DAMPAK BERMAIN GAME BAGI PELAJAR
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Di zaman Globalisasi ini, para pelajar
dari SD sampai SMA yang sangat di gemari adalah “Game”.Pada zaman dahulu game –
game sudah ada tapi game yang tidak perlu mengeluarkan biya / listrik.
Contoh game tradisional:main
kelereng,main petak umpet, baksodor dan yang lainnya,dengan seiring
perkembangan tahun, game – game tradisonalpun mulai di tinggalkan oleh kalangan
pelajar.
Yang mereka gemari sekarang ini ,
adalah game –game yang moderen
seperti:Game Online, game yang di rental – rental yang di sebut plestesion,
maupu game- game yang ada di Hp.Dan di tiap – tiap kota maupun desa, banyak
terdapat tempat game, game online maupun plestesion.Dan akibat para pelajar
yang serig bermai game – game moderen akan mwnjadikan pelajar menjadi
malas untuk melakukan kegiatan –
kegiatannya sehari hari.
B. RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang di atas, peneliti membuat rumusan masalah yang
berisi sebagai berikut:
1.Apa pengertian game ?
2.Apa dampak dari bermain game bagi
pelar ?
C. TUJUAN PENELITIAN`
Kami meneliti ini, bertujuan untuk memberi motifasi kepada para pelajar
yang sering bermain game moderen.
D. MANFAAT PENILITIAN
Agar para pelajar dapat mengetahui
apa saja dampak dalam bermain game moderen.
BAB
II
KAJIAN
PUSTAKA
A.PENGERTIAN GAME
Di dalam KBBI Main
berarti:melakukan permainan untuk menyenangkan hati . Dalam pengertian yang
luas game berarti:”Hiburan”sementara game dapat di artikan :sebagai arena
keputusan dan aksi pemainnya andang ismail (2009:26)menuturkan bahwa permainan ada 2 pengertian yaitu:
1.Permainan adalah sebuah aktivitas
bermain yang murni mencari kesenangan tanpa mencari menang / kalah.
2.Pemain adalah sebagai aktivitas
bermain yang di lakukan dalam rangka mencari kesenangandan kepuasan .
> Menurut Kimpraswil (dalam
As’adi Muhammad 2009:26)
Mengatakan bahwa definisi permainan
adalah : usaha oleh diri (oleh pikiran dan oleh fisik) yang sangat
bermanfaatbagi peningkatan dan
pengembangan motivasi, kinerja, dan
prestasi dalam melaksanakan tugas dan kepentingan organisasi dengan lebih baik.
>Menurut Joan Fream dan Utami munadar(dalam andang
ismail2009:27) mendefinisikan permainan sebagai suatu aktivitas yang membantu
anak mencapai perkembangan yang utuh, baik fisik intelektual, social, moral dan
emosional.
3
> Menurut Hans Daeng(dalam
andang ismail, 2009:17) sebagian mutlak dari kehidupan anak dan permainan
merupakan bagian integral dari proses pembentukan kepribadian anak.
> Sejarah
dari game yang pertama muncul dari ATARI 2.600 merupakan console game
yang sukses di masanya di rilis pada Oktober 1977 game elektronik pada generasi
ke 2 muncul ATARI 7800 konsol di rilis pada juni 1986.Game berasal dari kata bahasa
inggris yang memiliki arti :dasar permainan. Permaina dalam hal menuju pada
pengertian “kelincahan intelektual”.
Di dalam WIKIPEDIA BAHASA INDONESIA, “Permainan” adalah
sebuah aktivitas rekreasi dengan tujuan bersenang – senang, mengisi waktu
luang.
BAB
III
METODE
PENELITIAN
A.Teknik Penelitian
Teknik yang di gunakan dalam penelitian ini adalah dengan wawancara,
wawancara adalah:suatu cara untuk mengumpulkan data dengan mengajukan
pertanyaan langsung kepada seorang informan atau seorang autoritas atau seorang
ahli yang berwewenang dalam suatu masalah .
