PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)
SMP SALAFIYAH DARUL FALAH PAGUTAN
MATARAM
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
Dengan pendidikan dapat dikatakan sebagai tugas kemanusiaan, didalamnya
berlangsung suatu proses, yaitu pembangunan manusia kearah kemanusiaan. Dengan
pendidikan diharapkan pula terwujudnya dasar manusia dengan alam, manusia
dengan Tuhan Yang Maha Esa. Karena itulah pendidikan nasional berdasarkan
Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 harus mampu membina dan meningkatkan
kemampuan berkomunikasi, kesadaran bermasyarakat, dan kesadaran lingkungan.
Untuk meningkatkan tujuan-tujuan pendidikan nasioanal yang membentuk
manusia Indonesia yang berkualitas diperlukan tenaga-enaga pengajar atau
penyelenggara dengan kriteria-kriteria dan
persyaratan tertentu. Diantara sekian banyak komponen yang terikat dalam
pengelolaan pendidikan, guru pendidik, guru harus mampu mengembangkan tugasnya,
yaitu tugas profesional, tugas kemasyarakatan dan tugas kemanusiaan.
Dalam melaksanakan tugas profesional, seorang guru diharapkan dengan
kegiatan mendidik, mengajar, dan melatih. Ketiga kegiatan itu merupakan suatu
kebulatan tekad dan keharusan untuk dilaksanakan oleh guru dengan penuh
tanggung jawab sebagai seorang guru yang kelak bergelut dalam dunia pendidikan,
mahasiswa sebagai calon guru tidak cukup hanya dengan pengetahuan teoritis.
Secara teoritis mahasiswa sebagai calon guru yang dibekali berbagai ilmu
pengetahuan yang berhubungan dengan pendidikan maupun dengan pelajaran yang
akan diajarkan, namun semua itu belum cukup sebagai bekal bagi seorang pendidik
yang profesional dan berkualitas tinggi. Bekal yang tak kalah pentingnya untuk
melengkapi hak tersebut adalah pengalaman baru sebagai aplikasi teori yang
pernah diperoleh dengan kenyataan di lapangan.
Berdasarkan uraian tersebut di atas kegiatan Praktik Pengalaman Lapangan
penting bagi seorang calon guru dengan harapan setelah selesai nanti mereka
memiliki bekal untuk memasuki dan bergelut dalam dunia kependidikan sesuai
dengan profesi masing-masing.
B. PENGERTIAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
Program Praktek Lapangan (PPL) adalah program yang memberikan kesempatan
kepada calon guru untuk mengenal lapangan yang akan menjadi profesinya Dalam
arti khusus, calon guru dapat menerapkan segala teori pengetahuan keterampilan
dan wawasan yang telah diperoleh melalui berbagai mata kuliah kedalam kelas
yang sesungguhnya.
Program Prakrik Lapangan (PPL) adalah suatu program pendidikan prajabatan
guru yang dirancang untuk melatih mahasiswa sebagai calon guru unttrk menguasai
kemanapun keguruan yang utuh dan terintegerasi, sehingga setelah selesai
pendidikannya siap secara mandiri mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai
seorang guru. Program Prakik Pengalaman Lapangan (PPL) juga merupakan suatu
program mata kuliah proses belajar mengajar yang dipersyaratkan dalam
pendidikan prajabatan guru yang dirancang secara khusus unhrk menyiapkan calon guru
agar memilki atau menguasai profesi keguruan yang terpadu secara utuh sehingga
calon guru tersebut dapat diangkat menjadi guru, yang akhirnya mereka dapat
mengemban tugas dan tanggung jawab secara profesional.
C. TUJUAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
Pada umumnya setiap usaha yang dilaksanakan sudah tentu mempunyai suatu
tujuan tertentu. Adapaun tujuan PPL ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa
sebagai calon pembimbing agar memiliki suatu pengetahuan dan pengalaman serta
keterampilan sehubungan dengan tugasnya. Tujuan PPL dapat dibagi dalam dua
bagian yaitu:
l. Tujuan umum
Setelah melaksanakan kerja lapangan mahasiswa sebagai calon guru mendapat
keterampilan, pengalaman dan pengetahuan dalam merencanakann, mempersiapkan dan
melaksanakann kegiatan sebagai calon guru mampu menyampaikan ilmu yang didapat
selama kuliah kepada siswa sehingga mengerti dan mampu memahami pelajaran yang
disampaikan.
