MAKALAH
MEDIA PEMBELAJARAN
BERBASIS ICT
Di ajukan untuk memenuhi tugas yang di ajukan oleh dosen mata
pelajaran ict
BAB
I
PENDAHULUAN
A.Latar belakang masalah
Media
merupakan alat yang mudah untuk membantu kita dalam menyelesaikan pekerjan,karena
setiap orang ingin semua pekerjaannya dapat diselesaikan dengan mudah,cepat dan
sempurna.
Sebelum
menjelaskan masalah ICT, alangkah baiknya kita tahu apa itu media. Media
berasal dari Latin dan merupakan jamak dari kata “Medium” yang berarti
“pengantar atau pelantara”.
Kit
lay bourne mengatakan bahwa di dalam mencari sebuah permasalahan yang jalan
keluarnya ingin dibantu dipecahkan oleh media,para pengguna media tidak harus
membawa semua cerita berita,tetapi hanya cukup membawa satu berita saja. Dari
ungkapan tersebut kita dapat menghubungkannya dengan cara pembelajaran yang
masih menggunakan komunikasi dimana siswa yang belajarnya masih mengguaan
komunikasi didalam penyampaiannya masih ada yang menyimpang dalam segi pemahamnnya.
Masalahnya siswa yang belajarnya secara komunikasi terlalu banyak menerima ilmu
yang verbalisme,sehingga anak terkadang pusing dalam penerimaannya karena tidak
semua siswa siap menerima ilmu yang banyak,beda dengan belajar menggunakam
media yang fleksible dan singkat sehingga memudahkan siswa untuk menerima dan
memudahkan pemahamannya.
Media
yang secara harfiahnya dapat di fungsikan sebagai sumber belajar yang
didalamnya terdapat benda,ataupun segala sesuatu yang memungkinkan anak didik
menerima pengetahuan yang berguna bagi pembelajaran anak didik,khususnya media
pembelajaran yang menggunakan ict yang khususnya anak ingin lebih maju dan
mempunyai kreatifitas yang tinggi dalam belajar yang dapat memuaskan
mengembangkan potensi belajar dalam dirinya dan kehidupannya,misalnya dapat
diambil dari contoh “menggunakan power point saat presentasi” . itu adalah
salah satu contoh perkembangan anak didik dalam proses pemuasan belajrnya.
Arief S. Sadiman mengatakan bahwa media adalah alat
fisik yang menyajikan pesan dan benda yang dapat merangsak anak untuk
belajar,karena media dapat mencari apaun yang anak-anak butuhkan di katakan
seperti itu karena seorang anak yang masih haus akan ilmu dia pasti akan
mencari hal-hal yang baru dan ingin segala tahu.
Menurut Soeparno
( 1987:8 ) menyebutkan ada beberapa alasan memilih media dalam proses belajar
mengajar, yakni :
a. ada berbagai
macam media yang mempunyai kemungkinan dapat kita pakai di dalam proses belajar
mengajar,
b. ada media
yang mempunyai kecocokan untuk menyampaikan informasi tertentu
c. ada
perbedaan karakteristik setiap media
d. ada
perbedaan pemakai media tersebut
e. ada
perbedaan situasi dan kondisi tempat media dipergunakan.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Komputer
sebagai media pembelajaran
Aplikasi
komputer memungkinkan anak untuk belajar secara individual dan pemakai komputer
dapat berinteraksi langsung dengan sumber informasi yang mana orang yang
berinteraksi langsung dengan komputer dapat memperoleh pengetahuan dan
informasi yang diinginkan. Berbagai bentuk interaksi tersebut telah di sediakan
dengan adanya medium komputer,dan medium komputer ini sudah banyak dilakukan
oleh lembaga pendidikan jarak jauh yang ada di beberapa negara di luar.
Selain
sumber pembelajaran,komputer juga mempunya kelebihan,salah satu kelebihan yang
adadalam komputer yaitu dapat menguntungkan anak didik dal proses
belajar,memungkinkan nak didik mencari pengetahuan sesuai dengan kecepatan anak
memahami pelajaran,dan anak dapat mengontrol terhadap aktivitas belajarnya.
