Assalamualaikum, WR, WB. Selamat siang rekan-rekan sekalian.
Dimensi makro perkembangan kurikulum mempunyai unit relevansi akan Kurikulum 2013 yang sedang,tengah dan sudah di implementasikan sekolah baik jenjang SD,SMP,SMA/SMK atau sekolah lain pada naungan Kemdikbud bahkan pada naungan Kemenag sekalipun.
Berbicara tentang tuntutan ideal pada kurikulum 2013 tentu saja banyak kaitan erat yang saling mendukung, kita telah mengenal Pendekatan Saintifik (epistemologik-berbasis proses keilmuan) yang dalam kegiatan pokok pembelajaran terdiri dari, Mengamati, Menanya, Mengumpulkan informasi, Mengasosiasi, Mengkomunikasikan atau istilah lainnya (5M).
Konsep tekanan pada metode saintifik dari kegiatan diatas memang lebih dominan pada Kurikulum 2013/K13 namun tidak semua ditiap pembelajaran harus muncul, karena ada hal lain lagi pada tuntutan Ideal pembelajaran .Kurikulum 2013.
Pembeljaran untuk mengembangkan kompetensi holistik
KI 1: Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya
KI 2:Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, dan cinta tanah air dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
KI 3.Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
Selengkapnya unduh Materi K13 Revisi download pada link dibawah ini.
Sumber: gurusd.net
Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi rekan sekalian.
loading...
0 Response to "WAJJIB BACA !! INILAH TUNTUTAN IDEAL PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013"
Post a Comment