PENGARUH
HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ALKOHOL ONE MED DI KOTA SEMARANG
(Studi Kasus pada CV. Global Surya Medica)
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Setiap perusahaan dituntut
untuk siap menghadapi persaingan bisnis yang semakin ketat dengan
perusahaan-perusahaan lain dari seluruh dunia untuk menghadapi globalisasi yang
sering dikatakan era dunia tanpa batas. Dengan
demikian lingkungan yang dihadapi suatu perusahaan juga akan menjadi semakin
kompleks. Secara nasional walaupun ekspor merupakan salah satu jenis usaha yang
dapat memberikan tambahan/ pemasukan devisa negara, namun kompleksitas
persaingan yang dihadapi perusahaan tersebut akan memaksa setiap perusahaan
untuk selalu berusaha meningkatkan pelayanannya terhadap konsumen.
Dalam persaingan bisnis yang bebas ini, syarat agar suatu perusahaan dapat
sukses dalam persaingan tersebut adalah berusaha mencapai tujuan untuk
menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka
setiap perusahaan harus dapat menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa
yang diinginkan konsumen sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.
Demikian halnya dengan produk alkohol One med di
CV. Global Surya Medika Semarang, harus berusaha keras untuk memenangkan
persaingan agar bisa selalu dihati konsumen.
Pada CV. Global Surya Medica yang mengelola pemasaran
produk alat kesehatan dari PT. Intisumber Hasil Sempurna yang memproduksi alat
kesehatan One med yang termasuk
didalamnya adalah alkohol telah menawarkan produknya dengan harga yang cukup
bersaing dibandingkan dengan perusahaan distributor yang lain. Namun, dikarenakan
kurang tepatnya strategi promosi yang diterapkan oleh CV. Global Surya Medika, karena
stragegi promosi yang digunakan tidak menggunakan konsep promotional mix
melainkan hanya menggunakan sales door to door sehingga penjualan produk alkohol
One med selalu berfluktuasi bahkan cenderung mengalami penurunan.
Data Penjualan Produk One Med
CV. Global Surya Medica tahun 2006
No
|
Bulan
|
Omset Penjualan
(Rupiah)
|
Target
(Rupiah)
|
1
|
Januari
|
18.265.700
|
25.000.000
|
2
|
Februari
|
19.506.550
|
25.000.000
|
3
|
Maret
|
17.640.750
|
30.000.000
|
4
|
April
|
18.680.000
|
30.000.000
|
5
|
Mei
|
19.564.250
|
30.000.000
|
6
|
Juni
|
18.574.650
|
35.000.000
|
7
|
Juli
|
17.950.450
|
35.000.000
|
8
|
Agustus
|
18.875.050
|
35.000.000
|
9
|
September
|
18.564.550
|
40.000.000
|
10
|
Oktober
|
18.560.550
|
40.000.000
|
11
|
Nopember
|
17.640.000
|
40.000.000
|
12
|
Desember
|
17.450.550
|
40.000.000
|
Sumber : Data Penjualan CV.
Global Surya Medica
Berdasarkan data tersebut diatas dapat diketahui bahwa volume penjualan
produk alkohol One Med di CV. Global
Surya Media mengalami staknasi bahkan mengarah pada penurunan.
Fokus perhatian manajemen pemasaran adalah pelanggan dan pesaing. Dalam
mekanisme perusahaan dan pesaing berlomba-lomba menghasilkan dan menawarkan “Value“ bagi pelanggannya dan perusahaan
yang berhasil mengikat seorang pelanggan adalah perusahaan yang berhasil
menyajikan superior value.
Dalam persaingan bisnis yang bebas ini, syarat agar suatu perusahaan dapat
sukses dalam persaingan tersebut adalah berusaha mencapai tujuan untuk
menciptakan dan mempertahankan pelanggan. Agar tujuan tersebut tercapai, maka
setiap perusahaan harus dapat menghasilkan dan menyampaikan barang dan jasa
yang diinginkan konsumen sesuai dengan kebutuhan dan keinginannya.
Para pengusaha sebagai produsen tidak saja
sekedar bertugas untuk menciptakan suatu produk atau jasa semata, tetapi juga
disertai kemampuan untuk mengetahui kebutuhan-kebutuhan konsumen akan suatu
produk atau jasa. Pengusaha berlomba-lomba untuk mencari faktor-faktor yang
mempengaruhi konsumen dalam memilih suatu produk dan menyusun strategi
pemasaran yang tepat, sehingga dapat mendominasi pasar yang ada. Menurut
Dharmmesta (1997), keberhasilan perusahaan menjalin hubungan dengan pelanggan,
sehingga dapat bertahan dalam jangka panjang dan dapat mempertahankan hubungan
dengan pelanggan secara berkesinambungan merupakan suatu keunggulan kompetitif
bagi perusahaan tersebut.
