BAB I
PEMBAHASAN
PELAKSANAAN TINDAKAN DALAM PTK
1. Pengertian Pelaksanaan Tindakan
Pelaksanaan tindakan adalah proses implementasi dari
kegiatan perencanaan dalam proses belajar mengajar.
Pelaksanaan tindakan ini mengacu kepada proses kegaiatan
belajar mengajar yang diadakan di dalam kelas setelah melalui perencanaan dan
perancangan yang cukup matang sehingga menimbulkan kerunutan dalam penyampaian
materi di dalam kelas. Pelaksanaan ini mengacu kepada proses peningkatan
prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode-metode atau tema kepedulian
seperti small group dan lain
sebagainya.
2. Pelaksanaan Tindakan
Jika perencanaan yang telah dirumuskan sebelumnya
merupakan perencanaan yang cukup matang, maka proses tindakan semata-mata
merupakan pelakasanaan perencanaan itu. Namu, kenyataan dalam praktik tidak
sedrhana yang dipikirkan. Oleh karena itu, pelaksanaan tindakan boleh jadi
berubah atau dimodifikasi yang dilakukan terlalu jauh menyimpang. Jika
perencanaan yang telah dirumuskan tidak dilaksanakan, maka guru hendaknya
merumuskan perencanaan kembali sesuai dengan fakta baru yang diperoleh.
Sesuai dengan contoh permasalahan yang diuraikan
sebelumnya, maka tindakan dapat dilakuakan sesuai dengan berikut. Pertama-tama
guru menyajikan permasalahan kepada siswa. Selanjutnya, dia bisa memenuhi
pembelajaran dengan langkah-langkah sesuai dengan model Problem-based Learning.
Jika perencanaan telah menetapkan pelaksanaan asesmen kinerja diadakan setiap
kali pertemuan, lakukanlah asesmen kinerja tersebut dengan seksama. Hasil
asesmen dianalisis sekaligus diberi komentar pada masing-masing konsep yang
menjadi materi kinerja para siswa. Komentar hendaknya menyatakan nilai
kuantitatif pada setiap tahap yang dikehendaki secara logis. Komentar berikut
nilai dikembalikan kepada siswa untuk dibahas pada pertemuan berikutnya. Agar
waktunya efisien, maka diadakan identifikasi kesalahfahaman siswa sekaligus
dapat dikelompokkan jenis-jenis kesalahfahaman tersebut. Setelah pembahasan
hasil asesmen tersebut selesai, mulailah pembelajaran tema baru, dan demikian
seterusnya.
3. Contoh Tema Kepedulian Penerapan Metode Small Group
Metode Small
Group adalah metode diskusi yang dilakukan secara berkelompok antar siswa
dengan pemberian materi oleh guru kemudian adanya proses timbal balik berupa
pertannyaan dan jawaban (guru dengan siswa, siswa dengan guru).
Dengan langkah kegiatan seperti
1.
Guru menyampaikan materi.
2.
Guru membagikan lembar kerja siswa (LKS).
3.
Siswa mengomentari dan menjawab LKS.
4.
Guru melakukan penilaian terhadap pelaksanaan diskusi
dengan format penilaian yang sudah ada.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Jadi
sesuai dengan contoh permasalahan yang di uraikan sebelumnya, maka tindakan
dapat di lakukan sebagai berikut;
pertama-tama guru menyajikan permasalahan kepada siswa. Selanjutnya,
guru bisa memulai pembelajaran dengan langkah-langkah sesuai dengan model
PROBLEM BASIC LEARNING. Jika perencanaan
telah menetapkan pelaksanaan asesmen kerja diadakan tiap kali pertemuan,
lakukanlah asesmen kinerja tersebut dengan seksama.
Penerapan
metode juga dapat dilakukan dengan metode Small
Group, dengan pelaksanaan yang terencana dan proses penilian dengan mengisi
format penilaian.
DAFTAR PUSTAKA
1.
Soeharto Karti dkk, 2003, TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, SIC. Surabaya.
2.
Suprayekti, 2004, INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR, Edisi
ke-2, LPMP Nusa Tenggara Barat. Mataram.
3.
Mandala Halus, 2011, METODOLOGI PENELITIAN TINDAKAN
KELAS, Universsitas Muhammadiyah Mataram. Mataram.
loading...
0 Response to "PENGERTIAN PELAKSANAAN TINDAKAN DALAM PTK"
Post a Comment