KUMPULAN RPP KIMIA SMA KELAS 1 SEMESTER 1 2013



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                 :  SMK BAKTI ILHAM
Pokok Bahasan               :  Materi dan Wujudnya
Kelas/Semester                :  X/1
Alokasi Waktu                 :  2 × 45 menit
Pertemuan ke                  :  5


A. Kompetensi Dasar
1.4    Memahami hukum-hukum gas

B. Indikator
«  Mampu mendeskripsikan variabel-variabel yang menggambarkan keadaan gas.
«  Mampu menerapkan hukum-hukum gas pada beberapa contoh kasus

C. Materi Essensial
«  Hukum Boyle (Halaman 8)

D. Media Belajar
«  Sumber         :  Buku Kimia untuk Sekolah Menengah Kejuruan Jilid 1 (Ratna Ediati, dkk)
«  Media           :  ceramah, diskusi dan soal latihan

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Tahap
Kegiatan Guru

Kegiatan Awal (10 menit)
«  Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
«  Menagih tugas pada pertemuan sebelumnya


Kegiatan Inti (60 menit)
«  Menjelaskan konsep hukum Boyle
«  Menjelaskan persamaan dan grafik hukum boyle
«  Memberikan contoh soal dan membahasnya
«  Menyuruh siswa mengerjakan LKS

Kegiatan Akhir (20 menit)
«  Mengadakan diskusi (tanya jawab) dengan siswa
«  Membuat kesimpulan materi pembelajaran
«  Memberikan soal evaluasi
«  Memberikan motivasi untuk mengulang pembelajaran di rumah
«  Memberikan pekerjaan rumah



F.   Penilaian
1).  Jenis tagihan             : latihan tugas rumah
2).  Bentuk instrumen     : soal esay
3).  Instrumen       



                                                                                                             Bandung,    Juli 2010
                  Mengetahui                                                                                         
               Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran



     Drs. H. E. Haetami, M.Ag                                                          Agun Gunawan, STP.
     NIP. 196203181992031001
 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                 :  SMK BAKTI ILHAM
Pokok Bahasan               :  Materi dan Wujudnya
Kelas/Semester                :  X/1
Alokasi Waktu                 :  2 × 45 menit
Pertemuan ke                  :  6


A. Kompetensi Dasar
1.4    Memahami hukum-hukum gas

B. Indikator
«  Mampu mendeskripsikan variabel-variabel yang menggambarkan keadaan gas.
«  Mampu menerapkan hukum-hukum gas pada beberapa contoh kasus

C. Materi Essensial
«  Hukum Charles (Halaman 10)

D. Media Belajar
«  Sumber         :  Buku Kimia untuk Sekolah Menengah Kejuruan Jilid 1 (Ratna Ediati, dkk)
«  Media           :  ceramah, diskusi dan soal latihan

E. Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa

Tahap
Kegiatan Guru

Kegiatan Awal (10 menit)
«  Menyampaikan indikator dan kompetensi yang diharapkan
«  Menagih tugas pada pertemuan sebelumnya


Kegiatan Inti (60 menit)
«  Menjelaskan konsep hukum Charles
«  Menjelaskan persamaan Hukum Charles
«  Menjelaskan grafik pada Hukum Charles
«  Memberikan contoh soal dan membahasnya
«  Menyuruh siswa mengerjakan LKS

Kegiatan Akhir (20 menit)
«  Mengadakan diskusi (tanya jawab) dengan siswa
«  Membuat kesimpulan materi pembelajaran
«  Memberikan soal evaluasi
«  Memberikan motivasi untuk mengulang pembelajaran di rumah
«  Memberikan pekerjaan rumah



F.   Penilaian
1).  Jenis tagihan             : latihan tugas rumah
2).  Bentuk instrumen     : soal esay
3).  Instrumen                 :


                                                                                                             Bandung,    Juli 2010
                  Mengetahui                                                                                         
               Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran



     Drs. H. E. Haetami, M.Ag                                                          Agun Gunawan, STP.
     NIP. 196203181992031001

Related Posts:

KUMPULAN RPP FISIKA , KIMIA LENGKAP SMK 2013 BERKARAKTER



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : FISIKA
Materi Pokok                      : Hukum-hukum Gaya dan Gerak
Kelas / Semester                 : X / I
Pertemuan / Waktu            : Ke-5  / 2 × 45 menit
 


A.    Kompetensi Dasar
2.2        Menghitung Gerak Lurus

B.     Indikator
«  Mendefinisikan pengertian gerak lurus
«  Membedakan jarak dan perpindahan
«  Membedakan kecepatan rata-rata dan kecepatan sesaat

C.    Materi Essensial
«  Perpindahan (Halaman 25)
«  Kelajuan dan Kecepatan (Halaman 26)

D.    Media Belajar
«  Buku FISIKA 1 SMK Kelas X (Sutejo, S.Pd)

E.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1.      Pendahuluan (5 menit)
«  Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
«  Menagih tugas pada pertemuan sebelumnya.

