleh nelayan di Kecamatan Grokgak.  Jenis ikan hasil tangkapan umumnya berupa tongkol, teri, walang dan tuna.  Sampai saat ini, masyarakat pesisir setempat masih belum terlepas dari persoalan klasik yang dihadapi nelayan kecil yakni keterbatasan aset, akses, dan peluang untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing.  Upaya peningkatan kualitas hidup nelayan kecil sulit terwujud tanpa adanya perubahan sikap, pengetahuan dan keterampilan sumber daya manusia. Menghadapi permasalahan tersebut, komunikasi pembangunan diperlukan peran utamanya sebagai sebuah proses yang dialogis dalam penyampaian ide, informasi dan inovasi, oleh pihak-pihak terkait guna menunjang terjadinya proses perubahan sosial ke arah yang lebih baik daripada sebelumnya.  Perubahan tersebut dampaknya dapat dilihat pada tingkat individu, keluarga, kelompok, organisasi, komunitas dan masyarakat yang lebih luas. Proses-proses komunikasi pembangunan akan memiliki dampak luas apabila dilaksanakan secara sistemik dan berkelanjutan. 


KONSEPSI DAN HASIL PENELITIAN TERDAHULU TENTANG KOMUNIKASI PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN
Komunikasi Pembangunan
Nasution (2004) mengutip pernyataan Hedebro tentang tiga aspek komunikasi dan pembangunan yang berkaitan dengan tingkat analisisnya.  Ketiga aspek tersebut meliputi hal berikut: (i) Pendekatan yang berfokus pada pembangunan suatu bangsa, dan peran media massa menyumbang upaya tersebut. Di sini, politik dan fungsi-fungsi media massa dalam pengertian yang umum merupakan objek studi, sekaligus masalah-masalah struktur organisasional dan pemilikan, serta kontrol terhadap media. Untuk studi jenis ini, digunakan istilah kebijakan komunikasi dan merupakan pendekatan yang paling luas dan bersifat umum; (ii) Pendekatan untuk memahami peranan media massa dalam pembangunan nasional, namun lebih jauh spesifik. Persoalan utama dalam studi ini adalah penggunaan media agar dapat dipakai secara efisien, untuk mengajarkan pengetahuan tertentu bagi masyarakat suatu bangsa; dan (iii) Pendekatan yang berorientasi kepada perubahan yang terjadi pada suatu komunitas lokal atau desa. Studi jenis ini mendalami bagaimana aktivitas komunikasi dapat dipakai untuk mempromosikan penerimaan yang luas akan ide-ide dan produk baru. 
                Hasil penelitian Kifli (2007) tentang strategi komunikasi pembangunan pada komunitas dayak di Kalimantan Barat menemukan bahwa berbagai bentuk materi komunikasi yang selama ini tersedia, ternyata belum dapat dipahami atau diakses dengan optimal oleh orang Dayak. Materi komunikasi dari luar baik berupa materi tercetak maupun elektronik, seperti brosur, leaflet, majalah atau program radio dan televisi, tidak dapat diakses. Kendala dari sisi fisik disebabkan karena keterisoliran geografis, sedangkan kendala sisi bahasa menyebabkan mereka tidak dapat memahami isi (content) yang terkandung di dalamnya.  Konsep dan strategi pembangunan yang cenderung seragam, belum mampu menjangkau komunitas Dayak secara memadai. Berbagai asumsi dan prasyarat penerima (receiver) dari kebijakan strategi komunikasi tersebut tidak mampu dipenuhi oleh sebagian masyarakat, termasuk oleh masyarakat Dayak.  Penelitian Amanah (2007) tentang pengembangan masyarakat pesisir mengungkap pula bahwa terdapat korelasi positif yang nyata antara kompetensi komunikasi yang dimiliki oleh penyuluh terhadap perilaku masyarakat pesisir dalam mengelola sumber daya pesisir yang dimiliki. Selain faktor keterisoliran dan kompetensi komunikasi, strategi komunikasi pun berpengaruh terhadap efektifitas komunikasi.
                Harris (Bessete & Rajasunderam 1996) menyatakan bahwa pendekatan komunikasi pembangunan partisipatif perlu dikembangkan untuk mengembangkan masyarakat di tingkat bawah melalui pendekatan pendidikan non formal. Terkait dengan pendekatan pembangunan yang diterapkan di Indonesia, Waskita (2005) mencermati bahwa pembangunan sampai saat ini masih terlalu berfokus pada hal-hal fisik dan terukur. Hal ini pada gilirannya, berkontribusi terhadap model komunikasi yang dianut cenderung menunjukkan pola interaksi yang terbatas dan berkaitan dengan kekuasaan dan pelayanan.  Alternatif model komunikasi yang diusulkan adalah komunikasi dialogis antar orang yang terlibat dalam proses pembangunan.


