https://ylx-4.com/fullpage.php?section=General&pub=234891&ga=a

PENTING DIKETAHUI SEMUA GURU, INI PERUBAHAN PENILAIAN DALAM KURIKULUM 2013



Assalamualaikum, WR, WB. Selamat malam rekan-rekan sekalian.

Penerapan Kurikulum 2013 (K-13) mulai tahun ajaran 2016/2017 bakal berubah dibanding sebelumnya. Di antara perubahan terjadi pada penilaian pada skala nilai dan aspek sikap.
“Memang terjadi beberapa poin yang berbeda. Hal itu menyusul setelah adanya revisi terhadap K-13,” ujar Penanggung Jawab Bidang Akademik Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah, Mulyadi HP saat bertemu wartawan, di sela-sela Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru Sekolah Dasar (SD) di SD Negeri (SDN) Kleco 1 Solo, Senin (27/6).

Jika sebelumnya skala nilai dalam K-13 adalah 4 untuk nilai tertinggi dan 1 untuk nilai terendah, maka ke depan, menurut Mulyadi, skala nilai yang diterapkan adalah 0 sampai 100. Perbedaan lainnya terkait penilaian aspek sikap, yakni jika sebelumnya setiap mata pelajaran (Mapel) harus membuat nilai dari tiga aspek, meliputi sikap, pengetahuan, dan keterampilan, ke depan, khusus untuk penilaian aspek sikap adalah semua Mapel digabung menjadi satu.

“Kalau K-13 yang lalu setiap Mapel harus membuat tiga nilai yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan, maka yang sekarang, setiap Mapel hanya menilai dari aspek pengetahuan dan keterampilan,” jelasnya.

Penilaian tersebut, menurut Mulyadi, mengacu pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendjkbud) No. 53/2015 tentang Penilaian oleh Pendidik. Ketentuan tersebut juga berlaku untuk penilaian di jenjang SMP, SMA, dan SMK.

Pelatihan Kurikulum 2013, menurut Mulyadi, akan berlangsung hingga Sabtu (2/7). Kegiatan tersebut diikuti sebanyak 192 guru, terdiri atas 76 guru Kelas I, 76 guru Kelas IV, dan 40 guru agama. Mereka berasal dari 26 SD yang mulai menerapkan K-13 Tahun Ajaran 2016/2017 ini. Pelatihan tersebut atas kerja sama LPMP Jawa Tengah dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Solo.

Sumber : timlo

Sekian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
loading...

0 Response to "PENTING DIKETAHUI SEMUA GURU, INI PERUBAHAN PENILAIAN DALAM KURIKULUM 2013"

Post a Comment