2.      Kegiatan Inti (80 menit)
«  Memahami konsep jarak dan perindahan
«  Memahami perbedaan kelajuan dan kecepatan
«  Mempelajari Contoh Soal 2.3

3.      Penutup (5 menit)
«  Memberikan motivasi untuk mengulang pelajaran di rumah

4.      Pekerjaan Rumah
«  Soal Latihan 2.2 (Halaman 33)

Soal Uji Kompetensi
1.      Koordinat titik A, B, C, D, dan E adalah (-8,0), (-2,0) (2,0), (7,0) dan (9,0). Tentukan jarak yang ditempuh dari titik B ke titik C melalui lintasan BABC dan lintasan langsung BC!
2.      Untuk soal No. 1. Tentukan perpindahan dari C ke A dan dari D ke E!
3.      Tentukan panjang jalan yang ditempuh oleh sebuah titik setelah bergerak selama 6 detik dengan kecepatan tetap 10 cm/s!
4.      Sebuah benda bergerak selama t detik yang memenuhi persamaan 2t2 - 4t = 16. Jika panjang lintasan yang ditempuh sejauh 5 m, tentukan berapa kecepatannya!
5.      Gerak sebuah benda dinyatakan dalam persamaan 15x2 - 45x + 150 = 0. Jika nilai x terkecil dianggap x1 dan x dalam meter. Tentukan:
a). Perpindahan benda tersebut!
b). Kecepatan rata-rata dalam selang waktu t1 = 3 detik dan t2 = 5 detik!
Kunci Jawaban
1.      Penyelesaian:
«  Jarak B à C, melalui lintasan BABC   = lintasan BA + lintasan AB + lintasan BC
                                                                     = [(-8) – (-2)] + [(-2) – (-8)] + [2 – (-2)]
                                                                     = 6 + 6 + 4
                                                                     = 14 satuan
«  Jarak B à C, melalui lintasan BC         = [2-(-2)]
                                                                     = 4 satuan
Jadi jarak B ke C melalui lintasan BABC adalah 14 satuan dan melalui lintasan BC adalah 4 satuan

2.      Penyelesaian:
«  Perpindahan C à A   = A – C
                                          = (-8) – 2
                                          = -10 satuan
«  Perpindahan D à E    = E – D
                                          = 9 – 7
                                          = 2 satuan
Jadi perpindahan dari C ke A adalah 10 satuan ke kiri dan perindahan D ke E adalah 2 satuan ke kanan

3.      Diketahui:
                        t     = 6 s
                        v    = 10 cm/s

      Ditanyakan: s ...?
Jawab
      Jadi panjang jalan yang ditempuh adalah 60 cm

4.      Diketahui:
                        t à
                        s = 5 m

Ditanyakan: v ...?
Jawab
Dari persamaan tersebut didapat waktu yang mungkin adalah 4 detik

Sehingga kecepatannya adalah:


Jadi kecepatan benda tersebut adalah 1,25 m/s


5.      Diketahui:
                       
                        t1 = 15 detik
                        t2 = 30 detik

Ditanyakan:     a) Δx
                        b)
Penyelesaian:

                          
a)   Δx = x2x1
            = 10 – 5
            = 5 m

Jadi jarak benda tersebut adalah 5 m
b)

Jadi kecepatan benda tersebut adalah 2,5 m/s
                          

                                                                                                             Bandung,    Juli 2010
                  Mengetahui                                                                                         
               Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran



     Drs. H. E. Haetami, M.Ag                                                          Agun Gunawan, STP.


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata Pelajaran                   : FISIKA
Materi Pokok                      : Hukum-hukum Gaya dan Gerak
Kelas / Semester                 : X / I
Pertemuan / Waktu            : Ke-6  / 2 × 45 menit
 


A.    Kompetensi Dasar
2.1  Menghitung Gerak Lurus

B.     Indikator
«  Menganalisis karakteristik gerak lurus beraturan (GLB)
«  Menganalisis gerak lurus berubah beraturan (GLBB)
«  Menganalisis grafik gerak lurus dengan kecepatan konstan

C.    Materi Essensial
«  Gerak Lurus Beraturan (Halaman 27)
«  Gerak Lurus Berubah Beraturan (Halaman 29)

D.    Media Belajar
«  Buku FISIKA 1 SMK Kelas X (Sutejo, S.Pd)

E.     Rincian Kegiatan Pembelajaran Siswa
1.      Pendahuluan (5 menit)
«  Menyampaikan Indikator dan kompetensi yang diharapkan.
«  Menagih tugas pada pertemuan sebelumnya.