Pemberdayaan
Pemberdayaan memiliki berbagai interpretasi, pemberdayaan dapat dilihat sebagai suatu proses dan program. Payne (1997) mengemukakan bahwa pemberdayaan (empowerment) pada hakekatnya bertujuan untuk membantu klien mendapatkan kekuatan (daya) untuk mengambil keputusan dan tindakan yang akan dilakukan dan berhubungan dengan diri klien tersebut, termasuk mengurangi kendala pribadi dan sosial dalam melakukan tindakan.  Pemberdayaan dilakukan dengan jalan meningkatkan kapasitas, pengembangan rasa percaya diri untuk menggunakan kekuatan dan mentransfer kekuatan dari lingkungannya. Sebagai suatu proses, pemberdayaan adalah usaha yang terjadi terus menerus sepanjang hidup manusia. 
Bowling dan Barbara (2002) mengemukakan bahwa program penyuluhan dapat membentuk perubahan perilaku melalui prinsip berbagi pengetahuan, dan pengalaman dengan masyarakat.  Bersama–sama masyarakat, dapat dilakukan berbagai kegiatan yang mengarah pada pembentukan perilaku masyarakat.  Pemberdayaan sebagai sebuah program mempunyai makna bahwa pemberdayaan merupakan tahapan–tahapan kegiatan untuk mencapai suatu tujuan dalam kurun waktu tertentu.  Dalam konteks ini, pelaksanaan program pemberdayaan dibatasi waktu, sehingga tampak sebagai kegiatan keproyekan.  Kondisi seperti ini tentu tidak menguntungkan bagi pelaksana program maupun komunitas target, karena sering terjadi kegiatan terputus di tengah jalan dan kurangnya koordinasi antar lembaga yang terlibat dalam program. 
Pemberdayaan masyarakat pesisir mencakup dua dimensi yaitu budaya dan struktur sosial (Satria 2002).  Selain itu, pemberdayaan dalam komunitas nelayan akan lebih berhasil jika menerapkan prinsip kejelasan tujuan, prinsip dihargainya pengetahuan dan penguatan nilai lokal, prinsip keberlanjutan, prinsip ketepatan kelompok sasaran atau tidak bias pada nelayan pada strata maupun golongan tertentu, dan prinsip kesetaraan gender, artinya baik pria maupun wanita memiliki secara aktif diakui hak–haknya dalam masyarakat, memiliki status dan peran sesuai budaya setempat  dan terlibat dalam proses pengambilan keputusan dalam keluarga dan masyarakat.
Hasil penelitian Mubyarto dan Dove (1984) menyimpulkan bahwa modernisasi perikanan melalui introduksi kapal-kapal motor telah menimbulkan jurang yang bertambah lebar antara mereka yang mampu dan yang tidak mampu memanfaatkan teknologi tersebut, bahkan introduksi budidaya tambak udang yang padat modal hanya berpihak pada kelompok kaya atau dengan perkataan lain pembangunan berakibat pada menguatnya marjinalisasi kelompok miskin.  Dampak positif maupun negatif dari modernisasi perikanan, khususnya bagi masyarakat nelayan, petani petambak, maupun kelompok masyarakat pesisir yang lain (pengolah hasil laut, pemberi jasa wisata bahari dan lain-lain) perlu diantisipasi, yaitu melalui penerapan paradigma pembangunan yang lebih menekankan pada aspek manusianya. Implikasinya adalah pembangunan akan berkelanjutan (sustainability), karena program-program pembangunan  menciptakan manusia-manusia yang berdaya dan mandiri. Soedijanto (1997) menyatakan bahwa pembangunan yang hanya menekankan pada produktivitas, justru hanya menimbulkan ketergantungan petani pada pemerintah.
Berkaitan dengan permasalahan di atas, peran komunikasi pembangunan sangat dibutuhkan dalam membantu masyarakat pesisir, khususnya nelayan dalam menghadapi modernisasi.  Seperti telah dikemukakan oleh van Den Ban (1999) bahwa peranan berbagai program penyuluhan sebagai implementasi komunikasi pembangunan adalah dengan membantu petani untuk mengambil keputusan sendiri dengan cara menambah pilihan bagi mereka, dan dengan cara menolong mereka mengembangkan wawasan mengenai konsekuensi dari masing-masing pilihan tersebut. Upaya pemberdayaan nelayan kecil menurut Satria (2001) perlu memahami struktur sosial masyarakat nelayan, tidak hanya melihat aspek ekonomi atau teknologi saja, melainkan juga aspek sosial-budaya perlu diperhatikan, sehingga program tidak lagi hanya bersifat “ingin cepat selesai.” 

METODE PENELITIAN
Penelitian dilaksanakan di dua wilayah pesisir Kabupaten Buleleng yakni di Kecamatan Grokgak dengan jarak lebih kurang 55 km sebelah barat ibu kota kabupaten, dan di Kecamatan Buleleng yang letaknya lebih kurang delapan kilometer dari ibu kota kabupaten.  Penelitian dilaksanakan mulai tahun 2004-2006.  Responden penelitian adalah pelaku utama dalam usaha penangkapan, pengolahan, pembudidaya dan pemasar.  Tercatat lebih kurang 692 rumah tangga perikanan (RTP) melaksanakan usaha di dua wilayah tersebut dan 159 RTP dipilih sebagai responden secara acak; namun untuk keperluan analisis statistik dipilih responden yang memiliki aktivitas serupa untuk mewakili populasi yaitu 128 RTP. 

*) Armada motor tempel

Data primer yang diperoleh dari responden meliputi: (1) keragaan sosial ekonomi responden penelitian; (2) informasi tentang SDP terutama masalah penurunan kualitas SDP meliputi jenis ikan hasil tangkapan, kualitas terumbu karang, dan kondisi pantai; (3) program pemberdayaan dan atau intervensi yang pernah berlangsung, hasil yang dicapai dan kontinuitas program; (4) kompetensi komunikasi penyuluh/fasilitator program pemberdayaan; (5) kualitas sarana dan prasarana pendukung kegiatan perikanan.  Selain dari responden, data diperoleh pula dari sumber sekunder yakni Dinas Kelautan dan Perikanan, Kantor Kecamatan, Badan Pusat Statistik, literatur dan media.  Panduan metode wawancara semi terstruktur, pengamatan dan diskusi dilaksanakan untuk memperoleh data dan informasi selama penelitian.  Data dianalisis secara deskriptif dengan menerapkan konsep Checkland (1981) tentang soft system methodology (SSM). Di dalam SSM dikemukakan bahwa untuk mendinamiskan aktivitas manusia sebagai sebuah sistem, perlu adanya desain konsep tentang CATWOE.  CATWOE merupakan singkatan dari Customers (C), Actors (A), Transformation (T), Welstanchaung (W), Owner (O) dan Environment (E).  Konsep CATWOE digunakan untuk menganalisis peran para pihak dalam pengembangan strategi komunikasi pembangunan dalam pemberdayaan masyarakat pesisir.

