https://ylx-4.com/fullpage.php?section=General&pub=234891&ga=a

PENGERTIAN PELAKSANAAN TINDAKAN DALAM PTK



BAB I
PEMBAHASAN
PELAKSANAAN TINDAKAN DALAM PTK



1.      Pengertian Pelaksanaan Tindakan
Pelaksanaan tindakan adalah proses implementasi dari kegiatan perencanaan dalam proses belajar mengajar.
Pelaksanaan tindakan ini mengacu kepada proses kegaiatan belajar mengajar yang diadakan di dalam kelas setelah melalui perencanaan dan perancangan yang cukup matang sehingga menimbulkan kerunutan dalam penyampaian materi di dalam kelas. Pelaksanaan ini mengacu kepada proses peningkatan prestasi belajar siswa dengan menggunakan metode-metode atau tema kepedulian seperti small group dan lain sebagainya.

2.      Pelaksanaan Tindakan
Jika perencanaan yang telah dirumuskan sebelumnya merupakan perencanaan yang cukup matang, maka proses tindakan semata-mata merupakan pelakasanaan perencanaan itu. Namu, kenyataan dalam praktik tidak sedrhana yang dipikirkan. Oleh karena itu, pelaksanaan tindakan boleh jadi berubah atau dimodifikasi yang dilakukan terlalu jauh menyimpang. Jika perencanaan yang telah dirumuskan tidak dilaksanakan, maka guru hendaknya merumuskan perencanaan kembali sesuai dengan fakta baru yang diperoleh.
Sesuai dengan contoh permasalahan yang diuraikan sebelumnya, maka tindakan dapat dilakuakan sesuai dengan berikut. Pertama-tama guru menyajikan permasalahan kepada siswa. Selanjutnya, dia bisa memenuhi pembelajaran dengan langkah-langkah sesuai dengan model Problem-based Learning. Jika perencanaan telah menetapkan pelaksanaan asesmen kinerja diadakan setiap kali pertemuan, lakukanlah asesmen kinerja tersebut dengan seksama. Hasil asesmen dianalisis sekaligus diberi komentar pada masing-masing konsep yang menjadi materi kinerja para siswa. Komentar hendaknya menyatakan nilai kuantitatif pada setiap tahap yang dikehendaki secara logis. Komentar berikut nilai dikembalikan kepada siswa untuk dibahas pada pertemuan berikutnya. Agar waktunya efisien, maka diadakan identifikasi kesalahfahaman siswa sekaligus dapat dikelompokkan jenis-jenis kesalahfahaman tersebut. Setelah pembahasan hasil asesmen tersebut selesai, mulailah pembelajaran tema baru, dan demikian seterusnya.

3.      Contoh Tema Kepedulian Penerapan Metode Small Group
Metode Small Group adalah metode diskusi yang dilakukan secara berkelompok antar siswa dengan pemberian materi oleh guru kemudian adanya proses timbal balik berupa pertannyaan dan jawaban (guru dengan siswa, siswa dengan guru).
Dengan langkah kegiatan seperti
1.      Guru menyampaikan materi.
2.      Guru membagikan lembar kerja siswa (LKS).
3.      Siswa mengomentari dan menjawab LKS.
4.      Guru melakukan penilaian terhadap pelaksanaan diskusi dengan format penilaian yang sudah ada.


BAB III
 PENUTUP
KESIMPULAN
Jadi sesuai dengan contoh permasalahan yang di uraikan sebelumnya, maka tindakan dapat di lakukan sebagai berikut;  pertama-tama guru menyajikan permasalahan kepada siswa. Selanjutnya, guru bisa memulai pembelajaran dengan langkah-langkah sesuai dengan model PROBLEM BASIC  LEARNING. Jika perencanaan telah menetapkan pelaksanaan asesmen kerja diadakan tiap kali pertemuan, lakukanlah asesmen kinerja tersebut dengan seksama.
Penerapan metode juga dapat dilakukan dengan metode Small Group, dengan pelaksanaan yang terencana dan proses penilian dengan mengisi format penilaian.


DAFTAR PUSTAKA

1.      Soeharto Karti dkk, 2003, TEKNOLOGI PEMBELAJARAN, SIC. Surabaya.
2.      Suprayekti, 2004, INTERAKSI BELAJAR MENGAJAR, Edisi ke-2, LPMP Nusa Tenggara Barat. Mataram.
3.      Mandala Halus, 2011, METODOLOGI PENELITIAN TINDAKAN KELAS, Universsitas Muhammadiyah Mataram. Mataram.

loading...

0 Response to "PENGERTIAN PELAKSANAAN TINDAKAN DALAM PTK"

Post a Comment