RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Nama sekolah :SMPN 2 labuapi
Alamat sekolah :Jl. Kh . Ahmad Dahlan
Janjang sekolah :SMP
Kelas/semester :VIII/1
Mata pelajaran : :Bahasa
Inggris
Standar
kopetensi :memahami makna dalam
percakapan trasaksional dan
Interpersonal sangat sederhana untuk
berinteraksi dengan
Lingkungan
terdekat
Kompetensi dasar :merespon makna yang terdapat dalam
monolog pendek sederhana
Secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan
Lingkungan sekitar dalam teks berbentuk
descriptive dan recount
Jenis teks :transaksional/interpersonal
Tema :narrative
Aspek skill :mendengarkan,berbicara,membaca,menulis
Alokasi waktu :4 x 40 menit
I. tujuan pembelajaran :
Pada akhir pembelajaran, siswa dapat :
a.
mengidentivikasikan monolog pendek berbentuk
descriptive and recount
b.
menjelaskan teks berbentuk descriptive dan recount
c.
menulis teks pendek berbentuk descriptive and recount
indikator : bisa menggambarkan cirri-ciri binatang yang baik (
mendescriptivkan objek )
karakter siswa yang diharapkan :
dapat dipercaya (thrus/worthines) rasa hormat dan
perhatian (respect) tekun (diligent)
2. materi
pembelajaran
a. teks lisan
berbentuk descriptive and recount
b. langkah
retorika teks 3
·
descriptive (identification – description )
·
recount (orientation- events,- reorientation )
3. metode
pembelajaran : three- phrase
technique
4.
langkah-langkah kegiatan
A. Kegiatan pendahuluan
Apresiasi :
·
Tanya jawab tantang gambar dalam dialogue
·
Menebak berdasarkan gambar apa yang terjadi
dalam dialog
·
Games ( jumble word about descriptive and
recount )
Motivasi :
Menjelaskan pentingnya materi yang
akan dipelajari berikut kometensi yang harus
Dikuasai siswa
B. Kegiatan inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru :
·
Melibatkan peserta didik mencari informasi yang
luas dan dalam tentang topic
/tema yang akan dipelajari secara aktif
·
Mendengarkan teks monolog descriptive ( recount
dengan topic tertentu
·
Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi
terkait teks yang didengar
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
·
Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas
Tertentu yang bermakna
·
Melengkapi kalimat berdasrkan pemahaman akan
suatu percakapan
·
Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dll
Untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tulisan
·
Memberi kesempatan untuk berfikir, menganalisis,
menyelesaikan masalah, dan
Bertindak tanpa rasa takut
·
Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.
Konfirmasi
:
Dalam
kegiatan konfirmasi, guru :
·
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa
·
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahpahaman memberikan kesimpulan.
C. Kegiatan penutup
Dalam kegiatan penutup, guru :
·
Bersama-sama dengan peserta didik membuat
kesimpulan pelajaran hari ini .
·
Melakukan penilaian atau refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilakukan secara konsisten dan terprogram
·
Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil
pembelajaran
·
Menyampikan rencana pembelajaran pada pertemuan
berikutnya
5. sumber
belajar
a. buku teks yang relevan
b. gambar-gambar yang relevan
6. penilaian
a.- complete the following sentences based on the teks
- listen to the text and give short
answer
b. pedoman penilaian
·
untuk tiap nomor, tiap jawaban benar skor 2
·
jumlah skor maksimal 5 x2 = 10
·
nilai maksimal = 10
·
nilai siswa = skor perolehan X 10
skor
maksimal
Labuapi, …Desember
2011
Mengetahui
Guru Mata Pelajaran Mahasiswa PPL
AGUS BUDIONO, S.Pd TIYAS EDIATI
NIP.199661127 199003 1 009 NIM.10812.0535
Kepala Sekolah
Drs. ABIDIN, M.Pd
NIP. 19541231 199303 1 027
loading...
0 Response to "CONTOH RPP BAHASA INGGRIS KELAS 2 BERKARAKTER"
Post a Comment