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Wilayah dan Gambaran Masyarakat Pesisir di Lokasi Penelitian
                Kabupaten Buleleng merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Bali yang terletak di Bagian Utara dengan luas wilayah 1.366 km2 dan pernah menjadi ibukota provinsi pasca kemerdekaan Republik Indonesia hingga tahun 1960-an.  Batas-batas wilayah Kabupaten Buleleng adalah di utara berbatasan dengan Laut Jawa, di barat berbatasan dengan Kabupaten Jembrana, di selatan berbatasan dengan Kabupaten Tabanan, Badung dan Bangli, serta di Timur berbatasan dengan Kabupaten Karang Asem. Jumlah penduduk berdasarkan hasil registrasi pada tahun 2007 berjumlah sebanyak 643.274 jiwa, dari jumlah 167.780 kepala keluarga. Dari jumlah tersebut terdiri dari penduduk perempuan sebanyak 320.839 jiwa atau 49,88 persen dan penduduk laki-laki sebanyak 322.435 jiwa atau 50,12 persen dari kondisi tersebut tercermin penduduk laki-laki relatif dominan jika dibandingkan dengan penduduk perempuan.  Penyerapan tenaga kerja per lapangan usaha di Kabupaten Buleleng pada tahun 2005-2006 (Tabel 2) memperlihatkan bahwa sektor pertanian dalam arti luas menyerap paling banyak tenaga kerja dibanding sektor lain.  Ini berarti, kebijakan pemerintah harus mampu memakukan pembangunan pertanian dalam arti luas yang menjadi tumpuan hidup sebagian besar penduduk Kabupaten Buleleng.
Secara umum, sebagaimana disajikan pada Tabel 3, mayoritas responden berusia produktif, mayoritas berpendidikan formal SMP tidak tamat, dengan pengalaman usaha terbanyak antara 12 sampai dengan 20 tahun, pendapatan dari usaha perikanan bervariasi mulai Rp 420 ribu sampai lebih dari Rp 1 juta per bulan. Tanggungan keluarga umumnya tiga sampai empat orang.
Pengelolaan pesisir Kabupaten Buleleng dibagi ke dalam tiga wilayah pengembangan yaitu (1) Buleleng Barat dengan usaha utama adalah penangkapan ikan di laut, budi daya laut, dan pembenihan, (2) Buleleng Tengah untuk usaha penangkapan ikan, dan pengolahan hasil perikanan, dan (3) Buleleng Timur untuk penangkapan ikan hias, ikan konsumsi, dan pengolahan (Dinas Kelautan & Perikanan 2003). Guna mengantisipasi hal tersebut, strategi komunikasi pembangunan perikanan dan kelautan harus berfokus pada  peningkatan kemampuan nelayan dalam pengelolaan teknologi penangkapan, penguatan kapasitas permodalan, kemampuan pengelolaan keuangan dan yang paling urgen adalah perubahan sikap dan perilaku yang positif memanfaatkan kekayaan bahari.

Sumber : Buleleng Dalam Angka Tahun 2008  

Kegiatan nelayan di Grokgak dan Buleleng adalah melakukan penangkapan ikan.  Beberapa desa pesisir di Kecamatan Buleleng seperti Kaliasem, Tukadmungga  dan Anturan melakukan kegiatan memandu wisatawan menikmati pemandangan laut dan mengamati perilaku lumba-lumba di pagi hari-hari, dan perempuan nelayan menjual ikan hasil tangkapan.  Kegiatan nelayan di Kecamatan Grokgak meliputi  budidaya ikan hias, memandu wisata laut berupa taman laut, budidaya bandeng, pembenihan kerapu dan pengolahan ikan oleh wanita nelayan. Aktivitas penangkapan ikan di dua lokasi kajian sangat dipengaruhi oleh musim, yaitu pada musim panen ikan, nelayan umumnya berangkat pada dini hari dan pulang lebih cepat (sekitar pukul 2.00 atau 3.00 dini hari melaut dan kembali pukul 7.00 hingga pukul 8.00).  Pada saat populasi ikan rendah, nelayan di dua desa melakukan kegiatan tani dan mengandalkan hasil ikan di alat tangkap bagan dan berangkat pukul 18.00 petang dan baru kembali keesokan hari pada pukul 06.00 pagi hari.  Nelayan membutuhkan pendampingan dalam hal pemasaran hasil, pemeliharaan terumbu karang, kawasan pesisir dan penguatan kelembagaan kelompok nelayan.  Proses-proses komunikasi pembangunan yang saat ini berlangsung masih terlalu berfokus pada sosialisasi informasi tentang program kerja dan prioritas pemerintah, belum mengarah pada terobosan pendayagunaan saluran dan media komunikasi lokal untuk memperkuat jaringan sosial masyarakat pesisir.


 

Peran Strategi Komunikasi Pembangunan dalam Menjembatani Kesenjangan

                Menghadapi permasalahan masyarakat pesisir di lokasi kajian, maka dalam aplikasinya di lapangan dapat dikomunikasikan program berikut:
1.       Peningkatan keterampilan nelayan dan keluarganya dalam mengelola hasil tangkapan, memperbaiki sikap yang merusak lingkungan dengan mensosialisasikan pentingnya menjaga kelestarian sumber daya alam;
2.       Peningkatan kemampuan manajemen usaha penangkapan dan diversifikasi usaha yang disertai penguatan ekonomi keluarga melalui usaha produktif;
3.       Penguatan kelembagaan lokal termasuk organisasi pemasaran hasil perikanan;
4.       Pengelolaan wilayah pesisir secara terpadu dengan mengedepankan prinsip sustainability (sumber daya alam) dan kesejahteraan masyarakat; dan
5.       Membangun jejaring (network) dengan mitra usaha guna memperbesar armada dan menggunakan alat tangkap yang lebih efektif dan tidak merusak lingkungan.
Dengan demikian, pesan-pesan atau materi dalam komunikasi pembangunan masyarakat pesisir tidak sekedar mentransferkan informasi saja, tetapi menyangkut aspek transformasi keadaan dari kondisi sekarang yakni nelayan dan keluarganya yang masih terpinggirkan, menjadi lebih mandiri, sejahtera dan bermartabat. Komunikasi pembangunan dapat memainkan peran dalam perubahan berencana, sebagaimana dikemukakan pula oleh S.C. Dube (Shramm & Lerner 1976), bahwa dalam pembangunan di India, komunikasi memegang peran nyata dalam mengembangkan media untuk memobilisasi masyarakat dan pemerintahnya. 
                Fenomena berlangsung di salah satu desa di Kecamatan Grokgak yakni di Desa Pemuteran adalah kerja sama antara nelayan dengan pecalang dalam pengelolaan kelestarian sumber daya laut.  Sebetulnya Desa Pemuteran sudah memiliki peraturan adat atau “awig–awig” yang menyebutkan bahwa setiap perusak lingkungan akan dikenakan sanksi, yakni pembinaan awal, yang apabila dilanggar sampai tiga kali maka ada sanksi khusus.   Akan tetapi, kesadaran bahwa laut harus dipelihara kelestariannya sudah mulai tumbuh di kalangan masyarakat.  Seperti yang pernyataan seorang nelayan berikut:

“……kami nelayan di sini sangat kuatir dengan kegiatan pengeboman nelayan pencari ikan hias.  Sudah banyak sekali karang-karang hancur dan ini menyebabkan rusaknya lingkungan di sini.  Kami juga menjadi rugi, karena ndak bisa nangkap ikan banyak……..mohon yang berwenang mengambil tindakan….. dan kami juga kekurangan modal untuk ngembangkan usaha……….”

Komentar nelayan itu memperlihatkan bahwa nelayan sesungguhnya memiliki kepedulian atas degradasi lingkungan yang dipicu oleh kebutuhan ekonomis.  Nelayan mengeluhkan minimnya penegakan hukum dan modal yang terbatas untuk berusaha di bidang lain.  Atas latar belakang inilah maka secara bertahap, sejak tahun 1993 diadakan pendekatan melalui pertemuan dengan tokoh–tokoh adat dan nelayan untuk menimbulkan kesadaran pemahaman pentingnya pemeliharaan laut, khususnya kawasan wisata.  Usaha ini mulai menampakkan hasil yang menggembirakan.  Beberapa tahun kemudian, kegiatan penangkapan ikan dengan bom dan potasium sudah berkurang dan penghasilan nelayan pun bertambah.  Hal ini didukung oleh kerjasama antara pecalang dengan nelayan dalam pelarangan penangkapan ikan di kawasan wisata, serta pembuatan terumbu karang buatan. 
                Sejatinya, dalam kaitan pengelolaan sumber daya perikanan berbasis masyarakat (PSPBM), Nikijuluw (2002) menyebutkan bahwa di beberapa daerah  di Indonesia seperti Maluku, dalam menangkap ikan hanya menggunakan alat tangkap sederhana.  Sedangkan di Irian Jaya menurut Nikijuluw (2002) menerapkan aturan bahwa jika penduduk suatu suku ingin menangkap ikan di perairan yang menjadi wilayah suku lain, maka teknologi yang digunakan harus sama.  Kehadiran alat tangkap modern, cenderung mendesak nelayan kecil untuk meninggalkan daerahnya dan keluar dari perairan daerah asalnya, sehingga seringkali menimbulkan konflik antara nelayan satu dengan lain karena perebutan fishing ground dan penggunaan teknologi yang berbeda.  Atas dasar pemikiran ini, maka sebenarnya peran program komunikasi pembangunan sangat luas mulai dari sekedar pentransferan informasi dan teknologi, pemberdayaan hingga peningkatan pemahaman masyarakat akan nilai-nilai budaya lain (able to understand).
Hasil wawancara dengan perempuan nelayan di Desa Anturan memperlihatkan bahwa kaum perempuan masih berkutat pada persoalan domestik, belum ada inovasi yang sesuai dengan nilai-nilai lokal yang dapat mengefisienkan waktu untuk kegiatan domestik.  Jika dapat diefisienkan, maka kaum perempuan ada kesempatan untuk mengembangkan diri dan keluarganya dalam kegiatan sosial ekonomi untuk peningkatan kualitas hidup keluarga.  Pengolahan hasil perikanan tangkap untuk fish nugget belum menjadi minat nelayan setempat.  Salah seorang perempuan nelayan berkata:

“………….Saya ndak dikasi kerja macem-macem, yang penting jualan ikan ini dulu.  Nanti kan kalo laku, bisa buat mencari ikan lagi di laut.  Kalo ngolah ikan pasti perlu ini itu dan tambah repot, iya kalo ada yang beli, kalo ndak ada yang beli, kan rugi….”

Terdapat tiga hal yang menyebabkan perempuan nelayan tidak ada peluang untuk mengelola usaha pengolahan ikan, yaitu (i) kebutuhan uang (cash) yang mendesak; (ii) keterbatasan waktu dan modal usaha; dan (iii) pemasaran.  Dengan demikian, orientasi komunikasi pembangunan di kawasan pesisir cukup berat karena bukan hanya dituntut mampu mengubah pengetahuan, tetapi juga mengubah sikap dan membantu memperkuat struktur sosial ekonomi nelayan, sehingga lebih kuat dalam menghadapi tantangan.

Strategi Komunikasi Pembangunan pada Masyarakat Pesisir
Pelaksanaan program pemberdayaan di lokasi penelitian hingga tahun 1990-an masih belum berorientasi pada pengutamaan kebutuhan masyarakat.  Pada tahun 2000 secara lebih intensif diterapkan pendekatan yang mengutamakan penyelesaian persoalan masyarakat (problem solving) dan berpusat pada kebutuhan masyarakat (people centered development). Pendapat masyarakat pesisir tentang pendekatan penyuluhan/pemberdayaan masyarakat dirangkum pada Tabel 4.  Contoh kasus: pendekatan berpusat pada nelayan diterapkan pada program rehabilitasi karang sebagai salah satu pilihan atas solusi persoalan degradasi lingkungan.  Selain itu, dikembangkan usaha penangkapan ikan hias yang ramah lingkungan untuk meningkatkan pendapatan nelayan melalui penggunaan jaring khusus (stable net). 
Komunikasi pembangunan harus diselenggarakan secara partisipatif, sebab pendekatan ini memudahkan agent of change membantu masyarakat menyelesaikan persoalannya. Komunikasi pembangunan dapat dipandang sebagai upaya pemberdayaan masyarakat, yang dalam kegiatannya berkaitan dengan orang dewasa.  Implikasi hal ini,  pendekatan yang digunakan adalah pembelajaran orang dewasa (adult learning approach) dalam penyiapan dan penyelenggaraan perlu dipusatkan dalam kebutuhan nyata peserta proses belajar (Amanah 1996) atau lebih dikenal dengan learner-centred approaches.  Orang dewasa merupakan orang yang sudah kaya pengalaman sebagaimana dikemukakan oleh (Simpson 1993) sehingga perlu memperhatikan hal-hal berikut:
1.       Pembelajaran orang dewasa didasarkan pada pengalaman masa lalu dan patut dihargai.
2.       Pengalaman masa lampau tersebut harus dihargai oleh peserta lainnya dan harus diupayakan diterapkan dalam proses belajar. Pembelajaran yang melibatkan transformasi pengalaman masa lalu membutuhkan waktu dan tenaga yang lebih besar dibandingkan model belajar lainnya.
3.       Lingkungan mempengaruhi kemampuan orang dewasa dalam belajar.  Lingkungan terbaik seperti kondisi yang mengurangi gangguan pada orang dewasa yang sedang belajar akan memberikan dukungan yang berharga.  Peserta dewasa akan belajar dengan baik di lokasinya sendiri.  Orang dewasa tidak akan efektif jika belajar di bawah tekanan atau waktu yang dibatasi.  Mereka tidak  suka membuang waktu, dan orang dewasa lebih tertarik padaa proses belajar yang memberikan hasil nyata yang nyata dan cepat.
4.       Orang dewasa akan belajar bahan atau materi yang dia perlukan (selektif).
5.       Orang dewasa dapat didorong untuk belajar pada materi yang relevan pada peran dan kehidupannya saat ini.
6.       Orang dewasa belajar untuk kehidupannya dan untuk mereka yang terlibat dalam kelompoknya. 

        Tabel 4     Pendapat masyarakat pesisir tentang penyuluhan/program pemberdayaan di lokasi penelitian, 2009

Keterangan:  T = Setuju;  TS = Tidak Setuju
Sumber:  Data primer diolah

                Prinsip partisipasi dalam komunikasi pembangunan bukan sebatas proses sekedar hadir, memberikan pendapat atau hanya berdasarkan persepsi pemerintah atau penyuluh sendiri.  Sangat rasional, jika masyarakat pesisir belum mau terlibat dalam berbagai program pembangunan khususnya kegiatan penyuluhan karena sejak awal masyarakat tidak terlibat dalam menentukan kegiatan yang diprogramkan.  Terkait dengan hal ini, proses aksi sosial dan proses pengambilan keputusan dalam model adopsi inovasi Rogers (1994) dapat dimodifikasi.  Proses aksi sosial meliputi lima tahap: (1)  stimulasi minat (stimulation of interest) yaitu inisiatif dalam komunitas mulai berkembang pada tahap awal dalam ide baru dan praktek; (2) inisiasi (initiation) yaitu kelompok yang besar mempertimbangkan ide baru atau praktek dan alternatif dalam implementasi; (3) legitimitasi (legitimation) merupakan tahap saat pimpinan komunitas memutuskan akan meneruskan tindakan atau tidak; (4) keputusan bertindak adalah rencana spesifik tindakan mulai dibangun; dan (5) aksi yaitu penerapan rencana (Donnermeyer et al. 1997).  Model adopsi inovasi Rogers meliputi lima tahap: (1) pengetahuan (knowledge) seseorang menjadi sadar akan adanya ide atau cara baru; (2) persuasi (persuasion) yaitu individu mulai mengembangkan sikap suka atau tidak suka terhadap ide tersebut, (3) keputusan (decision) adalah individu membuat keputusan awal untuk mengadopsi atau tidak ide tersebut; (4) implementasi (implementation) adalah individu mencoba ide atau cara baru tersebut untuk pertama kali; dan (5) konfirmasi (confirmation) adalah individu memutuskan menerapkan ide atau cara baru secara berulang dan dapat disertai modifikasi. 
                Menumbuhkembangkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan wilayah pesisir tidak cukup hanya dengan mengidentifikasi isu yang dihadapi saja, tetapi perlu diwujudkannya beberapa aspek yaitu adanya aspek situasional, kolaborasi dan evaluasi diri dari setiap unsur yang terkait dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program. Agent of change seyogyanya mampu mengembangkan empat aspek (Kemmis & McTaggart 1988), yaitu:
a.     Suatu kondisi yang memungkinkan tumbuhnya kebersamaan dalam kelompok masyarakat dan rasa memiliki problem yang tengah dihadapi; 
b.    Adanya kemampuan berkreasi dan pemikiran yang kritis;
c.     Program yang dilaksanakan adalah untuk tujuan perbaikan dan pengembangan; dan
d.    Kemampuan memfasilitasi masyarakat untuk membantu menyelesaikan masalah.              
                Keterlibatan masyarakat dalam program-program pengembangan dan proyek pembangunan dapat digolongkan kedalam tujuh tipe (Adnan et al. dalam Pretty 1995), seperti tampak pada Tabel 5. 
                Para pihak terkait dengan program komunikasi pembangunan perlu mengetahui tipe partisipasi masyarakatnya, sehingga dapat mengembangkan pendekatan yang dapat mempertahankan dan meningkatkan partisipasi masyarakat di wilayahnya.  Idealnya, masyarakat memiliki tipologi keenam dan ketujuh.  Meskipun demikian, jika masyarakat sudah berada pada tipologi kelima itu sudah bagus karena sudah ada langkah maju untuk berinisiatif membentuk dan mengembangkan organisasi di lingkungan mereka sendiri.  Hal ini dapat dibanding dengan hasil penelitian Douglah dan Sicilima di Tanzania (1997) tentang pelibatan masyarakat dalam dua pendekatan penyuluhan yaitu Latihan dan Kunjungan dan Sasakawa Global 2000.  Partisipasi pada kedua pendekatan belum menerapkan pendekatan partisipasi yang berimbang.  Partisipasi masih ditekankan hanya pada pelaksanaan ketimbang pelibatan petani saat perencanaan dan evaluasi program.  Tampak bahwa prinsip partisipasi bukanlah hal yang mudah untuk diterapkan.  Penerapan metode partisipasi memerlukan proses yang bertahap.  Penumbuhan partisipasi perlu dimulai dengan fasilitasi pada masyarakat pesisir tentang pentingnya keterlibatan yang bersangkutan pada kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat sekaligus untuk memperbaiki hidup dan kehidupan.  Pada tahap awal bentuk partisipasi bisa berupa pemanfaatan hasil-hasil penyuluhan (inovasi), lalu partisipasi akan  lebih intensif secara bertahap, hingga akhirnya masyarakat mampu mandiri untuk mengelola kegiatannya dengan mobilisasi diri. 
               
Stakeholders yang dalam Komunikasi Pembangunan Masyarakat Pesisir
Masyarakat pesisir merupakan sistem sosial, sehingga framework CATWOE ini relevan dengan  proses transformasi masyarakat pesisir ke arah yang lebih baik.  Dengan demikian, pihak terkait yang dapat komunikasi pembangunan berorientasi pemberdayaan meliputi:
·      Customers: Masyarakat pesisir termasuk nelayan dan anggota keluarganya,
·      Actors: Pemuka masyarakat, agen pembaharu, penyuluh, ketua dan anggota kelompok nelayan,
·      Transformation: proses perubahan berupa proses komunikasi pembangunan yang ditujukan untuk meningkatkan martabat masyarakat pesisir, seperti kegiatan penguatan kelembagaan lokal (seperti lembaga pemasaran, kelompok nelayan), pengembangan kapasitas sumber daya manusia setempat, pengelolaan sumber daya pesisir dan lautan terpadu dan lain-lain.
·      Welstanchaung = worldview: pemahaman terhadap cara pandang, nilai-nilai lokal yang dianut oleh masyarakat pesisir, dan dihargai sebagai aset masyarakat setempat.  Di wilayah penelitian, masing-masing kelompok nelayan memiliki awig-awig (peraturan yang dikelola oleh komunitas lokal dan didasarkan pada adat istiadat dan budaya Bali) sangat ditaati oleh nelayan dan masyarakat pesisir setempat.
·      Owners: Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pariwisata, Dinas Perdagangan dan Perindustrian, pemerintahan desa dan kecamatan dan instansi terkait lainnya yang berfungsi mengembangkan masyarakat setempat
·      Environment: kondisi lingkungan setempat perlu diperhatikan seperti kebijakan lokal apakah mendukung atau tidak terhadap program pemberdayaan masyarakat pesisir.
Sebagai sebuah sistem sosial, masyarakat pesisir tentunya memiliki struktur sosial tertentu, dan dikenalnya status dan peran pada tiap anggota masyarakat.  Strategi komunikasi pembangunan pada masyarakat bersifat spesifik untuk tiap wilayah, setiap upaya perubahan perlu mempertimbangkan berbagai faktor seperti masalah sosial ekonomi, kondisi fisik lingkungan (sumber daya alam), dan sumber daya manusia secara umum (termasuk agen pembaharu).  Unsur-unsur yang terlibat dalam komunikasi pembangunan berubah-ubah dan harus diantisipasi secepatnya.  Perubahan merupakan proses alamiah yang tidak bisa dihindari dan harus terjadi pada sesuatu, individu atau masyarakat sebagai reaksi atau adaptasi pada kondisi yang dihadapi. Proses perubahan pada masyarakat pesisir dalam konteks perubahan sosial ke arah yang lebih baik berkaitan dengan transformasi struktur dan interaksi sosial dari sebuah masyarakat (Horton & Hunt dalam Garcia 1985) dan merupakan variasi atau modifikasi dalam pola organisasi sosial atau subkelompok dalam masyarakat atau pada keseluruhan masyarakat itu sendiri (Panopio, Cordero, & Raymund dalam Garcia 1985).  Dengan demikian, kendala-kendala yang dihadapi dan masalah yang timbul diantaranya adalah adanya keinginan untuk mempertahankan status quo (reluctant to change) oleh sekelompok masyarakat yang dapat mempengaruhi proses perubahan.  Sebagai mana diketahui, dalam teori adopsi-inovasi ada tahapan yang dilalui jika suatu ide baru diterapkan dan proses itu merupakan proses mental.  Setiap tahap akan memerlukan waktu, pemikiran dan respon yang berlainan (awareness, interest, trial, evaluation dan keputusan apakah menolak ataukah menerima inovasi (pembaharuan – ide atau teknologi baru).  Guna mengantisipasi hal ini, maka sangat relevan bagi agen pembaharu untuk menerapkan pendekatan penyuluhan yang tepat sesuai dengan tahapan komunikasi yang sedang berlangsung di masyarakat (Gambar 3). 


