https://ylx-4.com/fullpage.php?section=General&pub=234891&ga=a

TERNYATA DI BANYAK DAERAH BANYAK GURU YANG KESULITAN TERAPKAN K-13


Assalamualaikum, WR, WB. Selamat siang rekan-rekan pendidik sekalian.
Di sejumlah daerah, guru-guru mengeluh kesulitan menerapkan Kurikulum 2013 (K-13). 
Keluhan guru menjalankan K-13 itu banyak masuk ke layanan pengaduan Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI). 

Sekjen FSGI Retno Listyarti menjelaskan, masalah tersebut muncul di sekolah-sekolah yang baru mulai menerapkan K-13 tahun ini. 
”Aturan Kemendikbud jelas. K-13 di sekolah yang baru melaksanakan diterapkan di kelas I, IV, VII, dan X,” katanya di Jakarta kemarin (23/7).

Namun, di lapangan, sebut Retno, ada sekolah yang menerapkan K-13 untuk kelas lain. Itu membuat guru yang belum dilatih K-13 menjadi bingung. Buku pembelajaran berbasis K-13 juga belum ada. 
Perempuan yang juga guru di Jakarta tersebut mengatakan, dinas pendidikan seharusnya mengikuti arahan Kemendikbud. Kelas-kelas yang belum waktunya menerapkan K-13 tetap memakai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Menurut dia, guru tetap butuh pelatihan K-13 supaya tidak bingung dalam mengajar.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kemendikbud Totok Suprayitno membenarkan bahwa tidak semua kelas di sekolah yang baru menjalankan K-13 diajar menggunakan K-13. Dia menerangkan, di sekolah baru itu, K-13 baru diajarkan di kelas I, IV, VII, dan X. 
”Ditjen Dikdasmen (Pendidikan Dasar dan Menengah) Kemendikbud sudah melakukan sosialisasi kepada daerah,” ujarnya.

Totok berharap implementasi K-13 di sekolah yang baru menerapkan tahun ini mengikuti program Kemendikbud. Tidak ada yang mendahului dengan menerapkan K-13 di semua tingkat kelas. Kecuali sekolah yang sudah tiga tahun menjalankan K-13, seluruh tingkat sudah memakai K-13.
Tahun ini Kemendikbud menambah cukup banyak sekolah pelaksana K-13. Total di semua jenjang, ada 38 ribuan unit sekolah yang baru menjalankan K-13. 

Sebelumnya jumlah sekolah yang telah menjalankan K-13 sekitar 17 ribu. Jadi, secara keseluruhan, tahun ini ada 55 ribu sekolah –mulai SD, SMP, hingga SMA/SMK– yang memberlakukan K-13.

Sekian informasi yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian.
Sumber: jpnn.com
loading...

0 Response to "TERNYATA DI BANYAK DAERAH BANYAK GURU YANG KESULITAN TERAPKAN K-13"

Post a Comment