B. Rancangan Waktu
1.Massa
Persiapan :21
- 28 Januari 2012
2.Massa
Penelitian Lapangan :20 -
21Februari 2012.
3.Massa
Pengolahan Data :8 - 15 Februari 2012.
4.Massa
Penyusun Laporan :16 - 23 Februari 2012.
C. Sampel
Jumlah sempel penelitian kami, 8 orang pelajar MIM dan MTsM Tempurrejo.
D.Instrumen Penelitian
Istrumen Penelitian ini, kami melakukan pertama kali berupa pertanyaan –
pertanyaan yang berkaitan dengan permainan game.
E. Prosedur Penelitian
1. Membuat daftar pertanyaan
2. Lngkah selanjutnya wawancara
3. Mencatat hasil wawancara.
5
BAB
IV
DAMPAK
BERMAIN GAME
A.Dampak Bermain Game
Dampak yang akan dirasakan bagi pemain
game :
1.Iama kelamaan mata akan terasa sakit
2.Kepala akan terasa pusing
2.Kepala akan terasa pusing
3.Kaki akan terasa sakit (kesemutan)
4. Leher terasa sakit
B.Hasil Penelitian
Para pelajar yang kami wawancarai
kebanyakan sering sekali bermain game hanya satu yang menjawab tidak pernah
dari 10 sempel yang kami wawancarai rata-rata mereka bermain sampai 2 jam, perjamnya mereka harus mengeluarkan
uang Rp 2000.00 / jam ada juga yang mengaku bermain sampai 4 jam mereka
mengatakan bahwa bermai game itu sangat
ngasyikkan dan untuk hiburan karena mereka merasa bosan di rumah, orang tua
mereka tidak melarang mereka untuk bermain game. Mereka bermain game 1 minggu
sekali, 1 bulan 2 kali. Setelah bermain
game tidak merasakan keluhan apapun tetapi, ada juga yang Merasakan pegal –
pegal ataupun matanya sakit karena, terlalu lama bermain game, Mereka biasanya
bermain game
di
rental game dekat dengan rumah mereka, uang di digunakan untuk bermain
game biasanya dari orang tua mereka
ataupun mereka mengumpulkan uang saku mereka, game
yang sering di mainkan oleh para pelajar adalah: sepak bola, gitar hero, balap
mobil.
6
BAB V
PENUTUP
A.Kesimpulan.
Dari
uraian diatas ,kita sebagai pelajar jangan terlalu sering bermain
Game, walaupun ada
game yang dapat memberi manfaat
bagi anak yang baru
Belajar mengenal angka, huruf dan lain-lain.
B. Saran
Seharusnya,
para pelajar hendaknya memehami bahwa mencari uang
Itu tidak mudah, dan seharusnya para remaja itu mengingat
kewajibannya
Sebagai seorang pelajar, tetapi bermain game itu boleh
saja, asal tidak
terlalu sering,
sebaiknya para pelajar beralih ke membaca buku, majalah supanya menambah ilmu
pengetahuan, belajar membaca buku pelajaran ataupun menonton tv dirumah tetapi
menonton yang ada manfaatnya saja seperti : berita, edukasen, da’ i muda
pilihan dan lainnya.
Tapi menonton tv harus tau jadwal jamny, dan jangan menonton tv terus.
7
BIODATA
PENELITI I
Nama : Fitra Rahmadhani.
Tempat tanggal
lahir : Ngawi,19 Januari 1997.
Alamat rumah : Tempurrejo kedunggudel Rt 03 Rw
02 Kec.
Widodaren
Kab. Ngawi.
Sekolah : MTsM Tempurrejo.
Cita – cita : Dokter.
Hobi : Pidato.
Nama orang tua
Ayah : Muhammad Sholeh.
Ibu :Retna Dwi
Imtihana.