Terdapat tiga pilihan metode pendekatan atau kombinasi ketiganya yang dapat digunakan dalam pelaksanaan program ketahanan pangan, yaitu:
1.       Pendekatan perorangan, misalnya kegiatan kunjungan perorangan, konsultasi ke rumah, penggunaan surat atau telpon, dan magang.
2.       Pendekatan kelompok, misalnya kursus tani-nelayan, demonstrasi cara atau hasil, kunjungan kelompok, karyawisata, diskusi kelompok, ceramah, pertunjukan film, slide, karyawisata, penyebaran brosur, buletin, folder, liptan, asah terampil, sarasehan, rembug utama atau madya, temu wicara, temu usaha, temu karya dan temu lapang.
3.       Pendekatan massal seperti pameran, Pekan Nasional (Penas), Pekan Daerah (Peda), pertunjukan film atau wayang, drama, penyebaran pesan melalui siaran radio, televisi, surat kabar, selebaran atau majalah, pemasangan poster atau spanduk dan sebagainya.

KESIMPULAN
Kondisi masyarakat pesisir dan nelayan di lokasi penelitian belum terbebas dari persoalan yang dihadapi oleh pelaku usaha kecil menengah meliputi, akses terhadap aset dan sumber-sumber modal terbatas, kebutuhan akan penguatan kelembagaan kelompok untuk pengembangan kapasitas pengelolaan sumber daya pesisir dan laut.  Peran penting komunikasi pembangunan dalam pemberdayaan masyarakat pesisir adalah menjembatani kesenjangan yang terjadi antara kondisi masyarakat saat ini dengan kondisi yang ingin dicapai melalui proses-proses komunikasi yang partisipatif, dialogis dan memotivasi. 
Strategi komunikasi pembangunan untuk wilayah pesisir  hendaknya spesifik lokasi, dengan mempertimbangkan hal-hal berikut: (i) Program pembangunan perlu menjaga keseimbangan antara pembangunan fisik dan non fisik, tidak hanya mengejar pertumbuhan, tetapi harus menanamkan modal manusia untuk masa depan; (ii) Pesan-pesan dalam komunikasi pembangunan tersebut ditentukan berdasarkan kebutuhan masyarakat nelayan dan ditransformasikan kepada masyarakat melalui metode-metode yang relevan dengan situasi dan kondisi setempat, (iii) Diperlukan perencanaan yang matang dalam rancang bangun strategi komunikasi pembangunan, melibatkan peran serta masyarakat pesisir dan stakeholders terkait dalam proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga tindak lanjut dan  (iv) Sinkronisasi dan koordinasi antar stakeholders terkait dengan masyarakat pesisir dapat menjamin keberlanjutan program pembangunan dan mendorong terwujudnya struktur sosio-ekonomi masyarakat lokal yang kuat.