2. Secara operasional, tujuan pelaksanaan
Praktek Pengalaman Lapangan (PPL) adalah agar mahasiswa (calon guru)
Ø Mengenal secara cermat lingkungan fisik
sekolah, administrasi serta akademik sosial sekolah sebagai tempat kerjanya
kelak
Ø Menguasai berbagai keterampilan mengaj ar
terbatas.
Ø Mampu menerapkan berbagai kemampuan
keguruan secara utuh dan terintegrasi dalam situasinya dibawah bimbingan para
pembimbing.
Ø Mampu menarik pelajaran dari penghayatan
selama latihan melalui refleksi yang merupakan salah satu ciri-ciri penting
pekerjaan yang profesional.
D.
SASARAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN
Program Pengalaman Lapangan ini ditujukan kepada semua mahasiswa Fakultas
Keguruan Dan Ilmu Pendidikan FKIP
Muhammadyah Mataram yang telah
memenuhi syarat mengambil mata kuliah PPL. Sasaran yang ingin dicapai dan
pelaksanaan Praktek Pengalaman Lapangan adalah terbentuknya pribadi calon
pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan keteranpilan nilai sikap serta
pola tingkah laku yang diperlukan bagi profesinya cakap. mampu, serta tepat
dalam penggunaan bagi penyelenggara pendidikan dan pengajaran disekolah maupun
diluar sekolah.
Selain itu calon pendidik juga harus memiliki kemampuan profesional dalam
mengajar yang meliputi kemampuan merencanakan pengajaran kegiatan belajar
mengajar dan menyusun alat penilaian serta kemampuan memberikan bimbingan dan
arahan dalam belajar serta dapat melaksanakan tugas administrasi sekolah.
E.
MANFAAT PPL
Adapun
manfaat y'ang diperoleh dari kegiatan PPL antara lain :
1. Mahasiswa PPL mendapatkan pengalaman
tentang bagaimana cara melaksanakan kegiatan belajar mengajar dalamm suatu
lembaga pendidikan.
2. Mahasiswa PPL memperoleh kesempatan untuk
mempraktikkan teori yang didapatkan pada saat perkuliahan.
F.
TEMPAT DAN WAKTU
PELAKSANAAN PPL
Lokasi yang diiadikan tempat pelaksanaan Peraktek
Pengalaman Lapangan (PPL) di sekolah negeri maupunn swasta yang ditentukan oleh
fakultas yang bekerja sama dengan kepala sekolah yang menjadi tujuan tempat
praktik pelaksanaan PPL yang disetujui oleh Depdiknas kota Mataram (Dikpora
Propinsi Nusa Tenggara Barat) dalam hal ini praktik pelaksanaan PPL melalui:
1.
Nama
sekolah SMP Salafyah Darul Falah.
2. System pendidikan yang berlaku yaitu
sistem pendidikan dengan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
3. Waktu pelaksanaan kegiatan PPL selama 3
(tiga) bulan yang terhitung mulai
dari tanggal 12 september – 27 desember 2011.
BAB II
RENCANA
KEGIATAN
A. PENGERTIAN
OBSERVASI
Observasi merupakan aktifitas merekam
kejadian atau peristiwa dan fenomena dengan menggunakan alat indra, rekaman
dalam observasi tidak seperti rekaman dengan kamera, atau alat elektronik,
rekaman dalam observasi telah diwarnai oleh latar belakang ilmu pengetahuandan
pengalaman orang yang melakukan observasi apa yang direkam oleh dua orang
mengenai objek yang sama belum tentu sama hasilnya.
Keterampilan observasi sangat penting
artinya bagi guru atau calon guru. Dalam melaksanakan pratek pengalaman
lapangan observasi memberikan kesempatan bagi praktikan untuk mengenal seluk
beluk lapangan kerja (situasi sekolah, kelas, dan karakteristik guru dan siswa
SMP atau SMA dan belajar memberikan balikan kepada teman-teman).