Kelebihan
komputer yang lainnya yang dapat membantu siswa belajar yaitu dapat menyanyakan
kembali informasi belajar yang tertinggal yang d berikan oleh belajar dengan
menggunakan kembali, komputer juga dapat membantu anak didik dalam pemahaman
pengetahuan yang lambat,dan dapat memacu anak didik yang berpengetahuan cepat.
Selain membantu dalam prosen belajar kom[uter juga di rancang untuk memberikan
saran kepada anak didik yang ingin belajar pelajran tertentu.
Tentunya
dari kelebihan pasti ada kekurangan,komputer tidak hanya dirancang untuk
membantu siswa dalam belajar,tetapi dari keuntungan belajar yang di hasilkan
ada kekurangan tersendiri dari komputer tersebut,salah satu kekurangan beljar
menggunakan kompouter adalah tingginya pengadaan dan pengembangan program
komputer,perawatan komputer yang didalamnya mencakup perangkat keras
(hardware),dan perangkat lunak (software) memerlukan biaya yang relatif tinggi.
Selain itu merancang dan memproduksi program komputer untuk pembelajaran itu
tidak mudah,karena itu merupakan pekerjaan yang intensif yang memerlukan waktu
yang banyak dan keahlian yang khusus.
B.
Penggunaan jaringan komputer untuk pembelajaran
Teknologi
jaringan komputer/internet memberikan keuntungan kepada kita selaku pemakai
internet untuk bisa berkomunikasi langsung dengan orang lain yang sudah kita
kenal,maupun yang akan kita kenal. Hal tersebut bisa kita lakukan di warnet
yang sudah tersambung dengan internetnya atau pun dengan cara yang lebih mudah
yaitu dengan menggunakan modem.
Selain bisa
berkomunikasi secara langsung dengan teman atau keluarga,dalam hal segi
pemdidikan internet juga bisa dilakukan intuk proses pembelajaran,dimana
seorang guru dapat memebrikan pengethuan atau ilmu nya lewat internet,dan siswa
nya pun dapat berinteraksi langsung dengan gurunya lewat internet juga, jadi
misalkan meskip[un guru itu ijin tidak bisa masuk bukan berarti guru tersebut
tidak bisa memberikan pembelajran tetapi pe,belajarn itu dapat di ubah
berinteraksi melalui internet bukan secara langsung atau juga bisa melalui
email.
C. Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis TIK Dalam Meningkatkan Kreativitas
Siswa
Media
pembelajaran ICT sangat erat kaitannya dengan kreatifitas karena dengan
kreatifitasnya si anak didik,mereka merancang sendiri model tampilan yang
mereka inginkan,karena kreatifitas merupakan kemampuan anak dalam mengaktualkan
dirinya dalam pergaulan maupun dalam pembelajaran di sekolahnya. Adapun ciri-ciri anak yang mempunyai kreativitas
tinggi menurut Asep H. Hermawan ( 1997 : 50 ) :
- selalu ingin mengetahui
sesuatu yang benar
- selalu ingin mengubah
sesuatu yang telah ada
- mencoba hal-hal yang baru
BAB III
KESIMPULAN
Perkembangan teknologi dan informasi dalam era
globalisasi membawa pengaruh perubahan yang signifikan dalam membentuk watak
dan kepribadian seseorang, baik pengaruh positif maupun negatif. Pengaruh yang
positif tentu membawa manfaat bagi kemaslahatan umat, namun tidak semuanya
membawa pengaruh positif akan tetapi akibat negatif sering kali muncul dan
mempengaruhi akhaq generasi muda. Dunia pendidikan mempunyai tantangan yang
sangat berat karena dituntut untuk dapat melahirkan manusia-manusia yang tidak
hanya mampu menguasai tekhnologi dan informasi agar dapat bersaing di dunia
internasional akan tetapi juga menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, berbudi pekerti yang luhur sebagaimana tercantum
dalam Undang-undang Sistim Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2003.
Daftar pustaka
Rahardjo ,Budi ,2002,Memahami
Teknologi Informasi ,Jakarta ,PT.Gramedia
loading...
0 Response to "KUMPULAN MAKALAH BAHASA INDONESIA MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT "
Post a Comment