DAFTAR PUSTAKA

Adnan  SBA, Nurul Alam SM, Brustinow  A.  1995.  People’s Participation.  NGOs and the Flood Action Plan. Dalam J. N. Pretty. Regenerating Agriculture.  London:  Earthscan Publication Ltd.
Amanah  S. 1996.  A Learner-Centred Approach to Improve Teaching and Learning Process in Agricultural Polytechnic in Indonesia. Thesis.  Australia: University of Western Sydney. 
Amanah S,  Fatchiya A, Dewi  S.  2004.  Pemodelan Penyuluhan Perikanan Pada Masyarakat Pesisir Secara Partisipatif.  Laporan Penelitian Hibah Bersaing X.  IPB, Bogor.
Amanah S, Yulianto G. 2002.  Profil Penyelenggaraan Penyuluhan Perikanan Menunjang Kinerja DKP di Era Globalisasi.  Jakarta: STP (dulu AUP).
Amanah S.  2007.  Kearifan Lokal dalam Pengembangan Komunitas Pesisir.  Bandung: CV. Citra Praya.
Bowling CJ, Brahm BA. 2002.  Shaping Communities through Extension Programs.  Journal of Extension, June 2002 Volume 40 Number 3.  http://www. joe.org/joe 2002june/a2.html.
Dahuri R. 2000.  Pendayagunaan Sumber Daya Kelautan Untuk Kesejahteraan Rakyat (Kumpulan Pemikiran DR. Ir. Rokhmin  Dahuri, MS).  Jakarta:  LISPI (Lembaga Informasi dan Studi Pembangunan Indonesia) bekerjasama dengan DIrektorat Jenderal Pesisir, Pantai dan Pulau-Pulau Kecil, Dep. Eksplorasi Laut dan Perikanan. 
Dinas Kelautan dan Perikanan Buleleng. 2003.  Data Perikanan Kabupaten Buleleng Tahun 2002.  Singaraja: Dinas Kelautan dan Perikanan.
Direktur Jenderal Perikanan, 2000.  Visi dan Misi Pembangunan Perikanan.  Jakarta: Dep. Perikanan dan Ilmu Kelautan.
Donnermeyer, Joseph F, Plested BA, Edwards RW, Oetting G, Littlethunder L.  1997.  “Community Readiness and Prevention Programs.”  Journal of the Community Development Society, Vol. 28. No.1: 65-83.
Douglah M, Sicilima N.  1997.  A Comparative Study of farmers’ Participation in Two Agricultural Extension Approaches in Tanzania.  Journal of International Agricultural and Extension Education.  Volume 4, Number1, Spring 1997
Dube SC. 1976.  Development Change and Communication in India.  Dalam Schramm, W dan Lerner, D.(editors).  Communication and Change: The Last Ten Years – and The Next.  Honolulu: An East-West Center Book, The University Press of Hawaii.
Checkland  P.  1984.  Systems Thinking, System Practice.  Chichester: John Wiley & Sons.
Garcia MB. 1985.  Sociology of Development: Perspective and Issues.  Philippines: National Book Store, Inc.
Hanson AJ.  1984.  Coastal Community: International Perspectives.  Paper Presented at the 26 th Annual Meeting of the Canadian Commission for UNESCO, St John’s Newfoundland, 6 th June 1984.
Harris  EM. 1996.  The Role of Participatory Development Communication as a Tool of Grassroots Nonformal Education: Workshop Report. Dalam Guy Bessette and C.V. Rajasunderam (Editor). Participatory Development Communication: A West African Agenda. The International Development Research Centre: Science for Humanity.  
Kemmis, Stephen, Mac.Taggart, Robin.  1988. The Action Research Planner. Melbourne: Deakin University Press. 
Kifli GC. 2007.   Strategi Komunikasi Pembangunan pada Komunitas Dayak di Kalimatan Barat. Forum Penelitian Agro Ekonomi.  Vol. 25 No. 2,  Desember 2007 : 117 – 125
Mubyarto SL, Dove M.  1984.  Nelayan dan Kemiskinan.  Jakarta: Rajawali.
Nasution  Z. 2002.  Komunikasi Pembangunan: Pengenalan Teori dan Penerapannya. Edisi Revisi. Jakarta: Divisi Buku Perguruan Tinggi PT RajaGrafindo Persada.
Nikijuluw V.  2002.  Rezim Pengelolaan Sumber Daya Perikanan. Jakarta: Kerjasama Pusat Pemberdayaan dan Pembangunan Regional (P3R) dengan PT Pustaka Cidesindo.
Payne M.  1997.  Modern Social Work Theory.  Edisi Kedua.  London: MacMillan Press Ltd.
Pretty JN.  1995.  Regenerating Agriculture.  London:  Earthscan Publication.
Rogers EM.  1994.  The Diffusion Process. Edisi Keempat.  New York: The Free Press.
Satria A.  2000. Dinamika Modernisasi Perikanan, Formasi Sosial dan Mobilitas Nelayan.  Humaniora Utama Press, Bandung.
________.  2001.  Sosiologi Masyarakat Pesisir.  Jakarta:  PT Pustaka Cidesindo.
Shumsky A.  1988.  Cooperation in Action Research:  A Rationale.  Dalam Kemmis, S dan R. McTaggart (eds).  The Action Research Reader.  Victoria, Melbourne: Deakin University Press.
Simpson I. 1993.  Rural Extension – A Change in Emphasis.  Proceedings of the Workshop: Defining/redefining Extension Practice Science Leaders’Group.  Goulburn:  NSW Agriculture.
Soediyanto. 1997.  Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SLPHT) sebagai Salah Satu Alternatif model Penyuluhan untuk Mendukung Pembangunan Pertanian di Awal Datangnya Millenium Baru.  Presentasi Pertemuan Penyegaran Pemandu Lapangan. Malang: Univ. Brawijaya.
Van den Ban AW, Hawkins HS. 1989. Agricultural Extension.  London: Elsevier.
Waskita D. 2005. Komunikasi Pembangunan untuk Pemberdayaan.  Jurnal Organisasi dan manajemen.  Vol 1. No. 1, September  2005.



loading...

0 Response to "KUMPULAN CONTOH MAKALAH KOMUNIKASI PERAN KOMUNIKASI DALAM PEMBERDAYAAN MASYARAKAT PESISIR"

Post a Comment