B. TUJUAN OBSERVASI
Secara umum kegiatan observasi dalam PPL
bertujuan agar praktikan memperoleh keterampilan observasi secara objektif dan
dapat menggunakan keterampilan untuk mengenal medan tempat praktik belajar
mengajar berlangsung. Secara khusus, kegiatan observasi bertujuan agar:
a.Praktikan dapat mengenal keadaan fisik
sekolah serta pengaruh terhadap interaksi belajar mengajar.
b.Praktikan mengenal karakteristik guru dan
siswa SMP-SMA dan
c. Praktikan
dapat memberikan kritik dan saran kepada sesame teman praktikan dalam upaya
bermitra menguasai keterampilan-keterampilan mengajar.
C. RUANG LINGKUP OBSERVASI
1. Sejarah Berdirinnya Smp Salafyah Darul Falah
Smp Salafyah Darul Falah
Pagutan Mataram didirikan pada tahun 2001, bantuan masyarakat, wali murid serta
jam’ah pengajian, dan legal formalnya tahun 2005, berdasarkan SK dari dinas
pendidikan kota mataram, No : 420/916/C/DIK/2005. Pendirian lembaga ini
dihayatkan untuk menampung siswa-siswi MI/SD yang sudah menamatkan (H. Zaenal
Arifin, S.Ag) kepala sekolah Smp Salafyah Darul Falah Paguatan Mataram, Tanggal
10 september 2008).
·
Letak Geografis
Smp Salafyah Darul Falah Pagutan Mataram terletak dijalan bandas sraya
No. 47 pondok indah kota mataram provinsi Nusa Tenggara Barat.
Batasan-batasan Smp Salafyah Darul Falah.
ü Sebelah utara : Jalan Raya dan
pemukiman penduduk
ü Sebelah selatan : Persawahan
ü Sebelah timur : Perkampungan penduduk presak lauk
ü Sebelah barat : persawahan
2.
Nilai-Nilai
Nilai-Nilai
yang dianut Smp Salafyah Darul Falah adalah sebagai berikut:
a.
Memiliki
sopan santun yang tinggi sesama warga dan orang lain.
b. Transparan, adanya keterbukaan
dalam.mengambil keputusan dan hubungan antar sekolah.
c. Pelayanan prima, selalu memberikan
pelayanan kepada semua stake holder sebaik-baiknya.
3.
TUGAS DAN FUNGSI
Ø Tugas :
Mendidik:
·
Sebagai
Penyelenggara Pendidikan
·
Sebagian
membentuk dan membina sikap siswa untuk memasuki lapangan kerja profesional,
mampu berkompetensi, mengembangkan diri dan mandiri.
Ø Fungsi :
·
Sebagai
tempat pelaksana.
·
Sebagai
tempat pembelajaran.
·
Sebagai
tempat pengembangan.
·
Sebagai
tempat pusdiklat.
4. VISI DAN
MISI SEKOLAH
· VISI
Terwujudnya Manusia Muslim yang Bertaqwa, berakhlaq
mulia, cakap, percaya diri, berguna bagi masyarakat dan negara.
· MISI
1.
Berprestasi dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil
belajar
2.
Meningkatkan
kualitas kurikulum pendidikan siswa/siswi SMP salafiyah Darul Falah yang islami.
3.
Menjadikan SMP Salafiya darul falah sebagai wahana
pengkaderan
4.
Berperestasi dalam pelaksanaan kegiatan terhadap Allah
SWT
5.
Adanya fasilitas, sarana dan prasarana fisik sekolah
yang memadai
6. Meningkatkan
kesejahteraan keluarga besar guru dan karyawan SMP Salafiyah Darul Falah
7. Berprestasi dalam
meningkatkan kualitas guru dalam melaksanakan tugas melalui pelatihan / MGMP
sekolah
8.
Adanya kelengkapan buku-buku dan alat – alat pendukung
Proses Belajar Mengajar yang
9. memadai
10. Berprestasi dalam
bidang seni Rebana Qasidah
D. KEADAAN
FISIK SEKOLAH
Secara umum Smp Salafyah Darul Falah
terletak di pinggiran kota, tepatnya didaerah pagutan, lumayan jauh
dengan sarana dan prasarana yang pada umumnya di butuhkan oleh masyarakat
banyak. Smp Salafyah Darul Falah juga terletak dijalan Bandas Raya No.47
Pagutan Presak Barat Mataram. Sekolah ini cukup nyaman dan sejuk, karena
disekitarnya dekat dengan persawahan dan perumahan (BTN).
