“PENGARUH PENILAIAN
PRESTASI KERJA KARYAWAN TERHADAP PROMOSI JABATAN PADA PT BANK NEGARA INDONESIA
(PERSERO) TBK.”
BAB I
PENDAHULUAN
1.1.Latar Belakang Penelitian
Dalam menghadapi arus globalisasi sumber daya manusia
(sdm) memegang peranan yang sangat dominan dalam aktivitas atau kegiatan
perusahaan. Berhasil atau tidaknya perusahaan dalam mencapai tujuan yang
ditetapkan sebelumnya sangat tergantung pada kemampuan sumber daya manusianya
(karyawan) dalam menjalankan tugas-tugas yang diberikan kepadanya. Oleh karena
itu, setiap perusahaan perlu memikirkan bagaimana cara yang dapat dilakukan
untuk mengembangkan sumber daya manusianya agar dapat mendorong kemajuan bagi
perusahaan dan bagaimana caranya agar karyawan tersebut memiliki produktivitas
yang tinggi, yang tentunya pimpinan perusahaan perlu memotivasi karyawannya.
Salah satu caranya adalah dengan target promosi.
Promosi merupakan kesempatan
untuk berkembang dan maju yang dapat mendorong karyawan untuk lebih baik atau
lebih bersemangat dalam melakukan suatu pekerjaan dalam lingkungan organisasi atau
perusahaan.
Dengan adanya target promosi, pasti
karyawan akan merasa dihargai, diperhatikan, dibutuhkan dan diakui kemampuan
kerjanya oleh manajemen perusahaan sehingga mereka akan menghasilkan keluaran
(output) yang tinggi serta akan mempertinggi loyalitas (kesetiaan) pada
perusahaan. Oleh karena itu, pimpinan harus menyadari pentingnya promosi dalam
peningkatan produktivitas yang harus dipertimbangkan secara objektif. Jika
pimpinan telah menyadari dan mempertimbangkan, maka perusahaan akan terhindar
dari masalah-masalah yang menghambat peningkatan keluaran dan dapat merugikan
perusahaan seperti: ketidakpuasan karyawan, Adanya keluhan, tidak adanya
semangat kerja, menurunnya disiplin kerja, tingkat absensi yang tinggi atau
bahkan masalah-masalah pemogokan kerja.
Untuk dapat memutuskan imbalan
yang sepenuhnya diberikan kepada seorang karyawan atas hasil kerjanya, maka perusahaan
harus memiliki sesuatu sistem balas jasa yang tepat. Mekanisme untuk dapat
menentukan balas jasa yang pantas bagi suatu prestasi kerja adalah dengan
penilaian prestasi kerja.
Melalui penilaian prestasi
kerja akan diketahui seberapa baik Ia telah melaksanakan tugas-tugas yang
dibebankan kepadanya, sehingga perusahaan dapat menetapkan balas jasa yang
sepantasnya atas prestasi kerja tersebut.
Penilaian prestasi kerja juga
dapat digunakan perusahaan untuk mengetahui kekurangan dan potensi seorang
karyawan. Dari hasil tersebut, perusahaan dapat mengembangkan suatu perencanaan
sumber daya manusia secara menyeluruh dalam menghadapi masa depan perusahaan.
Perencanaan sumber daya manusia secara menyeluruh tersebut berupa jalur-jalur
karir atau promosi-promosi jabatan para karyawannya.
Akan tetapi tidak semua
karyawan suatu perusahaan dapat dipromosikan. Prinsip “The right man in the right place” harus dipenuhi agar perusahaan
dapat berjalan dengan efisien dan efektif. Mengingat pentingnya pengaruh
penilaian prestasi kerja ini dalam keputusan mengenai promosi karyawan, maka penulis
tertarik untuk melakukan penelitian mengenai: “Pengaruh Penilaian Prestasi Kerja Karyawan Terhadap Promosi Jabatan
pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.”
1.2.Batasan dan Rumusan Masalah
1.2.1. Batasan
Masalah
Masalah yang dibahas terbatas hanya pada proses
penilaian prestasi kerja karyawan yang berpengaruh terhadap keputusan
perusahaan untuk mempromosikan seorang karyawan Bank BNI.
1.2.2. Rumusan
Masalah
Dalam kegiatan pengambilan keputusan atau kebijakan
terhadap promosi karyawan, peran serta manajer perusahaan sangat penting.
Seorang manajer atau pimpinan perusahaan perlu mencari suatu cara terbaik agar
keputusan atau kebijakan yang mereka ambil adalah tepat.
