https://ylx-4.com/fullpage.php?section=General&pub=234891&ga=a

CONTOH KUMPULAN SKRIPSI TIK LENGKAP 2013 PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) OLEH GURU-GURU SMA

PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
(TIK) OLEH GURU-GURU SMA NEGERI SE-KABUPATEN
KENDAL DALAM PELAKSANAAN KURIKULUM 2006


BAB I
PENDAHULUAN


A. Latar Belakang Masalah
Di Indonesia masalah pendidikan memerlukan perhatian yang khusus. Pendidikan merupakan masalah yang sangat penting dalam setiap usaha pembaharuan sistem pendidikan nasional. Hal ini ditujukan agar masyarakat Indonesia nantinya siap untuk menghadapi perkembangan dan perubahan secara terus menerus sebagai akumulasi respon terhadap permasalahan yang terjadi selama ini serta pengaruh perubahan global, perkembangan ilmu teknologi serta seni dan budaya. Berkaitan dengan hal ini maka dibutuhkan adanya kurikulum. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, kompetensi dasar, materi standar, dan hasil belajar, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelengaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai kompetensi dasar dan tujuan pendidikan.( Mulyasa, 2006 : 46 ). Berdasarkan PP nomor 19 tahun 2005 maka saat ini berlaku kurikulum 2006 dengan model
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), yang merupakanpenyempurnaan dari KBK. Pada kurikulum KTSP, meskipun pemerintah pusat sudah menetapkan standar nasional pendidikan yang terdiri dari delapan aspek pendidikan yang harus distandarkan yaitu terdiri atas standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan pembiyaan dan penilaian, pendidikan. Namun dalam pelaksanaanya perlu diselengarakan danmdiadaptasikan dengan kondisi sekolah, masyarakat, serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi , terutama teknologi informasi yang berkembang pesat bersamaan dengan era globalisasi. Agar sekolah dapat melaksanakan KTSP secara efektif dan efisien, maka perlu dipahami prinsip-prinsip yang ada dalam KTSP diantaranya.,
1. Berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan dan kepentingan peserta didik dan lingkunganya.
2. Keragaman dan Keterpaduan.
3. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
4. Relevan dengan kebutuhan kehidupan.
5. Menyeluruh dan berkesinambungan.
6. Belajar sepanjang hayat.
7. Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah.
(BNSP, 2006 : 5-7)
Salah satu cara yang digunakan oleh sekolah untuk mencapai harapan di atas adalah dengan memberlakukan PelajaranTeknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), Mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dimaksudkan untuk mempersiapkan peserta didik agar mampu mengantisipasi pesatnya perkembangan tersebut. Mata pelajaran ini perlu diperkenalkan, dipraktekan dan dikuasai oleh peserta didik sedini mungkin. Peserta didik juga diharapkan mampu dan memiliki bekal untuk menyesuaikan diri dalam kehidupan global yang ditandai dengan perubahan yang sangat cepat. Untuk menghadapi perubahan tersebut diperlukan kemampuan dan kemauan belajar sepanjang hayat dengan cepat dan cerdas. Hasil dari teknologi komunikasi adalah peserta didik dapat belajar secara cepat. serta dapat memanfaatkannya untuk proses belajar yang pada akhirnya dapat mengadaptasikan peserta didik dengan lingkungan dan dunia kerja. Pelajaran TIK mulai diberlakukan pada SMA mulai tahun 2004. Alasan pemerintah mengadakan pelajaran TIK yaitu memasuki abad ke-21, bidang teknologi informasi dan komunikasi berkembang dengan pesat yang dipicu oleh temuan dalam bidang rekayasa material mikro elektronika. Perkembangan ini berpengaruh besar terhadap berbagai aspek kehidupan, bahkan perilaku dan aktivitas manusia kini banyak tergantung pada teknologi dan informasi dan komunikasi.
Berdasarkan pengalaman selama ini, berhasil tidaknya mata pelajaran TIK pada tingkat SMA biasanya guru merupakan faktor penting dan besar pengaruhnya terhadap proses hasil belajar, sedangkan pada kenyataanya saat ini belum ada lembaga pendidikan atau Perguruan Tinggi (Kependidikan) yang mencetak atau menghasilkan tenaga pendidik TIK, padahal pemberlakuan mata pelajaran TIK sudah dimulai sejak tahun 2004 yang seharusnya guru tersebut berasal dari lulusan jurusan kependidikan. Hal demikian dikarenakan guru tersebut harus benar- benar menguasai segala sesuatu yang ada didalam proses pembelajaran. Namun fakta yang terjadi dilapangan menunjukan hal sebalikanya, guru-guru yang bertugas disekolahsekolah kebanyakan bukan berasal dari jurusan kependidikan yang semestinya. Saat ini, mata pelajaran TIK diajarkan oleh guru yang dianggap mempunyai kompetensi untuk mengajarkannya dan sebagian yang lain diajarkan oleh guru-guru yang terlikuidasi seperti tata boga, tata busana, elektronika, ketrampilan jasa, ketrampilan mengetik. Akibat dari hal ini maka kemampuan setiap guru relatif tidak sama dan pada akhirnya berdampak pada mutu pendidikan TIK kurang merata dan hasilya tidak bisa semakasimal mungking. Sehingga hal demikian menimbulkan tanda tanya besar apakah
guru-guru TIK tersebut benar-benar berkompeten dibidangnya. Oleh karena itu agar segala kendala yang terjadi dalam proses pembelajaran TIK dapat diatasi, dan sesuai dengan Kurikulum 2006. Maka salah satunya guru dituntut untuk menguasai sarana dan prasara pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2006. Selain itu agar pembelajaran dapat berhasil, guru hendaknya memiliki beberapa kesiapan diantaranya menyiapkan proses pembelajaran, memahami dan menguasai standar kompetensi, memahami peserta didik, mengunakan metode yang bervareasi, mampu mengeliminasi bahan-bahan yang kurang penting, mengikuti perkembangan pengetahuanya mutahir, dapat memotifasi peserta didik, menghubungkan pengalaman yang lalu dengan kompetensi yang akan dikembangkan. ( Mulyasa: 2006 : 164 ). Meskipun demikian guru hendaknya harus mampu mengkondisikan pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) tetap harus dilaksanakan sebaik mungkin agar mampu memenuhi kebutuhan nasional dan daerah. sehingga dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien. Sebagai tindakan nyata dari program Kurikulum 2006, guru dituntut untuk dapat merealisasikan program tersebut kepada peserta didik sesuai
dengan peraturan yang berlaku. Namun, persoalanya adalah sampai manakah kesiapan guru dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh guru-guru SMA negeri Se- Kabupaten Kendal dalam pelaksanaan kurikulum 2006.

B. Identifikasi Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah seperti di atas maka masalah dapat di identifikasikan sebagai berikut : Kemampuan guru TIK yang relatif tidak sama berdampak pada hasil pendidikan kurang merata serta pencapaian hasil pendidikan yang kurang optimal.
1. Kurikulum 2006 dengan model KTSP perlu dilaksanakan karena dapat
memaksimalkan potensi yang ada pada siswa serta disesuaikan dengan kebutuhan daerah dan nasional.
2. Pemahaman guru tentang Kurikulum 2006 dengan model KTSP harus ditingkatkan guna memperlancar jalanya pendidikan.
3. Belum adanya Perguruan tinggi yang pencetak tenaga pengajar TIK mengakibatkan hasil pendidikan TIK yang kurang merata.
4. Dengan adanya tuntutan profesi sebagai guru, bagaimanapun juga guru harus mampu mengkondisikan pembelajaran sebaik mungkin.
5. Dengan pemberlakuan Kurikulum 2006 dengan model KTSP hendaknya guru mampu meningkatkan kinerja dan kualitas pendidikan.

C. Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah yang diajukan adalah seberapakah kesiapan  guru dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh guruguru SMA negeri Se- Kabupaten Kendal dalam pelaksanaan kurikulum 2006.

D. Tujuan Penelitian
Tujuan Umum
1. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapakah kesiapan guru dalam pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi oleh guru-guru SMA negeri Se- Kabupaten Kendal dalam pelaksanaan kurikulum 2006. Tujuan Khusus
2. Mengetahui Kesiapan pemahaman dan penguasaan yang tinggi tentang kompetensi dasar TIK
3. Mengetahui kesiapan dalam proses pembelajaran meliputi penyusunan perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi, kemampuan menganalisis dan menyusun program perbaikan dan pengayaan.
4. Mengetahiu kesiapan yang tinggi dalam memanfaatkan sarana dan prasarana penunjang pelajaran TIK.

E. Manfaat Penelitian
a. Manfaat Teoritis
Hasil Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan dalam pengembangan ilmu pengetahuan terutama yang berhubungan pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Selain itu juga dapat memberikan Pemahaman terhadap guru –guru tentang pengetahuan mengenai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
b. Manfaat Praktis
Bagi Lembaga
1. Sebagai sumbangan pemikiran untuk pembelajaran TIK tingkat SMA di Kabupaten Kendal.
Bagi guru
2. Bagi guru bidang studi Teknologi Informasi dan Komunikasi, sebagai masukkan untuk mengembangkan koprofesionalannya dalam pelajaran TIK khususnya pada tingkat SMA pada Kabupaten Kendal.
Bagi penulis
3. Bagi penulis, sebagai tugas akhir memperoleh gelar Strata I jurusan Kurikulum Teknologi Pendidikan pada Universitas Negeri Semarang yang berkaitan dengan prospek kerja dan wawasan kependidikan.

F. Penegasan Istilah
Agar istilah yang digunakan dalam judul penelitian ini tidak menimbulkan kesalahan penafsiran atau salah presepsi dalam mengartikan maka perlu adanya penegasan istilah yang digunakan.
1. Tingkat Kesiapan : Sudah sampai manakah taraf mengenai sesuatu tindakan. ( 1077 : 20 ) Disini lebih ditekankan sampai manakah taraf kesiapan guru bidang studi TIK untuk melaksanakan program KTSP.
2. Guru : Semua orang yang berwenang dan bertanggung jawab untuk membimbing dan membina anak didik baik secara individual maupun klasikal, disekolah maupun diluar sekolah.
3. Dalam pelaksanaan : Mengarah pada tindakan mengenai suatu hal (223 : 2002)
4. KTSP : Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
5. Bidang studi TIK : Ruang lingkup Pembelajaran untuk mata pelajaran TIK, disini yang dimakasud dengan TIK adalah mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
6. Pada SMA Negeri : Menunjukan jenjang pendidikan tingkat atas yang berstatus negeri, yang digunakan sebagai tempat penelitian.
7. Se- Kabupaten : Menunjukan status wilayah tingkat II dalam suatu negara.
8. Kendal : Suatu nama sebuah Kabupaten dipropensi jawa tengah. Menjelaskan bahwa penelitian dilakukan pada guru bidang studi TIK pada SMA Negeri se-Kabupaten KENDAL Atas dasar pengertian –pengertian tersebut maka dapat disimpulkan maksud dan tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahuai   kesiapan guru dalam pelaksanaan Kurikulum 2006 khusus guru bidang studi TIK pada SMA Negeri diseluruh Kabupaten KENDAL.

NB : BAGI SOBAT YANG INGIN VERSI LENGKPNYA BISA REQUEST DI KOLOM KOMENTAR TERIMA KASIH

loading...

19 Responses to "CONTOH KUMPULAN SKRIPSI TIK LENGKAP 2013 PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) OLEH GURU-GURU SMA "

  1. Gan saya butuh banget nih referensi yang ini CONTOH KUMPULAN SKRIPSI TIK LENGKAP 2013 PEMBELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) OLEH GURU-GURU SMA" ..please kirim di alamat email aku: amka.surfnet@gmail.com
    thanks ya..

    ReplyDelete
  2. mphon dikirim ke Email saya dgn judul ANALISIS KINERJA KEUANGAN BERBASIS TIK (Teknologi Imformasi dan Komunikasi).
    aqerseker@yahoo.com
    mkasi.

    ReplyDelete
  3. butuh bgt krim kan dong k email q kimimaruogomi@yahoo.com
    makasih

    ReplyDelete
  4. butuh bgt krim kan dong k email q kimimaruogomi@yahoo.com
    makasih

    ReplyDelete
  5. butuh bgt bro. tolong kirim k email saya eivan.riyadi@yahoo.com

    ReplyDelete
  6. sangat butuh gan tlong y share ke dayafirmana@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  7. sangat butuh gan tlng share ke dayafirmana@yahoo.co.id

    ReplyDelete
  8. Tolong gan kirimkan contoh yang lengkap untuk referensi sy.. Terima kasih sebelumnya. . . . .
    Email : zainuddinsaputra@ymail.com

    ReplyDelete
  9. tolong kirim ke email saya susi.mislawati@yahoo.com
    lagi perlu banget ne..
    makasih

    ReplyDelete
  10. butuh bgt gan, mohon dikirim ke a.kuadrat@yahoo.com

    ReplyDelete
  11. btuh banget bro kirim ke
    rikowibowo58@gmail.com

    ReplyDelete
  12. tlong kirim k andrianidesi71@yahoo.co.id
    btuh bgt nih. thanks.

    ReplyDelete
  13. wah boleh juga ni buat nambah referensi... kirim kan ke nuzulridwan2303@gmail.com, thank sebelumnya

    ReplyDelete
  14. Bos Minta Dong kumpulan skripsi Pendidikan TIK
    email febycr5@gmail.com

    ReplyDelete
  15. mas bro Minta Dong kumpulan skripsi Pendidikan TIK
    email : Tajudinnuryudien@yahoo.com

    ReplyDelete
  16. butuh banget gan lengkapnya dikirim ya,ke e-mailku andybeamese@gmail.com
    mohon ya gan butuh banget ni...

    ReplyDelete
  17. mohon kirim gan skripsi TIK ke email saya
    sadeva17@gmail.com
    terima kasih....

    ReplyDelete
  18. butuh bgt krim kan dong contoh skripsi tik lainnya, beserta lanjutan dari yg diatas buat referensi ke rita.aprilliani05@gmail.com

    mksih bnyk sblmnya ...

    ReplyDelete
  19. saya minta tolong kirimkan contoh skripsi tik yg fersi lengkapnya ke alamat ini

    putrasetyawan20@gmail.com

    ReplyDelete