E. SARANA DAN PRASARANA
Sarana dan prasarana merupakan faktor pendukung dalam kegiatan belajar
mengajar. Tanpa adanya sarana dan prasarana kegiatan belajar mengajar tidak
akan dapat berjalan dengan baik. Sarana dan prasarana sarana dan prasarana yang
ada di Smp Salafyah Darul Falah meliputi :
1. Ruang kepala sekolah
Untuk menunjang kegiatan kepala sekolah di Smp Salafyah Darul Falah
terdapat ruang bagi kepala sekolah yang menyatu dengan ruang tata usahanya,
dengan menyatunya ruang kepala sekolah dengan tata usaha, aktifitas kerja
kepala sekolah agak sedikit tergangu, karena guru-gurunya juga berkumpul di ruang
itu juga. Ruang kepala sekolah terletak di sebelah ruang kelas tempat melakukan
aktifitas kegiatan pembelajaran.
2. Ruang guru
Ruang ini berfungsi sebagai tempat mempersiapkan kegiatan pembelajaran dan
kegiatan lain yang menunjang pelajaran. Di Smap Salafyah Darul Falah tidak
memilki ruang guru tersendiri.
3. Ruang TU
Sebagai bagian dari sekolah, tata usaha harus mempunyai ruang khusus
sehingga segala tugas-tugasnya dalam membantu kelancaran belajar mengajar dapat
berjalan dengan lancar dan optimal. Tetapi, di Smp Salafyah Darul Falah ruang
Tata usahanya di gabung dengan ruang kepala sekolah.
4. Ruang kelas
§
Keadaan
fisik kelas
Kelas yang digunakan sebagai tempat pelaksanaan
kegiatan belajar mengajar secara fisik dalam keadaan cukup baik dan ukuran
masing-masing kelas, sirkulasi udara sangat baik, kebersihannya terjaga,
sedangkan pengaturan ruang kelas ditata biasa saja. Disamping itu ruang kelas
dilengkapi dengan meja dan kursi guru yang ditempatkan di depan kelas, papan
tulis, absen siswa, daftar komisaris.
Tetapi dikelas dua semua siswanya belajar di
lantai memilki 1 kursi guru dan papan tulis yang berdekatan dengan ruang perpustakaan
dan koperasi.
·
Pengaturan
kelas
Ruang
belajar Smp Salafyah Darul Falah terdiri dari 5 kelas tetap. Ke 14 ruangan
tersebut terdiri dari 8 ruang untuk kelas XI dan 6 ruangan untuk kelas X,
sedangkan kelas XII masuk sekolah pada pagi hari, dan mereka menggunakan
ruangan lantai 2, karena untuk kelas XI, mereka menggunakan ruang belajar di
lantai 2, dan kelas X menggunakan ruang belajar dilantai dasar. SMK
Muhammadiyah mempunyai Lab komputer, serta tempat praktik untuk jurusan
Otomotif yang terletak dilantai dasar.
5. Ruang perpustakaan
Untuk menunjang proses belajar mengajar di Smp
Salafyah Darul Falah menyediakan sebuah perpustakaan yang berisi bahan belajar
atau buku paket, koran-koran, serta Al-Qur'an Al-Qur'an yang bisa mereka baca
sewaktu-waktu.
6. Sarana dan prasarana olah raga
Untuk keperluan olah raga, para murid-murid menggunakan lapangan basket di satukan dengan
lapang voly yang ada di sekolah tersebut, mereka biasanya berolah raga di
lapangan tersebut.
7. Musholla
Smp Salafyah Darul Falah memilliki Musholla
bersama dengan Sma , ketika tiba waktu ashar tiba anak-anak tersebut sholat di
Musollah yang berada tepat di asrama dimana mereka tinggal.
8. Koperasi
9. Toilet/WC
F. Struktur Organisasi Sekolah
Organisasi sekolah merupakan kumpulan orang atau
lebih untuk melakukan kerja sama dalam mencapai suatu tujuan. Organisasi
sekolah yang dimaksud disini adalah:
a. Kepala
sekolah
Kepala
sekolah mempunyai hak penuh untuk menyelenggarakan pendidikan sekolah dan
benanugung jawab atas terlaksananya kegiatan pendidikan atau adaministrasi
sekolah.
b. Wakil
Kepal Sekolah Bidang Kesiswaan
Tugas
pokok Wakasek bagian kesiswaan adalah menyusun dan melaksanakan program-program
siswa yaitu :
§
Melaksanalian
penerimaan siswa baru.
§
Merancang
dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler.
§
Membina
osis dan mengatur tata tertib.
c. Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum
Wakil
kepala sekolah bidang kurikulum mempunyai beberapa tugas yaitu :
§
Merancang
pembagian tugas.
§
Mengelola
sistem kredit program pengajaran umum dan pengajaran khusus.
§
Mengadakan
penilaian dan kegiatan yang berhubungan dengan kulikuler.
§
Memberikan
penilaian terhadap kegiatan belajar mengajar.
§
Mencatat
isi dan tduatt kurikulum serta penerapan proses belajar.
d. Wakil
kepala sekolah bagiann hubungan masyarakat (HUMAS) bertanggung jawab dalam hal
:
§
Mengadakan
kerja sama dengan BK, untuk mengadakan interaksi dengan orang tua murid.
§
Menangani
masalah pengelolaan dan pengembangan program.
§
Mengadakan
peringatan hari-hari besar nasional.
e. Kepala Tata Usaha
Bertanggung jawab dalam melaksanakan urusan administrasi keuangan dan
dministrasi kepegawaian sekolah yang di bantu oleh stafnya.
f. Bimbingan dan konseling
Menangani
dan bertanggung jawab dalam bidang :
§
Penyusunan
progftrm dan bimbingan konseling
§
Mengelola
dan mengeembangkan program bimbingan dan konseling.
§
Memonitor
dan mengkoordinasikan pelaksanaan bimbingan dan konseling.
g. Guru
Adapun
yang menjad kewajiban guru sekolah adalah :
§
Mendidik
siswa berkaitan dengan sopan-santun dan tata tertib sekolah.
§
Membimbing
dan mengarahkan siswa agar menjadi siswa yang baik dan bertanggung jawab.
§
Mengajarkan
materi pelajarann kepada siswa.
§
Sebagai
teladan bagi siswa.
A.
Administrasi
Sekolah
Adapun
yang berkaitan dengan administrasi sekolah adalah :
a. Administrasi kurikulum
1. Meny.usun program tahunan dan semester
termasuk fugas guru.
2. Menyusun jadwal pelajaran.
3. Evaluasi program pelajaran.
b. Administrasi siswa
l. Penerimaan siswa baru.
2.
Bimbinngan kepada siswa baru.
3. Penegelolaan data tentan siswa.
4.
Mengatur kegiatan osis.
c. Administrasi Kepegawaian
1.
Pengadaan pegawai.
2.
Kesejahteratm pegawai dan guru.
3.
Pembinaan dalam rangka peningkatan profesionalisme guru.
d. Administrasi ketatausahaan
d,Kegiatan
administrasi sekolah terdiri dari:
Administrasi
keuangan yang meliputi buku-buku penerimaan SPP, uang kantor, daftar penerimaan,gaji guru dan lain ssebagainya
.e Adaministrasi sarana
pendidikan
1.
Administrasi
material yang meliputi alat-alat perlengkapan dan alat-alat pelajaran.
2.
Administrasi
laboratorium.
f.
Administrasi
hubungan masyarakat
§ Mengatur dan mengembangkan dengan komite
sekolah dan peran komite sekolah
Tata Tertib Sekolah (dilampirkan)
§ Menyelengarakan
bakti social, karya swasta
§ Menyelenggarakan
pameran hasil pendidikan di sekolah gebyar pendidikan)
§ Menyusun
laporan
H. PERATURAN DAN TATA TERTIB GURU
1.
Peraturan
a.
Mengisi Daftar Hadir Guru yang telah
disediakan di kantor
b.
Mengikuti Apel Pagi bagi Guru yang masuk
pada jam pelajaran pertama
c.
Mengikuti Upaca Bendera yang
dilaksanakan disekolah dengan membuat barisan guru/pegawai
d.
Berpakaian rapi dan sopan serta memakai
sepatu
e.
Setiap Guru harus membuat Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Program Tahunan/Program Semester Mata Pelajaran
yang diampu pada setiap KBM
f.
Mengisi
Daftar Hadir Siswa pada setiap KBM dan memasukkan nilai siswa pada Daftar Nilai
dari KHS yang telah dibagikan kepada setiap guru.
g.
Mengisi Agenda Penyajian dan Agenda
Kelas pada setiap pelaksanaan KBM
h.
Mempedomani Lonceng Kantor pada setiap
penggantian jam pelajaran dan pulang
i.
Menyusun Kisi-Kisi Soal dan Soal pada
setiap Penyelenggaraan Ujian Sumatif/Ujian Akhir Sekolah (US)
j.
Melakukan tindakan kelas pada Ramedial
k.
Selalu memberikan contoh dan panutan
dalam bertindak, baik disekolah maupun dilingkungan masyarakat.
l.
Membuat terobosan baru/inovasi dalam
program pembelajaran agar siswa belajar menyenangkan
m.
Apabila tidak hadir harus memberikan
pemberitahuan/surat izin dan melampirkan tugas/bahan ajar kepada Kepala
Sekolah/Wakasek.
n.
Larangan :
1)
Mempercepat pulang siswa tanpa seizin Kasek/Wakasek dan
lonceng kantor
2)
Melakukan Kutipan Uang kepada siswa tanpa sepengetahuan
Kasek/Wakasek
3)
Menindak siswa diluar batas pembinaan, pendidikan.
1.
TATA TERTIB PEGAWAI
KEWAJIBAN :
- Metantaati ketentuan jam kerja.
- Menanda tangani daftar hadir.
- Melaksanakan tugas kedinasan dengan sebaik-baiknya dengan penuh pengabdian, kesadaran dan tanggung jawab.
- Memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat sesuai bidang tugasnya masing-masing.
- Dapat menciptakan suasana kerja yang kondusif.
- Berpakaian yang rapih dan sopan.
- Mentaati perintah kedinasan dari atasannya.
- Saling menghormati sesama pegawai dan guru.
- Menjaga nama baik profesi dan organisasi sekolah.
- Dapat menyimpan rahasia Negara/Sekolah.
- Jika tidak masuk kerja harus seizin atasan.
- Tidak merokok di lingkungan sekolah kecuali di tempat yang telah ditentukan.
LARANGAN :
- Dilarang meninggalkan tempat tugas tanpa izin atasan.
- Dilarang melakukan hal-hal yang dapat menurunkan martabat sekolah.
- Dilarang menggunakan barang-barang milik sekolah untuk kepentingan pribadi tanpa izin Kepala Sekolah.
I.
PERUMUSAN
PROGRAM DAN RANCANGAN KEGIATAN PPL
Adapun program kegiatan PPL yang sudah
dilaksanakan sebagai berikut
a. Penataan Administrasi Sekolah
1. Daya serap ketuntasan belajar
2. Profil visi dan misi Smp Salafyah Darul
Falah
3. Fasilitas olah raga
b. Gotong royong
1. Kebersihan lingkungan sekolah
2. Penataan taman sekolah
3. Penertiban sholat ashar berjamaah
BAB III
PENYUSUNAN DAN PELAKSANAAN PROGRAM
A. PENYUSUNAN PROGRAM
Program kerja SMP Salafiyah Darul Falah tahun
2009/2010 disusun berdasarkan
1. Program umum penyelenggaraan administrasi
sekolah umum yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan
Menengah Depdikbud diterbitkan tahun1996
2. Petunjuk teknis penyusunan kalender
pendidikan tahun pelajaran 2011/2012 bagi sekolah dalam lingkungan Dikpora NTB
B. MAKSUD DAN TUJUAN
1.
Maksud
a.
Sebagai
pedoman kerja bagi semua personil sekolah ( Guru dan Pegawai ) terutama bagi
kepala sekolah dalam melaksanakan kegiatan pelaksanan sekolah selama tahun
pelajaran 2009/2010.
b.
Sebagai
dasar dalam pertanggung jawaban atas penyelenggaraan sekolah selama tahun
pelajaran 2009/2010.
c.
Sebagai
dasar pelaksanaan evaluasi terhadap penyelenggaraan program yang telah
diwujudkan selama tahun pelajaran 2009/2010
2.
TujUN
a.