Berdasarkan pembahasan di atas, maka perumusan masalah penelitian
ini promosi adalah:
1. Seberapa
kuat pengaruh penilaian prestasi kerja karyawan terhadap promosi jabatan
karyawan pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
2. Seberapa
erat hubungan penilaian prestasi kerja karyawan dengan promosi jabatan pada PT
Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
1.3.Tujuan Penelitian
Sesuai dengan uraian pada latar belakang dan rumusan
masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui:
a. Pelaksanaan
penilaian prestasi kerja karyawan dihubungkan dengan promosi jabatan PT Bank
Negara Indonesia (Persero) Tbk.
b. Sejauh
mana penilaian prestasi kerja karyawan yang akan dilaksanakan mempengaruhi
promosi jabatan pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk.
1.4.Manfaat Penelitian
Akan ada banyak hal positif yang dapat diambil dari
penelitian prestasi dengan promosi, yaitu antara lain bagi:
1. Umum.
Pihak-pihak lain yang terkait dalam permasalahan penilaian prestasi kerja
dan promosi jabatan, penilaian ini dapat dimanfaatkan sebagai informasi
tambahan.
2. Perusahaan.
Untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan penilaian prestasi dan promosi
yang dilakukan telah sesuai dengan yang diharapkan.
3. Karyawan.
Dengan adanya penelitian ini maka karyawan dapat memberikan
masukan-masukan yang berharga bagi penyempurnaan pelaksanaan penilaian prestasi
dan promosi jabatan, yang pada akhirnya dapat menguntungkan mereka.
4. Penulis.
·
Merupakan syarat guna memperoleh gelar sarjana
ekonomi Unika Atma Jaya
·
penelitian ini sangat membantu untuk menambah
pengetahuan dan pengalaman, selain memperdalam ilmu yang telah diperoleh di
bangku kuliah.
1.5 Sistematika Penulisan
Untuk
mempermudah dalam penyusunan skripsi secara menyeluruh dan agar mudah dipahami
tentang isi di skripsi ini, akan disusun suatu sistematika penulisan yang
terbagi atas 5 (lima) bab:
BAB I Pendahuluan
Bab ini terdiri dari 5 (lima) sub bab yang masing-masing
tersusun sebagai berikut:
- Latar Belakang Penelitian
- Pembatasan dan Rumusan Masalah
- Tujuan Penelitian
- Manfaat Penelitian
- Sistematika Penelitian
BAB II Landasan Pemikiran Teoritis
Terdiri dari 4 (empat) sub bab utama. Sub bab yang pertama
adalah tinjauan pustaka yang berisi teoritis yang relevan dengan obyek yang
diteliti. Tinjauan pustaka yang digunakan penulis, dibagi menjadi empat bagian
yaitu pengertian manajemen sumber daya manusia, pengertian penilaian prestasi
kerja karyawan, pengertian promosi, hubungan antara penilaian prestasi kerja
karyawan dengan promosi jabatan karyawan. Sub bab kedua berisi kerangka berpikir
penulis dalam penelitian ini. Sub bab ketiga akan menjelaskan model penelitian
yang akan dilakukan oleh penulis. Sub bab keempat akan menjelaskan hipotesia penelitian
yang digunakan oleh penulisoleh penulis.
BAB III Metode Penelitian
Dalam bab ketiga ini akan dibahas tentang metode
penelitian yang digunakan penulis. Bab ketiga ini terbagi menjadi empat sub
bab. Sub bab pertama akan membahas tentang waktu dan tempat penelitian. Sub bab
kedua akan membahas definisi operasional variabel. Sub bab ketiga akan
menguraikan tentang metode pengumpulan data, sedangkan sub bab keempat akan
membahas tentang pengolahan dan analisis data yang akan dilakukan penulis dalam
skripsi ini.
BAB IV Analisis dan
Pembahasan
Bab keempat ini terdiri dari tiga pokok bahasan utama. Sub
bab pertama akan membahas secara ringkas gambaran umum Bank BNI, yang terdiri
tujuh bagian yaitu sejarah singkat perusahaan, bidang usaha, struktur
organisasi, pelaksanaan penilaian prestasi kerja karyawan (PPKK), proses
kegiatan PPKK, pelaksanaan promosi jabatan, jenjang promosi jabatan. Sub bab
kedua akan memuat analisa data dan sub bab ketiga akan memuat tentang hasil dan
pembahasan.
BAB V Simpulan dan Saran
Penulis membagi bab lima yang merupakan penutup menjadi
dua sub bab. Sub bab pertama, penulis mencoba menarik kesimpulan tentang
hal-hal yang telah dibahas dalam bab-bab sebelumnya. Dalam sub bab kedua akan
diberikan masukan-masukan yang diharapkan dapat memberikan manfaat bagi Bank
BNI.
NB : BAGI SOBAT YANG
INGIN VERSI LENGKAPNYA SILAHKAN REQUSEST DI KOLOM KOMETAR, GRATIS
loading...
INGIN SKRIPSI GRATIS LAINNYA SILAHKAN KUNJUNGI TIBO SITUS
ReplyDelete