PEMBELAJARAN
TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
(TIK)
OLEH GURU-GURU SMA NEGERI SE-KABUPATEN
KENDAL
DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2006
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Di
Indonesia masalah pendidikan memerlukan perhatian yang khusus. Pendidikan
merupakan masalah yang sangat penting dalam setiap usaha pembaharuan sistem
pendidikan nasional. Hal ini ditujukan agar masyarakat Indonesia nantinya siap
untuk menghadapi perkembangan dan perubahan secara terus menerus sebagai
akumulasi respon terhadap permasalahan yang terjadi selama ini serta pengaruh
perubahan global, perkembangan ilmu teknologi serta seni dan budaya. Berkaitan
dengan hal ini maka dibutuhkan adanya kurikulum. Kurikulum adalah seperangkat
rencana dan pengaturan mengenai tujuan, kompetensi dasar, materi standar, dan
hasil belajar, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelengaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar dan tujuan pendidikan.(
Mulyasa, 2006 : 46 ). Berdasarkan PP nomor 19 tahun 2005 maka saat ini berlaku
kurikulum 2006 dengan model
Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang merupakanpenyempurnaan dari KBK. Pada
kurikulum KTSP, meskipun pemerintah pusat sudah menetapkan standar nasional
pendidikan yang terdiri dari delapan aspek pendidikan yang harus distandarkan
yaitu terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga
kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan pembiyaan dan penilaian,
pendidikan. Namun dalam pelaksanaanya perlu diselengarakan danmdiadaptasikan
dengan kondisi sekolah, masyarakat, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi , terutama teknologi informasi yang berkembang pesat bersamaan dengan
era globalisasi. Agar sekolah dapat melaksanakan KTSP secara efektif dan
efisien, maka perlu dipahami prinsip-prinsip yang ada dalam KTSP diantaranya.,
1.
Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik
dan lingkunganya.
2.
Keragaman dan Keterpaduan.
3.
Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
4.
Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
5.
Menyeluruh dan berkesinambungan.
6.
Belajar sepanjang hayat.
7.
Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
(BNSP,
2006 : 5-7)
Salah
satu cara yang digunakan oleh sekolah untuk mencapai harapan di atas
adalah dengan memberlakukan PelajaranTeknologi Informasi dan Komunikasi
(TIK), Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan
untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya
perkembangan tersebut. Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktekan
dan dikuasai oleh peserta didik sedini mungkin. Peserta didik juga diharapkan
mampu dan memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan
global yang ditandai dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi
perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang
hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil dari teknologi komunikasi adalah
peserta didik dapat belajar secara cepat. serta dapat memanfaatkannya untuk
proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan
lingkungan dan dunia kerja. Pelajaran
TIK mulai diberlakukan pada SMA mulai tahun 2004. Alasan pemerintah
mengadakan pelajaran TIK yaitu memasuki abad ke-21, bidang teknologi
informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat yang dipicu oleh
temuan dalam bidang rekayasa material mikro elektronika. Perkembangan
ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan
perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung pada teknologi dan
informasi dan komunikasi.
Berdasarkan
pengalaman selama ini, berhasil tidaknya mata pelajaran TIK
pada tingkat SMA biasanya guru merupakan faktor penting dan besar pengaruhnya
terhadap proses hasil belajar, sedangkan pada kenyataanya saat ini
belum ada lembaga pendidikan atau Perguruan Tinggi (Kependidikan) yang
mencetak atau menghasilkan tenaga pendidik TIK, padahal pemberlakuan
mata pelajaran TIK sudah dimulai sejak tahun 2004 yang seharusnya
guru tersebut berasal dari lulusan jurusan kependidikan. Hal demikian
dikarenakan guru tersebut harus benar- benar menguasai segala sesuatu yang ada
didalam proses pembelajaran. Namun fakta yang terjadi dilapangan menunjukan hal
sebalikanya, guru-guru yang bertugas disekolahsekolah kebanyakan bukan berasal
dari jurusan kependidikan yang semestinya. Saat ini, mata pelajaran TIK
diajarkan oleh guru yang dianggap mempunyai kompetensi untuk mengajarkannya dan
sebagian yang lain diajarkan oleh guru-guru yang terlikuidasi seperti tata
boga, tata busana, elektronika, ketrampilan jasa, ketrampilan mengetik. Akibat
dari hal ini maka kemampuan setiap guru relatif tidak sama dan pada akhirnya
berdampak pada mutu pendidikan TIK kurang merata dan hasilya tidak bisa
semakasimal mungking. Sehingga hal demikian menimbulkan tanda tanya besar
apakah
guru-guru
TIK tersebut benar-benar berkompeten dibidangnya. Oleh karena itu agar segala
kendala yang terjadi dalam proses pembelajaran TIK dapat diatasi, dan sesuai
dengan Kurikulum 2006. Maka salah satunya guru dituntut untuk menguasai sarana
dan prasara pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2006. Selain itu agar pembelajaran
dapat berhasil, guru hendaknya memiliki beberapa kesiapan diantaranya
menyiapkan proses pembelajaran, memahami dan menguasai standar kompetensi,
memahami peserta didik, mengunakan metode yang bervareasi, mampu mengeliminasi
bahan-bahan yang kurang penting, mengikuti perkembangan pengetahuanya mutahir,
dapat memotifasi peserta didik, menghubungkan pengalaman yang lalu dengan
kompetensi yang akan dikembangkan. ( Mulyasa: 2006 : 164 ). Meskipun demikian
guru hendaknya harus mampu mengkondisikan pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK) tetap harus dilaksanakan sebaik mungkin agar mampu memenuhi
kebutuhan nasional dan daerah. sehingga dapat dilaksanakan secara efektif dan
efisien. Sebagai tindakan nyata dari program Kurikulum 2006, guru dituntut untuk
dapat merealisasikan program tersebut kepada peserta didik sesuai
dengan
peraturan yang berlaku. Namun, persoalanya adalah sampai manakah kesiapan guru dalam
pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh guru-guru SMA negeri Se-
Kabupaten Kendal dalam pelaksanaan kurikulum 2006.
B.
Identifikasi Masalah
Berdasarkan
latar belakang masalah seperti di atas maka masalah dapat di identifikasikan
sebagai berikut : Kemampuan guru TIK yang relatif tidak sama berdampak pada
hasil pendidikan kurang merata serta pencapaian hasil pendidikan yang kurang optimal.
1.
Kurikulum 2006 dengan model KTSP perlu dilaksanakan karena dapat
memaksimalkan
potensi yang ada pada siswa serta disesuaikan dengan kebutuhan daerah dan
nasional.
2.
Pemahaman guru tentang Kurikulum 2006 dengan model KTSP harus ditingkatkan guna
memperlancar jalanya pendidikan.
3.
Belum adanya Perguruan tinggi yang pencetak tenaga pengajar TIK mengakibatkan
hasil pendidikan TIK yang kurang merata.
4.
Dengan adanya tuntutan profesi sebagai guru, bagaimanapun juga guru harus mampu
mengkondisikan pembelajaran sebaik mungkin.
5.
Dengan pemberlakuan Kurikulum 2006 dengan model KTSP hendaknya guru mampu
meningkatkan kinerja dan kualitas pendidikan.
C.
Rumusan Masalah
Adapun
rumusan masalah yang diajukan adalah “ seberapakah kesiapan guru dalam pembelajaran Teknologi Informasi
dan Komunikasi oleh guruguru SMA negeri Se- Kabupaten Kendal dalam pelaksanaan
kurikulum 2006.
D.
Tujuan Penelitian
Tujuan
Umum
1.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapakah kesiapan guru dalam
pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh guru-guru SMA negeri Se- Kabupaten
Kendal dalam pelaksanaan kurikulum 2006. Tujuan Khusus
2.
Mengetahui Kesiapan pemahaman dan penguasaan yang tinggi tentang kompetensi
dasar TIK
3.
Mengetahui kesiapan dalam proses pembelajaran meliputi penyusunan perencanaan,
pelaksanaan pembelajaran, evaluasi, kemampuan menganalisis dan menyusun program
perbaikan dan pengayaan.
4.
Mengetahiu kesiapan yang tinggi dalam memanfaatkan sarana dan prasarana penunjang
pelajaran TIK.
E.
Manfaat Penelitian
a.
Manfaat Teoritis
Hasil
Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan ilmu
pengetahuan terutama yang berhubungan pembelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi (TIK). Selain itu juga dapat memberikan Pemahaman terhadap guru –guru
tentang pengetahuan mengenai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
b.
Manfaat Praktis
Bagi
Lembaga
1.
Sebagai sumbangan pemikiran untuk pembelajaran TIK tingkat SMA di Kabupaten
Kendal.
Bagi
guru
2.
Bagi guru bidang studi Teknologi Informasi dan Komunikasi, sebagai masukkan
untuk mengembangkan koprofesionalannya dalam pelajaran TIK khususnya pada
tingkat SMA pada Kabupaten Kendal.
Bagi
penulis
3.
Bagi penulis, sebagai tugas akhir memperoleh gelar Strata I jurusan Kurikulum
Teknologi Pendidikan pada Universitas Negeri Semarang yang berkaitan dengan
prospek kerja dan wawasan kependidikan.
F.
Penegasan Istilah
Agar
istilah yang digunakan dalam judul penelitian ini tidak menimbulkan kesalahan
penafsiran atau salah presepsi dalam mengartikan maka perlu adanya penegasan
istilah yang digunakan.
1.
Tingkat Kesiapan : Sudah sampai manakah taraf mengenai sesuatu tindakan. ( 1077
: 20 ) Disini lebih ditekankan sampai manakah taraf kesiapan guru bidang studi TIK
untuk melaksanakan program KTSP.
2.
Guru : Semua orang yang berwenang dan bertanggung jawab untuk membimbing dan
membina anak didik baik secara individual maupun klasikal, disekolah maupun
diluar sekolah.
3.
Dalam pelaksanaan : Mengarah pada tindakan mengenai suatu hal (223 : 2002)
4.
KTSP : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
5.
Bidang studi TIK : Ruang lingkup Pembelajaran untuk mata pelajaran TIK, disini
yang dimakasud dengan TIK adalah mata pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi
6.
Pada SMA Negeri : Menunjukan jenjang pendidikan tingkat atas yang berstatus
negeri, yang digunakan sebagai tempat penelitian.
7.
Se- Kabupaten : Menunjukan status wilayah tingkat II dalam suatu negara.
8.
Kendal : Suatu nama sebuah Kabupaten dipropensi jawa tengah. Menjelaskan bahwa
penelitian dilakukan pada guru bidang studi TIK pada SMA Negeri se-Kabupaten
KENDAL Atas dasar pengertian –pengertian tersebut maka dapat disimpulkan maksud
dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahuai kesiapan guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2006
khusus guru bidang studi TIK pada SMA Negeri diseluruh Kabupaten KENDAL.
NB : BAGI SOBAT YANG INGIN VERSI
LENGKPNYA BISA REQUEST DI KOLOM KOMENTAR TERIMA KASIH
loading...
Gan saya butuh banget nih referensi yang ini CONTOH KUMPULAN SKRIPSI TIK LENGKAP 2013 PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) OLEH GURU-GURU SMA" ..please kirim di alamat email aku: amka.surfnet@gmail.com
ReplyDeletethanks ya..
mphon dikirim ke Email saya dgn judul ANALISIS KINERJA KEUANGAN BERBASIS TIK (Teknologi Imformasi dan Komunikasi).
ReplyDeleteaqerseker@yahoo.com
mkasi.
butuh bgt krim kan dong k email q kimimaruogomi@yahoo.com
ReplyDeletemakasih
butuh bgt krim kan dong k email q kimimaruogomi@yahoo.com
ReplyDeletemakasih
butuh bgt bro. tolong kirim k email saya eivan.riyadi@yahoo.com
ReplyDeletesangat butuh gan tlong y share ke dayafirmana@yahoo.co.id
ReplyDeletesangat butuh gan tlng share ke dayafirmana@yahoo.co.id
ReplyDeleteTolong gan kirimkan contoh yang lengkap untuk referensi sy.. Terima kasih sebelumnya. . . . .
ReplyDeleteEmail : zainuddinsaputra@ymail.com
tolong kirim ke email saya susi.mislawati@yahoo.com
ReplyDeletelagi perlu banget ne..
makasih
butuh bgt gan, mohon dikirim ke a.kuadrat@yahoo.com
ReplyDeletetlong kirim k andrianidesi71@yahoo.co.id
ReplyDeletebtuh bgt nih. thanks.
wah boleh juga ni buat nambah referensi... kirim kan ke nuzulridwan2303@gmail.com, thank sebelumnya
ReplyDeleteBos Minta Dong kumpulan skripsi Pendidikan TIK
ReplyDeleteemail febycr5@gmail.com
mas bro Minta Dong kumpulan skripsi Pendidikan TIK
ReplyDeleteemail : Tajudinnuryudien@yahoo.com
butuh banget gan lengkapnya dikirim ya,ke e-mailku andybeamese@gmail.com
ReplyDeletemohon ya gan butuh banget ni...
mohon kirim gan skripsi TIK ke email saya
ReplyDeletesadeva17@gmail.com
terima kasih....
butuh bgt krim kan dong contoh skripsi tik lainnya, beserta lanjutan dari yg diatas buat referensi ke rita.aprilliani05@gmail.com
ReplyDeletemksih bnyk sblmnya ...
saya minta tolong kirimkan contoh skripsi tik yg fersi lengkapnya ke alamat ini
ReplyDeleteputrasetyawan20@gmail.com