TujUN
Umum
1)
Memeberikan
gambaran secara menyeluruh tentang bidang kegiatan yang diselenggarakan selama
tahun pelajaran 2009/2010
2)
Memeberikan
gambaran tentang rincian kegiatan yang akan dilaksanakan selama tahun 2009/2010
3)
Untuk
memperoleh gambaran pemerataan pekerjaan dan kegiatan yang disesuaikan dengan
tingkat kebutuhan dan skala prioritas.
4)
Agar
diperolah pelaksanaan kerja yang berjenjang terprogram berdaya guna dan
derhasil guna.
b.
TujUN
Khusus
1)
Terselenggaranya
kegiatan yang dapat menunjang proses belajar mengajar secara optimal baik yang
bersifat rutin ataupun insidentil di SMP Salafiyah Darul Falah tahun pelajaran
2009/2010 maupun kegiatan ekstra kurikuler.
2)
Dapat
dimulainya secara baik penyelenggaraan semua kegiatan pada awal tahun pelajaran
2009/2010.
3)
Terselenggaranya
kegiatan-kegiatan khusus yang secara langsung atau tidak langsung ikut
menunjang proses belajar mengajar di SMP Salafiyah Darul Falah selama tahun
pelajaran 2009/2010.
C.
RUANG LINGKUP
Program kerja SMP Salafiyah Darul Falah
tahun 2009/2010 ini meliputi seluruh kegiatan penyelenggaraan sekolah dengan
bidang-bidang sebagai berikut :
3. Kurikulum
4. Ketenagaan
5. Kesiswaan
6. Sarana dan Prasaranan dan Keuangan
7. Hubungan Sekolah dengan Masyarakat
8. Ketatalaksanaan sekolah
BAB V
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari hasil PPL yang telah
dilaksanakan di Smp Salafyah Darul Falah, dapat disimpulkan hal-hal sebagai
berikut:
1.
Program
PPL berlangsung dalam beberapa tahap.
a.
Penyerahan
mahasiswa.
b.
Pengenalan
lapangan (observasi)
c.
Penyusun
program PPL.
d.
Konsultasi
program yang telah disusun
e.
Evaluasi
pelaksanaan program PPL.
2.
Melalui
program PPL mahasiswa dapat membandingkan, menyusuaikan dan menerapkan teori
yang di peroleh dari bangku kuliah dengan pakta yang di temukan dilapangan.
Mahasiswa juga memperoleh gambaran bagaimana harusnya bersikap sebagai seorang
guru yang baik terhadap sesama guru dan kepada
atasan terhadap siswa, juga bagai
mana menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi dalam mengajar.
3.
Program
PPL ini melatih mahasiswa dalam mengenai factor-faktor yang menjadi sumber
pendukung proses belajar keperibadian dan mengajar
4.
Diharapkan
dapat memberikan sambungan baru bagi pengembangan keperibadian dan keterampilan
bagiseorang guru.
5.
Pelaksanaan
PPL dapat memotivasi seorang guru untuk
memberikan dedikasi pada pendiduikan yang leihbaik.
B. Saran
Setelah melasanakan PPL di Smp Salafyah Darul
Falah, menyatakan agar pihak sekolah:
- Lebih memotivasisiswa tentang pentingnya pendidikan terutama siswa yang akan lulus agar meneruskan kejenjang yang lebih tinggi
- Masih perlu muningatkan sarana dan prasarana untuk mengaktifkan sarana yang dimiliki
- Perlunya peningkatankedisiplinan dilingkungan sekolah serta peningkatan efisiensi waktu serta pengawasan pada siswa dan guru.P
- entingnya kesadaran akan lingkungan sekitar yang diperuntukkn bagi siswa dan guru
Program PPL diharapkan supay
dapat terus dilaksanakan pada tahun-tahun mendatang dengan konsep dan persiapan
yang lebih matang lagi. Adanya pelaksanaan PPL disekolah sebagai salah satu
kegiatan PPL ditahun mendatang adalah
yang perlu,karena sekolah membutuhkan siswa yang berdedikasi serta kreatifitas
yang tinggi dan supaya dapat menyadarkan pihak sekolah,bahwa peran serta PPL
disekolah sangatlah penting bagi kemajun sekolah itu sendiri.
.
loading...
0 Response to "CONTOH PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LENGKAP "
Post a Comment