Sedangkan dari pihak konsumen
sendiri dituntut untuk semakin kritis dalam memilih barang kebutuhannya, karena
begitu banyak pilihan di pasaran. Salah satu upaya untuk mengenali keadaan
konsumen yang menjadi sasaran penjualan adalah dengan mempelajari bagaimana
prilaku mereka dalam membeli suatu barang atau produk tertentu. Pada dasarnya
setiap kegiatan pembeliaan yang nyata merupakan salah satu tahap dari
keseluruhan proses mental dan kegiatan-kegiatan fisik lainnya yang terjadi dalam
proses pembelian pada suatu periode waktu serta pemenuhan kebutuhan tertentu.
Umumnya sebelum perilaku membeli terjadi didahului oleh adanya minat atau
keinginan untuk membeli yang didorong oleh suatu motif tertentu. Minat membeli
antara individu yang satu dengan yang lain tidak selalu sama dan dipengaruhi
oleh banyak faktor. Di samping itu saat ini pihak konsumen lebih rasional dan
lebih cermat dalam melakukan pembelian serta mengumpulkan informasi mengenai
suatu produk atau barang yang akan dibelinya serta pemilihan tempat di mana
pembelian tersebut akan dilakukan.
Sehingga permasalahan yang timbul
yaitu keputusan pembelian produk alkohol One
Med dipengaruhi oleh harga, promosi dan kualitas produk. Dari segi harga
ternyata produk yang ditawarkan dari alkohol One Med lebih mahal daripada produk pesaing, dari segi promosi yang
digunakan hanya mengandalkan sales door to door, kualitas produk yang
dihasilkan masih kalah dengan produk pesaing.
Sehubungan dengan banyaknya persaingan dibidang alat-alat kesehatan yang
ada di pasaran, maka CV. Global Surya Medica yang
merupakan salah satu distributor yang mengelola pemasaran produk alat kesehatan
trmasuks alkohol dari PT. Intisumber Hasil Sempurna di Semarang mengantisipasi
persaingan tersebut dengan memperhatikan beberapa hal yang berhubungan dengan
peningkatan pemasaran produk alkohol One
med antara lain dengan menawarkan harga yang bersaing dibandingkan dengan
distributor yang lain namun hal tersebut belum didukung dengan strategi promosi
yang tepat.
Berdasarkan uraian di atas maka dalam penelitian ini digunakan judul : “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas terhadap Keputusan Pembelian Produk alkohol
One Med di Kota Semarang”.
B.
Rumusan Masalah
Atas dasar
uraian diatas, maka penting kiranya dilakukan suatu penelitian secara empiris
yang mampu memberikan jawaban atas pertanyaan faktor –faktor apa yang
mempengaruhi keputusan pembelian alkohol, dapat dirumuskan permasalahan sebagai
berikut :
1. Ada pengaruh
antara harga terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med.
2. Ada pengaruh antara
promosi terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med.
3. Ada pengaruh
antara kualitas terhadap keputusan pembelian produk alkohol One med.
4. Aada
pengaruh antara harga, promosi, dan kualitas secara simultan terhadap keputusan
pembelian produk alkohol One med.
C.
Tujuan Dan Kegunaan Penelitian
Adapun
tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut:
1.
Untuk
menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian produk
alkohol One med..
2.
Untuk
menganalisis pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian produk
alkohol One med.
3.
Untuk
menganalisis pengaruh kualitas terhadap keputusan pembelian produk
alkohol One med.
4.
Untuk
menganalisis pengaruh harga, strategi promosi dan kualitas secara simultan
terhadap keputusan pembelian produk alkohol One
med..
Adapun kegunaan
penelitian ini adalah :
1.
Bagi
Perusahaan yang Memproduksi/menjual Produk Alat-alat kesehatan
Dapat memberikan masukan kepada pihak manajemen perusahaan guna menentukan
langkah yang lebih tepat dalam pengembangan strategi pemasaran.
2. Bagi
Penulis
Dapat memberikan tambahan pengetahuan dan memperluas khasanah mengenai
ilmu-ilmu pemasaran terapan secara praktis.
3. Bagi Ilmu
Pengetahuan
Dapat memberikan ide-ide untuk penelitian kembali pada penelitian yang akan
datang.
NB : BAGI
SOBAT YANG INGIN VERSI LENGKAPNYA SILAHKAN REQUEST DI KOLOM KOMENTAR ,,
loading...
0 Response to "CONTOH SKRIPSI EKONOMI MANAJEMEN LENGKAP PENGARUH HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS "
Post a Comment