RENCANA
PELASANAAN PEMBELAJARAN 1
(RPP)
Nama Sekolah :
MTs.Al-Intishor
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Smter : VII (Tujuh) / 1
Alokasi Waktu : 5x40 menit(2 x pertemuan)
Standar Kompetensi :Memahami
makana dalam teks fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar :1.
Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek
sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
2.
Merespon makana gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsioanal pendek
sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungana terdekat.
Indikator : Merespon ungkapan-ungkapan
-
Sapaan
orang yang sudah/belum dienal
-
Perkenalan
diri sendiri dan orang lain
-
Perintah
/larangan
-
Meminta
dan memberi informasi.
-
Terima
kasih
-
Permintaan
ma’af
-
Kesantunan.
A.
Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pembelajaran ini, siswa di harapkan mampu
:
1.
Mendiskripsikan sapaan orang yang sudah/belum dikenal
2. Membedakan
perkenalan diri sendiri dan orang lain.
3. Memahami
perintah/larangan
4. Menjelaskan
bagaimana meminta dan memberi informasi.
5. Mengucapkan
terima kasih
6. Mengungkapkan
kata-kata permintaan ma’af
7. Mengungkapkan
kesantunan
B.
Materi Pembelajaran
1. Percakapan-percakapan singkat memuat ungkapan-ungkapan
berikut:
a.
A:
Good morning, how are you?
B:
Fine, thanks, Nice to meet you.
b.
A;
hello, I’m icha. What is your name?
B:
Hi, I’m eva. Nice to meet you.
c.
A:
Adit, clean the blackboard!
B:
Alright. Sir.
d.
A:
Don’t ever cheat
B:
Yes. Sir.
e.
A:
Where is my dictionary
B:
It’s in the bookshelf.
f.
A:
Thanks for the book.
B:
You’re welcome.
g.
A:
I’m sorry for coming late,sir.
B:
Okay. But don’t be late again next time.
h.
A:
Please come in.
B:
Alright, thanks.
2.
Kosakata
terkait tema atau jenis teks. Misalnya,buy, name, live, address.
3.
Kata
kerja: live, study, cheat, do, have, stop,
4.
To
be: am, is, are.
5.
Personal
pronoun: I, you we, they, she, he, it.
6.
Ungkapan
baku: Good morning, thanks. Ok, sorry, nice to meet you, how are you?
C. Metode Pembelajaran
Three-phase
technicque
D.
Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan.
a.
Apresepsi
b.
Tanya
jawab berbagai hal terkait kondisi siswa
c.
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang identitas diri, anggota keluarga, dan
pekerjaan orang tua.
2.
Kegiatan
pertama
a.
Membahas
kata sulit yang digunakan dalam text
b.
Mendengarkan
dan menirukan kalimat-kalimat yang diucapkan guru
c.
Menentukan
makna dan fungsi kalimat yang didengar
d.
Mendengarkan
percakapan-percakapan terkait ungkapan materi yang sedang dipelajari
e.
Menjawab
atau merespon pertanyaan
3.
Kegiatan kedua
a. Mendengarkan dan merespon introduction
tentang meminta dan memberi informasi
ungkapan terima kasih, permintaan
maaf,kesantunan
b. memerehatikan kosa kata dan tata bahasa yang
kemungkinan muncul dalam materi
c. mendengarkan percakapan tentang memberi
informasi,permintaan maaf dan
kesantunan.
d. menjawab dan merespon pertanyaan berdasarkan
materi yang didengarkan
4. Kegiatan
Penutup
a.
Menanyakan
kesulitan siswa selama PBM.
b.
Menyimpulkan
materi pembelajaran
c.
Menugaskan
siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari dalam situasi
yang sesungguhnya.
E.
Sumber Belajar
1.LKS
2.learning
English grammar untuk SMP.SMA dan umum
F.
Penilaian
1.
Teknik:
tes lisan tes tulis,unju kerja.
2.
Bentuk:
merespon ungkapan-ungkapan lisan, pilihan ganda, melengkapi.
3.
Instrumen
a.
repeat what your teacher read based on the text
in the morning the sun begins to rise.
Rizka’s mother wakes her up and says,”good morning, dear. please got up and
prepare to go to school.”
Rizka come home from school in the
afternoon. She greets her mother, good afternoon, mum”. Rizka’s father gets
back from work. Rizka greets him, good evening, dad”. At night, after studying
rizka feels sleepy, she wants to go to bed and before sleeping she says, good
night, mum and dad.”
b.
Listen to the expression and give your response
c.
listen to the teacher and complete the dialogue with the phrase in the
box!
1.
fauzan meets his friend,agus ,in front of the offece.
Fauzan :hi!,
agus
Agus :(…….)how
are you
Fauzan :(……….)and
you?
Agus :(…………)
2.
mr. aris :good evening, mr. egi
Mr. egi :(……….),mr.aris
Mr. aris :(how
about our program next Monday?
Mr. egi :(I
think everything is right
Mr. aris :ok!
That’s nice, good bye, mr. egi
Mr. egi :(………..),mr.
aris, see you next Monday
Mr. aris :(………..)
2.
Pedoman
Penilaian.
·
untuk tiap nomor, tiap jawaban
benar skor 2
·
jumlah skor maksimal 5 x2 = 10
·
nilai maksimal = 10
·
nilai siswa = skor
perolehan X 10
skor
maksimal
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran Mahasiswa PPL
L.SATRIAWAN.S.Pd WIRMANDI
KANTAPRAWIRA
NIP. NIM.10812.0507
Kepala
Sekolah
RATNAWATI, S.Pdi
NIP.
RENCANA
PELASANAAN PEMBELAJARAN 2
(RPP)
Nama Sekolah :
MTs. Al.Intishor
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/ Smter : VII (Tujuh) / 1
Alokasi Waktu : 5x40 menit(2 x pertemuan)
Standar Kompetensi :Memahami
makana dalam teks fungsional pendek sangat sederhana untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
Kompetensi Dasar :1.
Merespon makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek
sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat.
2.
Merespon makana gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsioanal pendek
sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungana terdekat.
Indikator : Merespon makna dalam teks lisan
fungsional pendek berupa:
1.
Instruksi
2.
Daftar
benda/barang
3.
Ucapan
selamat
4.
Pengumuman
.
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi pembelajaran ini, siswa di harapkan mampu
:
1.
Memahami intruksi
2.
Memahami daftar benda/barang
3.
Memahami ucapan selamat
4.
Memahami pengumuman
B. Materi Pembelajaran/Teknik
1.
Percakapan-percakapan
singkat memuat ungkapan-ungkapan berikut:
a.
Keep
closed
d. well done.
b.
Things
to buy: sugar, flour, meat, butter. e.
announcement
c.
Congratulation
2.
Kosakata
terkait tema atau jenis teks. Misalnya,buy, congratulate,
3.
Kata
kerja: live, study, cheat, do, have, stop,
4.
Personal
pronoun: I, you we, they, she, he, it.
5.
Possessive
pronoun: mine, yours, ours, hers, his, its.
6.
Possessive
adjective: my, your, our, her, his, its.
7.
Ungkapan
baku: congratulation? Announcement.
C. Metode Pembelajaran
Three-phase
technicque
D. Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran
1. Kegiatan Pendahuluan.
a.
Apresepsi
b.
Tanya
jawab berbagai hal terkait kondisi siswa
c.
Siswa
menjawab pertanyaan-pertanyaan guru.
2.
Kegiatan pertama
a. Membahas kosa kata dan
tata bahasa yang berkaitan dengan teks fungsional.
b.
Memerhatikan
kosakata dan tata bahasa yang mungkin muncul dalam makna yang tersurat dalam
ungkapan-ungkapan fungsional pendek.
c.
Mendengarkan
dan merespon percakapan sesuai materi.
d.
Mengidentifikasi
makna gagasan teks lisan fungsional pendek terkait dengan topik materi.
e.
Menjawab
pertanyaan tentang struktur percakapan, makna gagasan yang terdapat gagasan
materi teks fungsional pendek lisan yang
disampaikan.
3.
Kegiatan kedua
a. Mendengarkan dan merespon makna yang tersurat
dalam ungkapan-ungkapan
fungsional pendek.
b.
Memerhatikan
kosakata dan tata bahasa yang mungkin muncul dalam makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan fungsional
pendek.
c.
Mendengarkan
teks lisan fungsional pendek terkait dengan topic materi terkait
d.
Mengidentifikasikan
teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi
e.
Menjawab
pertanyaan tentang makna gagasan yang terdapat dalam materi teks.
4.
Kegiatan Penutup
a.
Menanyakan
kesulitan siswa selama PBM.
b.
Menyimpulkan
materi pembelajaran
c.
Menugaskan
siswa untuk menggunakan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari dalam situasi
yang sesungguhnya.
E. Sumber Belajar
1. LKS
2.
Learning English grammar untuk SMP,SMA dan umum
F. Penilaian
1. Teknik: tes lisan, tes tulis, unjuk kerja.
2 .Bentuk: pertanyaan,
benar salah.
3. Instrumen
a. Listen to the teacher and complete with
the sentences in the box!
1.
MR. hadi : good afternoon mr. john
Mr. john :(…………)mr.
hadi .you look tired
Mr. hadi :yes,
there are many works today, good bye.
Mr. john :(…………)see
you tomorrow
Mr. hadi :(…………)
2.you
meet your teacher in a supermarket .in the evening
You :
(………..), ma’am
Teacher :
(……..)how everiting with you?
You :I’m
fine thanks and you?
Teacher :fine,thank
you
a.good
afternoon c. good bye e. good evening
b.see
you d. good evening
putri
|
b. Listen to the teacher and complete the
sentences
4. Pedoman
Penilaian.
·
untuk tiap nomor, tiap jawaban
benar skor 2
·
jumlah skor maksimal 5 x2 = 10
·
nilai maksimal = 10
·
nilai siswa = skor
perolehan X 10
skor maksimal
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran Mahasiswa PPL
L. SATRIAWAN, S.Pd WIRMANDI
KANTAPRAWIRA
NIP.
NIM.10812.0507
Kepala
Sekolah
RATNAWATI,
S.Pdi
NIP.
loading...
0 Response to "DOWNLOAD RPP BAHASA INGGRIS KELAS 7, 8 ,9 SMP DAN SMA LENGKAP"
Post a Comment