Pekerjaanorang tua
Ayah : PNS.
Ibu : Swasta.
Ukuran baju : M.
Tempat Tanggal Lahir
: Ngawi, 21 desember 1996.
Alamat : Sukorejo
Banyubiru Rt 06 Rw 01.
Sekolah : MTsM tEMPURREJO
Cita – cita : Guru
Hobi : Membaca
Nama orang tua
Ayah : Suparmin
Ibu : Sarbiyah
Pekerjaan orang tua
Ayah : Petani
Ibu : Petani
Ukuran baju : M
BIODATA PENELITI III
Nama : Yohana Mariana.
Tempat Tanggal Lahir
:Ngawi, 05 juni 1997.
Alamat : Tretes.
Sekolah : MTsM Tempurrejo.
Cita – cita : Jadi orang sukses.
Hobi : Membaca komik
dan menulis.
Nama orang tua
Ayah : Daryono.
Ibu : Ida wait.
Pekerjaan orang tua
Ayah : Swasta.
Ibu : Swasta.
Ukuran baju :L
BIODATA PENELITI IV
Nama : Siti Aisah.
Tempat tanggal lahir
: Ngawi, 25 Desember 1997.
ALamat : Jenak Banyubiru Rt 02
Rw 03 Kec.
Widodaren Kab. Ngawi.
Sekolah : MTsM Tempurrejo.
Cita – cita : Guru.
Hobi : Membaca.
Nama orang tua
Ayah : Muhammad Taufik.
Ibu
: Sri Midarsi.
Pekerjaan orang tua
Ayah : Tani
Ibu : Tani.
Ukuran baju
: L
LAMPIRAN
Tanggal: 22 Februari 2012.
Wawancara I
1. Apakah anda pernah main game?
Ya.
2. Biasanya berapa jam bermain
game?
2 jam
3. Berapa biayanya?
Rp 2000 perjam jadi saya Rp 4000
4.Apa bermain gme itu mengasyikkan?
Ya.
5.Mengapa anda senang bermain game?
Karena bosan di rumah.
6.Apakah orang tua anda yidak
memarahi?
Tidak.
7.Dalam satu mionggu berapa kali?
1 kali.
8.Adakah keluhan bermain game?
Tidak.
9.Dimana tempat bermain game?
Bintang
10. Uang dari mana?
Uang saku
dikumpulkan
11.Kalau tidak dikasih jadi main?
Gak jadi
12.Permainan apa saja yang sering
anda mainkan?
Sepak bola
> Wawancara 2
1. Apakah anda pernah bermain game?
Tidak.
> Wawancara 3
1. Apakah anda pernah bermain game?
Ya.
2. Biasanya berapaa jam mainnya?
1 jam
3.Berapa biaya perjamnya?
Rp 2000.
4. Apakah bermain game itu mengasyikkan?
Ya tentu.
5. Mengapa anda senang bermain
game?
Karena bosan di rum
6. Apakah orang tua anda tidak
melarang anda?
Tidak
7. Dalam satu minggu berapa kali?
Tidak pasti (jarang)
8. Adakah keluhan setelah bermain
game?
Tidak.
9. Di mana anda biasanya bermain
game?
Rental dekat rumah.
10. Uangnya dari mana?
Orang tua.
11. Kalau tidak di kasih jadi main?
Tidak.
12. Permainan apakah yang sering
anda mainkan?
GTA.
> Wawancara 4.
1. Apakah anda pernah main game?
Ya.
2. Biasanya sampai berapa jam?
Gak pasti.
3. Berapa biaya perjamnya?
Geratis.
4. Apakah main game itu
mengasyikkan?
Ya.
5. Mengapa anda senang bermain gme?
Karena mengasyikkan.
6. Apakah orang tua anda tidak
melarang anda?
Tidak.
7. Dalam satu minggu berapa kali?
2 kli.
8. Adakah keluhan bermain game?
Ada.
9. Dimana anda biasanya bermain
game?
Di rumah.
10. Uang dari mana?
Geratis.
11. kalau tidak di beri uang jadi
main?
Jadi kan
di rumah .
12. Permainan apa yang anda
mainkan?
Super Mario.
> Wawancara 5.
1. Apakah anda pernah bermain game?
Pernah.
2. Biasanya berapa jam?
4 jam.
3. berapa biaya perjamnya?
Rp 2.500
4. Apakah bermain game itu
mengasyikkan?
Ya.
5. Mengapa anda suka bermain game?
Karena seru.
6. Apakah orang tua anda tidak melarang anda?
Kadang – kadang.
7. Dalam satu minggu berapa kali?
1 bulan 2 kali.
8. Adakah keluhan bermain gme?
Ada.
9. Dimana tempat anda bermain game?
Rental dekat rumah.
10. Uang dari mana?
Kakak saya.
11. Kalau tidak di kasih jadi main?
Jadi iyuran sama teman .
12. Permainan apa yang anda
mainkan?
Sepak bola.
> Wawancara
6.
1. Apakah anda
pernah bermain game?
Pernah.
2. Biasanya sampai berapa jam?
2 jam
3. Berapa biaya perjamnya?
Rp 4000.
4. Apakah bermain game itu
mengasykkan?
Ya.
5. Mengapa anda senang bermain game?
Menghilangkan bosan.
6. Apakah orang tua anda tidak
melarang anda?
Tidak.
7. Dalam satu minggu berapa kali?
1 kali.
8. Adakah keluhan bermain game?
Tidak.
9. Di mana biasanya bermain game?
Rental bintang.
10. Uang dari mana?
Nabung.
11. Kalau tidak di beri jadi main?
Tidak.
12. Permainan apa yang sering anda
mainkan?
Petualang, sepak bola, balap mobil..
> Wawancara7.
1. Apakah anda pernah bermain game?
Penah.
2. Biasanya sampai
berapa jam?
2 jam.
3. Berapa biaya perjamnya?
Rp 2000.
4. Apakah bermain game itu
mengasyikkan?
Ya.
5. Mengapa senang bermain game?
Menyenangkan.
6. Apakah orang tua anda tidak
melarang?
Ya.
7. Dalam satu minggu berapa kali?
Sering.
8. Adakah keluhan bermain game?
Ada
9. Dimana tempat anda bermain game?
Rental bintang.
10. Uang dari mana?
Orang tua.
11. Kalau tidak di beri jadi main?
Jadi iyuran.
12. Permaina apa yang sering anda
mainkan?
Sepak bola.
> Wawancara 8.
1. Pernahkah anda bermain game?
Pernah
2. Biasanya sampai berapa jam ?
1 jam.
3. Berapa biaya perjamnya?
Rp 2000.
4. Apakah main game itu mengasyikkan?
Ya asyik.
5. Mengapa senang bermain game?
Bosan di rumah.
6. Apakah orang tua anda tidak
melarang anda?
Ya.dimarahi.
7. Dalam satu minggu berapa kali?
Jarang.
8. Adakah keluhan bermain game?
Ada.
9. Di mana biasanya anda bermain
game?
Rental bintang.
10. Uangnya dari mana?
Uang saku di kumpulkan.
11. Kalau tidak di kasih uang jadi
main game?
Gak jadi.
12. Permainan apa yang sering anda
mainkan?
Sepak bola.
DAFTAR PUSTAKA
http// cakrawalamaya.blogspot.com/2012/03/
pengertian game-hlml.
http// bahasa.kemdiknas.go.id/kbbi/
index.php.
keraf,gorys.1979.komposisi ende flores:
Nusa Indah.
http// id.wikipedia.org/ wiki/ permainan.
loading...
0 Response to "KUMPULAN KARYA ILMIAH DAMPAK BERMAIN GAME BAGI PELAJAR TERBARU"
Post a Comment