2.      Kegiatan Inti (80 menit)
«  Memahami karakteristik GLB melalaui persmaan dan grafik
«  Memahami karakteristik GLBB melalui persamaan dan grafik
«  Mempelajari Contoh Soal 2.4

3.      Penutup (5 menit)
«  Memberikan motivasi untuk mengulang pelajaran di rumah

4.      Pekerjaan Rumah
«  Soal Latihan 2.2 (Halaman 33)

Soal Uji Kompetensi
1.      Tentukan panjang jalan yang ditempuh oleh sebuah titik setelah bergerak selama 6 detik dengan kecepatan tetap 10 cm/s!
2.      Sebuah benda bergerak lurus berubah beraturan. Setelah 10 detik, panjang lintasan yang ditempuh adalah 230 m dan kecepatannya 105 dm/s. Tentukan kecepatan awal dan percepatannya!
3.      Dua titik materi A dan B bergerak dengan kecepatan tetap sepanjang garis LM yang memiliki panjang 4,8 m. Diketahui kecepatan A 6 cm/s dan berangkat 10 detik lebih dulu dari B yang berkecepatan 8 cm/s.
a).    Tentukan dimana B menyusul A
b).    Jika B sampai di M lalu kembali dengan kecepatan tetap, tentukan dimana B bertemu A setelah kembali dari M.
4.      Sebuah mobil mula-mula bergerak dengan kecepatan 10 m/s. Kemudian mobil itu tiba-tiba direm sampai berhenti setelah 2 detik. Tentukan:
a).    Perlambatan mobil tersebut!
b).    Jarak yang ditempuh mobil tersebut sampai berhenti!
5.      Dara pergi dari Tasik menuju Jakarta menggunakan Kereta Api Express yang memiliki gerak lurus berubah beraturan dipercepat pada 40 km/jam2 tanpa kecepatan awal. Pada saat yang sama Gustavo pergi dari Bandung menuju Jakarta menggunakan Kereta Api Argo Willis yang memiliki gerak lurus berubah beraturan dipercepat pada 20 km/jam2 dengan kecepatan awal 50 km/jam. Jika rute Tasik – Bandung – Jakarta merupakan lintasan lurus dan jarak dari Tasik ke Bandung adalah 100 km. Tentukan kapan dan dimana mereka bertemu!

Kunci Jawaban

1.      Diketahui: t  = 6 detik
                        v = 10 dm/s

Ditanyakan: S ...?
Jawab

           

Jadi panjang jalan yang ditempuh adalah 10 dm

2.      Diketahui:
                        t = 10 s
                        S = 230 m
                        vt = 105 dm/s = 10,5 m/s

Ditanyakan:
a)               kecepatan awal (v0) ... ?
    Jawab
                   

            

b). Percepatan (a) ... ?
       Jawab
            
Jadi kecepatan awal benda tersebut adalah 35,5 m/s dan percepatannya -2,5 m/s2 (mengalami perlambatan)

3.      Diketahui: LM    = 4,8 m
vA      = 6 cm/s
tB      = tA – 10
                        vB      = 8 cm/s



a). Ditanyakan: Posisi B menyusul A ... ?
      Jawab


Titik materi A:          Titik Materi B:
  

B menyusul A pada saat SA = SB, maka:
 

Jadi B menyusul A pada jarak 240 cm dari titik L

b). Ditanyakan: Posisi B bertemu A ... ?
      Jawab

B mencapai M selama:
     

Pada waktu 60 s, A mencapai:

Dengan demikian maka tA’ = tB’ = t

Titik materi A:             Titik Materi B:
     

B menyusul A pada saat SA = SB, maka:
    

Jadi mereka bertemu pada jarak 445,8 cm dari titik L

4.      Diketahui:
                        v0   = 10 m/s
                        vt    = 0
                        t     = 2 s

a)      Ditanyakan: a ... ?
Jawab
     
Jadi perlambatannya adalah 5 m/s2
b)     Ditanyakan: ... ?
Jawab
     

Jadi jarak yang ditempuh saat mobil tersebut berhenti adalah 10 m


5.      Diketahui:    aD     = 40 km/jam2
                     v0D    = 0
                     S0D    = 0
                     aG       = 20 km/jam2
                     v0G    = 50 km/jam
                     S0G    = 100 km

Ditanyakan: S dan t ...?
Penyelesaian:
Analisis Dara:

Analisis Gustavo:

Syarat bertemu: SD = SG, maka:

Waktu yang dipakai adalah t1 (nilai positif), maka:

Jadi mereka bertemu pada jarak 200 km dari Tasik setelah mencapai 10 jam


                                                                                                             Bandung,    Juli 2010
                  Mengetahui                                                                                         
               Kepala Sekolah                                                                      Guru Mata Pelajaran



     Drs. H. E. Haetami, M.Ag                                                          Agun Gunawan, STP.


Related Posts: