MAKALAH EKONOMI
DENGAN JUDUL
PENAWARAN BARANG
BAB I
PENDAHULUAN
Pepatah mengatakan tak kenal
maka tak sayang yang berarti besarnya bahwa untuk menyayangi sesuatu kita harus
mengenalinya ter lebih dahulu. Demikian pula dengan ilmu ekonomi harus
mengenalnya terlebih dahulu, apa sebenarnya ilmu ekonomi itu?
Ilmu ekonomi adalah
Sesuai dengan
kemajuan ilmu pengetahuan bahwa ilmu ekonomi sangat berguna dan bermanfaat
dalam kehidupan sehari-hari.
Demikian ilmu pengatahuan
menempatkan kedudukannya sejajar dengan ilmu lain. Jadi tidak heran apabila suatu saat berhasil
ditemukan metode-metode baru dan teknologi baru. Karena iptek masih akan harus
berkembang dan di kembangkan.
1.1 Latar
Belakang
Makalah ekonomi ini penulis susun berdasarkan buku pegangan ekonomi
Yang bermanfaat bagi manusia
seperti penawaran barang.
Penawaran barang merupakan
suatu hal yang positif yang ada didalam kehidupan sehari-hari, untuk itu setiap
orang tentu mengenal apa itu penawaran barang. Semoga dengan diuraikannya
keterangan pada pembaca dan dapat memahami lebih dalam.
1.2 Permasalahan
Makalah
Adanya Hukum Penawaran
Dari segi penawaran
hasil menunjukkan bahwa antara harga dan jumlah barang yang ditawarkan
mempunyai hubungan yang erat. Hubungan tersebut akhirnya dirumuskan menjadi
hukum penawaran yang berbunyi
“Perubahan harga mempunyai
pengaruh yang sejalan dengan perubahan penawaran”
1
Maksudnya waktu harga barang naik, penawaran ikut naik,
apabila harga barang
turun, penawarn ikut turun,
1.3 Tujuan
Penulis mempunyai tujuan dalam makalah ekonomi yaitu agar para pembaca
dapat mengatahui latar belakang proses penawaran barang dan cara-caranya.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Penawaran Barang
Penawaran barang adalah jumlah barang atau jasa tertentu yang akan
dijual pada waktu dan tingkat harga tertentu. Jumlah tersebut merupakan
gabungan penawaran barang tertentu dari seluruh produsen yang terdapat di daerah
tertentu.
2.2 Jenis Penawaran
a. Penawaran Individu.
Penawaran Individu adalah penawaran yang dilakukan oleh suatu barang
produsen atau penjual.
b. Penawaran Pasar.
Penawaran Pasar adalah penjumlahan penawaran individu.
2.3 Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penawaran.
a.
Harga barang atau jasa.
b.
Harga input atau biaya produksi.
Harga input turut mempengaruhi kuantitas yang ditawarkan. Ketika tenaga kerja, modal, bahan baku, dan bahan pembantu naik. Produsen akan
terdorong akan mengurangi kuantitas yang
ditawarkan karena menanggung biaya yang lebih besar.
c. Teknologi Produksi
Teknologi produksi yang digunakan ikut mempengaruhi kuantitas yang
ditawarkan sehingga mempengaruhi penawaran.
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Penawaran barang sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual pada
berbagai tingkat harga dan dalam waktu tertentu, misalnya per hari, perbulan,
dan pertahun, maka dari itu penulis menyimpulkan bahwa barang yang ditawarkan
bisa berbeda dengan jumlah yang benar-benar dijual.
3.2 Saran
Demikianlah makalah ini saya susun dengan baik. Semoga dapat bermanfaat
bagi pembaca. Penulis menyadari makalah ini masih banyak kekurangan, maka
penulis mengharapkan saran dan kritik yang bersifat membangun untuk
menyempurnakan makalah ini.
DAFTAR
PUSTAKA
Dra. Hj.
Sukwiati, Drs. H. Sudirman Jamal, Drs Slamet Sukamto. Ekonomi SMA kelas X Edisi Pertama Cetakan Kedua
November 2007
loading...
0 Response to "KUMPULAN MAKALAH EKONOMI TENTANG PENAWARAN BARANG"
Post a Comment